Hindari Penyakit di Usia Tua

Hindari Penyakit di Usia Tua. Tubuh berproses menjadi tua adalah fakta yang tidak bisa dilawan, sebenarnya tubuh manusia diprogram tak bisa hidup selamanya hanya mampu untuk bertahan hingga usia 120 tahun ( maximum life potential). Ilmu pengetahuan dapat menahan agar tubuh tak lekas rawan terhadap penyakit, namun seringkali kita salah kaprah memperlakukan tubuh sehingga tubuh kita harus kandas sebelum saatnya.

Sebenarnya tanpa didera penyakitpun tubuh akan merosot seiring bertambahnya usia, apalagi jika dirongrong dengan penyakit. Ada penyakit yang memang tak bisa dihindari (fetal programming), Usia 50 tahun tubuh biasanya bermasalah dengan kesehatan akibat menurunnya fungsi tubuh dan pengaruh makanan dan lingkungan sekitar, namun beberapa penyakit tentu dapat kita cegah agar tidak tumbang sebelum waktunya, berikut penyakit yang selalu diderita ketika usia diatas 50 tahun

1. Arthritis (Reumatik)

Penyakit arthritis berhubungan dengan tulang dan persendian, untuk mencegah penyakit ini sebaiknya melakukan latihan fisik dan berjalan kaki secara teratur, olahraga yang cukup serta minum suplemen  dan vitamin B jika makanan yang dikonsumsi tidak mencukupi dalam nutrisinya. Silahkan baca Macam-macam Penyakit Reumatik

2. Tulang Rapuh

Tak ada ntrisi yang dapat menghentikan proses hilangnya massa tulang dari waktu kewaktu, namun kita dapat memperlambat dengan minum vitamin D secukupnya (Felicia cosman, spesialis osteoporosis New york). Usia 50 tahun kebutuhan kalsium meningkat dari 1000 mg, menjadi 1200 mg per hari, oleh karena itu pertambahlah jumlah produk susu dan perkaya jumlah kalsium seperti jus wortel dan sereal, dan makanan kaya vitamin A, C magnesium, seng dan protein dari susu. agar lebih lengkap silahkan simak Mengenal Macam-macam Penyakit Tulang

3. Diabetes

Penyakit diabetes melitus sangat rentan pada usia 50 tahun keatas, untuk mengontrolnya, lakukan latihan setiap pagi seperti jalan kaki, joging, hindari konsumsi gula berlebihan, ganti minuman soft drink dengan jus buah tanpa gula atau air putih saja. Konsumsilah buah-buahan dan sayuran.

4. Penyakit Jantung

Pada usia ini sangat berisiko terserang penyakit jantung koroner atau jantung eskemi, terjadi perubahan pada pembuluh darah jantung akibat arteriosklerosis. Faktor pencetusnya adalah merokok, kolesterol tinggi, diabetes, obesitas dan kurang berolahraga.

5. Hipertensi

Masalah lain yang muncul pada usia 50 tahun adalah tekanan darah tinggi (hipertensi) yang menjadi faktor penyebab stroke dan jantung koroner.  untuk menghindarinya dianjurkan diet DASH (dietary approaches to stop hypetension), diet yang kaya sayuran dan buah-buahan. Baca juga Tanaman Obat Darah Tinggi

6. Resistensi Insulin

Sebuah isyarat didalam penyakit dimana tubuh mulai merespon kurang baik terhadap hormon yang membersihkan glukosa dari pembuluh darah.

7. Daya Ingat

hal yang menjadi faktor bertambahnya usia diatas 50 tahun adalah sulitnya mempertahankan memori, dimensia adalah yang paling akrab dengan usia lanjut, berbeda dengan amnesia, dimensia adalah kehilangan memori karena faktor usia.

 

8. Penyakit Paru-paru

Fungsi paru-paru mengalami kemunduran disebabkan kurangnya elastisitas jaringa paru-paru dan dinding dada serta berkurangnya kekuatan kontraksi otot pernapasan sehingga sulit bernapas.

9. Kanker

Usia 50 tahun sangat rentan terhadap kanker. Sekitar 45% kanker usus besar, 38% kanker payu dara dan 69% kanker tenggorokan tidak akan terjadi jika anda memilih makanan yang baik, mengontrol berat badan dan berolahraga.

10. Ginjal

Sakit ginjal dapat dicegah dengan mengurangi makanan berlemak, menjaga tekanan darah dibatas normal, menjaga berat badan, mengurangi makanan berlemak dan minum air yang cukup.

11. Pembesaran Prostat

Untuk mencegah pembesaran prostat lakukan olahraga ringan, konsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah-buahan (kubis, alpukat, kacang-kacangan, labu, ikan dan tomat) dan ikuti pola makan sehat.

12. TBC

Penyebab Tuberkolosis adalah Mikroba, penyakit ini menular, untuk pencegahannya itu harus hidup bersih dan sehat, mencuci tangan setelah berada diarea pengidap batuk kronik, konsumsi makanan bervitamin, mineral, kalsium protein dan serat.

13. Penyakit Mata

Katarak adalah penyakit yang biasa menyerang diatas usia 50 tahun, untuk pencegahannya konsumsilah vitamain A,C dan E, kandungan katekin dalam teh juga membantu mencegah terjadinya katarak. Silahkan baca Macam Macam Penyakit Mata

14. Alzheimer

Agar terhindar dari penyakit Alzheimer diatas usia 50 tahun, mulailah berolahraga ringan konsumsi makanan bergizi, sebaiknya selalu aktif berfikir, tidur yang cukup serta melindungi otak dari cedera.


15. Gangguan Pencernaan

Penyakit yang sering terjadi pada pencernaan diatas usia 50 tahun antara lain gastritis dan ulkus peptikum. Gejalanya biasanya tidak spesifik, melainkan berupa penurunan berat badan, mual-mual, dan perut terasa tidak enak, karena menurunnya fungsi kelenjar pencernaan.

Disqus Comments