Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan

Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan. Kunyit adalah tumbuhan yang paling sering dijumpai disekitar rumah, tanaman tema tahunan ini tersebar diseluruh pulau jawa dan pulau lainnya, kunyit tumbuh berkembang secara liar disemak-semak, hutan, dataran tropis ataupun subtropis dan bisa tumbuh subur didataran rendah sampai ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut. Daunnya yang mirip dengan jenis pisang-pisangan berbatang pohon semu dan basah, dominasi warna hijau pada pelepah daun kunyit dan helaian berbentuk bulat telur. Rimpang kunyit bercabang dan kulit luarnya berwarna jingga kecoklatan, sedangkan daging rimpang berwarna jingga kekuningan. Di Indonesia rimpang kunyit digunakan untuk bumbu masak, sedangkan di Erofa rimpang kunyit dijadikan bahan kosmetik untuk kecantikan atau pewarna makanan.



Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan



Kandungan kunyit
Senyawa aromaterafis yang khas dari minyak atsiri pada rimpang kunyit mempunyai kandungan senyawa kimia turmeron, zingiberen dan seskuiterpen alkohol, kurkuminoidnya mempunyai senyawa kurkumin yang meliputi desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin. sedangkan gom, getah, pati atau amilun juga terkandung pada rimpang kunyit. 

Manfaat bagi kesehatan
Kunyit ini sejak jaman dahulu sering dijadikan obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam keluhan penyakit, seperti Haid tak lancar, berak lendir,, morbili, sakit perut, perut mual, diaremaag, sakit kepala, susah BAB, sariawan. Bahkan kunyit sering dipakai untuk beberapa terapi kecantikan seperti menghilangkan jerawat, menghaluskan dan memutihkan kulit wajah. Sebagain orang memaki kunyit untuk menghilangkan bau badan, serta bau ketiak yang tak nyaman.

Contoh resep pemakaian kunyit

Diabetes Melitus
3 rimpang kunyit direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, tambahkan 1/2 sendok garam lalu saring. diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.

Tifus
tumbuk 2 rimpang kunyit bersama 1 benggol sere dan daun sambiloto, lalu masukan kedalam 1 gelas air masak yang hangat, saring dan minum setiap[ hari selama 1 minggu.

Usus buntu
parut kunyit dan peras airnya kemudian masukan kedalam 1 gelas air panas, tambahkan jeruk nipis, gula aren dan garam secukupnya, lalu saring dan minum setiap pagi secar teratur.

Disentri
rebuslah 2 rimpang kunyit bersama gambir dan kapur sirih secukupnya kedalam 2 hingga tersisa 1 gelas, tambahkan jeruk nipis lalu saring dan minum sampai sembuh.

Keputihan
rebuslah 2 rimpang kunyit bersama 1 genggam daun beluntas, 1 buah gagang asam dan 1 potong gula aren kedalam 1 liter air sampai mendidih, disaring dan diminum 1 gelas sehari.

Haid tidak lancar
tumbuk halus 2 rimpang kunyit bersama 1/2 sendok ketumbar, 1/2 sendok pala dan 1/2 genggam daun srigading kedalam 1 liter air sampai mendidih, lalu saring dan minum 1 gelas sehari.

Amandel
2 rimpang kunyit diparut, peras dan diambil sarinya lalu campurkan madu dan jeruk nipis secukupnya campur sedikit air hangat diaduk hingga merata. minum 2 kali sehari pagi sore.

Penambah darah
Parut dan peras 1 rimpang kunyit untuk diambil airnya, lalu tambah dengan 1 butir telur ayam kampung dan 1 sendok madu. masukan kedalam gelas dikocok dan dioplos hingga merata. diminum 3 kali sehari dengan teratur.

Subscribe to receive free email updates:

69 Responses to "Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan"

  1. usus buntu.. klw nda salah penderitanya seperti org kena malaria ya TEh Cantik?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trus.. klw sdh tau.. mau ap? haa..!

      Delete
    2. nda knapa2 ..
      cuma senang sj.. liat Teh Cantik.. wajahnya seger trus..
      ternyata.. selain khasiat kunyiit untuk tubuh.,. ada buat kecantikan juga.. gtu loh..

      Delete
    3. yaa.. makanya sring2 berkunjung dimari.. biyar tambah ilmu ttg tanaman berkhasiat..

      jarang loh.. yg mau share hal seperti inih,.
      klw mau beli bukunya.. mungkin terbilang mahal.. padahal inih sebenarnya ilmu rahasia..

      Delete
    4. mas obatnya belum habis ya..?

      Delete
    5. maap inih Teh Cantik..permisi dulu..
      ADA GOYANG DOMBRET DI TV..MAU NONTON DULU..

