Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan

Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan. Kunyit adalah tumbuhan yang paling sering dijumpai disekitar rumah, tanaman tema tahunan ini tersebar diseluruh pulau jawa dan pulau lainnya, kunyit tumbuh berkembang secara liar disemak-semak, hutan, dataran tropis ataupun subtropis dan bisa tumbuh subur didataran rendah sampai ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut. Daunnya yang mirip dengan jenis pisang-pisangan berbatang pohon semu dan basah, dominasi warna hijau pada pelepah daun kunyit dan helaian berbentuk bulat telur. Rimpang kunyit bercabang dan kulit luarnya berwarna jingga kecoklatan, sedangkan daging rimpang berwarna jingga kekuningan. Di Indonesia rimpang kunyit digunakan untuk bumbu masak, sedangkan di Erofa rimpang kunyit dijadikan bahan kosmetik untuk kecantikan atau pewarna makanan.



Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan



Kandungan kunyit
Senyawa aromaterafis yang khas dari minyak atsiri pada rimpang kunyit mempunyai kandungan senyawa kimia turmeron, zingiberen dan seskuiterpen alkohol, kurkuminoidnya mempunyai senyawa kurkumin yang meliputi desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin. sedangkan gom, getah, pati atau amilun juga terkandung pada rimpang kunyit. 

Manfaat bagi kesehatan
Kunyit ini sejak jaman dahulu sering dijadikan obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam keluhan penyakit, seperti Haid tak lancar, berak lendir,, morbili, sakit perut, perut mual, diaremaag, sakit kepala, susah BAB, sariawan. Bahkan kunyit sering dipakai untuk beberapa terapi kecantikan seperti menghilangkan jerawat, menghaluskan dan memutihkan kulit wajah. Sebagain orang memaki kunyit untuk menghilangkan bau badan, serta bau ketiak yang tak nyaman.

Contoh resep pemakaian kunyit

Diabetes Melitus
3 rimpang kunyit direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, tambahkan 1/2 sendok garam lalu saring. diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.

Tifus
tumbuk 2 rimpang kunyit bersama 1 benggol sere dan daun sambiloto, lalu masukan kedalam 1 gelas air masak yang hangat, saring dan minum setiap[ hari selama 1 minggu.

Usus buntu
parut kunyit dan peras airnya kemudian masukan kedalam 1 gelas air panas, tambahkan jeruk nipis, gula aren dan garam secukupnya, lalu saring dan minum setiap pagi secar teratur.

Disentri
rebuslah 2 rimpang kunyit bersama gambir dan kapur sirih secukupnya kedalam 2 hingga tersisa 1 gelas, tambahkan jeruk nipis lalu saring dan minum sampai sembuh.

Keputihan
rebuslah 2 rimpang kunyit bersama 1 genggam daun beluntas, 1 buah gagang asam dan 1 potong gula aren kedalam 1 liter air sampai mendidih, disaring dan diminum 1 gelas sehari.

Haid tidak lancar
tumbuk halus 2 rimpang kunyit bersama 1/2 sendok ketumbar, 1/2 sendok pala dan 1/2 genggam daun srigading kedalam 1 liter air sampai mendidih, lalu saring dan minum 1 gelas sehari.

Amandel
2 rimpang kunyit diparut, peras dan diambil sarinya lalu campurkan madu dan jeruk nipis secukupnya campur sedikit air hangat diaduk hingga merata. minum 2 kali sehari pagi sore.

Penambah darah
Parut dan peras 1 rimpang kunyit untuk diambil airnya, lalu tambah dengan 1 butir telur ayam kampung dan 1 sendok madu. masukan kedalam gelas dikocok dan dioplos hingga merata. diminum 3 kali sehari dengan teratur.

Disqus Comments