      Delete
    6. mungkin ini perlu diobatin pake kunyit juga kali. hehee

      Delete
    7. mari kita obati bersama-sama

      Delete
    8. semoga
      semua
      sehat
      selalu


      amien

      Delete
  2. Wahhh ternyata Kunyit banyak sekali manfatnya yah untuk kesehatan hmmm ... jujur saya baru tahu inih mbak :)

    ReplyDelete
  3. emak di rumah juga sering kasih tahu khasiat kunyit,tpi waktu baca artikel mbak santika,eh masih banyak juga yg aku belum tahu hehehe

    ReplyDelete
  4. banyak juga kasiat kunyit ternyata ya mbak

    ReplyDelete
  5. Itu komentar pertama kenapa yah? Mungkin bisa ditambahin juga mba tips rebus kunyit apakah dicampurkan bahan tertentu biar terasa nikmat rasanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu bisa diatur contohnya tambah jahe, atau ganti gula dengan madu trims ya mas fadly

      Delete
  6. Lhoh komentarnya kok gak muncul tadi yang pertama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini muncul deh, kemana ya yang tadi ..
      Happy Blogging aja Mbak Santika..

      Delete
    2. tadi yang mana ya..? o mungkin di artikel ketiak hehe.., karena aku ga boleh hapus komen temen lho

      Delete
  7. katanya kunyit juga membersihkan pembuluh darah dari plak ya teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut dokter setiawan dengan kunyit sirkulasi darah bisa lancar, otomatis toksin darah juga terbawa ya mas ya..

      Delete
  8. kalau bisa menambah darah, berarti kunyit ini mengandung zat besi yia Bos?

    ReplyDelete
  9. Ternyata kunyit adalah bahan penting untuk hal-hal kesihatan. Untuk masakan juga merupakan satu bahan penting yang mesti ada di dapur.
    Terima kasih sharing nya Santika :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama kak fidah, terima kasih juga kakak yang selalu mampir ke blog aku, kak fidah my sis and the best..

      Delete
  10. hem...banyak banget nih khasiat dari kunyit ya teh.cara pengobatannya juga dikupas tuntas disini.
    makasih ya teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak banyak ya gak berkasiat dong mas. hehee

      Delete
    2. hehe.. namanya juga blog tanaman berkhasiat

      Delete
  11. salam kenal teh santika..

    teh santika tahu?
    ishmah dulu hobi banget nanam knyit, apalagi kalau kunyit yang ishmah tanam dipake sebgai bahan maska di rumah, rasanya bahagiaa banget~

    tapi karena sekarang boarding, udah arang agi deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang banget yah, apalagi begitu masak langsung dipake, mungkin kalau ada waktu senggang bisa bertanam lagi yah.. trims banyak ya kunjungannya..

      Delete
  12. poin nomer lima dan enam itu yang nati bisa dicoba praktekkan
    makasih mbak santika

    ReplyDelete
  13. Kunyit ini resep nenek moyang, pasti lah sudah di buktikan manfaatnya
    Pantesan waktu kecil perutku mual langsung di olesin sama kunyit


    sip mbak santika

    ReplyDelete
    Replies
    1. bapak om anak nelayan ini keknya akrab deh ya hehe

      Delete
  14. Untuk keram perut jugak bisyaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sama bisya bedanya apa Mbak? penting ini

      Delete
    2. bisya juga dong.. caranya seperti point 3

      Delete
  15. Kira2 kunyit kalau di goreng tepung enak gak ya..

    ReplyDelete
  16. Di buat jamu gendong bisa nggak ya?

    ReplyDelete
  17. Rupanya banyak sekali akan manfaat dan khasiat kunyit ya Teh, Obat tradisional yang sangat mudah kita dapatkan ehhehe.. .

    ReplyDelete
  18. jika dikaji lebih mendalam lagi memang khasiat-khasiat tumbuhan alami ini sangat banyak menfa'atnya termasuk kunyit. lanjutkan mba sharingnya ...

    ReplyDelete
  19. ini sebagai obat atau alat pencegah sakit yang disebutkan di atas, Teh?

    ReplyDelete
  20. ini sebagai obat atau alat pencegah sakit yang disebutkan di atas, Teh?

    ReplyDelete
  21. Ayah saya mempunyai penyakit usus buntu, sepertinya ini saran yang bagus mbak untuk resep obat tradisional, terimkasih, sangat membantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah-mudahan dapat membantu, trims ya sudah mampir..

      Delete
  22. kunyit itu kalo bahasa sundanya koneng bukan mba?hehe
    maaf gatau nih,ga pernah ke dapur saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tah eta betul bahasa sundanya koneng..

      Delete
    2. koneng ini banyak khasiatnya ya teh,skrg panggil teteh aja yah jangan mba,kirain bukan sunda.hehe

      Delete
  23. paling suka kalau sayur ditambahin warna kunyit yang kuning itu,
    kunyit memang banyak manfaatnya untuk kesehatan seperti yang sudah disebut di atas, bahkan termasuk herbal bahan anti kanker loh

    ReplyDelete
  24. Bisa obat segala macam ya.. Saya coba tanam ah..

    ReplyDelete