Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah. Mempunyai bibir kering bahkan pecah-pecah sangat tidak disukai oleh orang-orang, bahkan wanita selalu menginginkan bibir merah merona. Bibir kering dan pecah-pecah dapat merusak kecantikan wajah, mudah terluka juga menimbulkan rasa sakit, jika dibiarkan dapat menyebabkan infeksi, sakit dan menggangu pada saat memasukan makanan lewat mulut, lalu apa yang menyebabkan bibir kering, pecah-pecah dan juga cara mengatasinya? Untuk itu mari kita simak uraian sebagai berikut.


Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah


  • Minum air putih 8 gelas sehari
  • Hindari Merokok, kopi dan alkohol berlebihan
  • Konsumsi buah dan sayuran
  • Pilih lipstik yang sesuai
  • Bersihkan lipstik sebelum tidur
  • Gunakan madu
  • Gunakan kelopak bunga mawar
  • Gunakan Mentimun
  • Pijat bibir dengan minyak zaitun


Untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah kita itu harus tahu dulu apa yang menjadi penyebabnya
1. Kurangnya cairan (kurang minum)
2. Kebiasaan merokok, kopi dan alkohol.
3. Kurangnya nutrisi seperti kurang mengonsumsi buah dan sayuran
4. Polusi (debu dan udara)
5. Alergi terhadap kosmetik (bahan lipstik terlalu keras)
6. Adaptasi cuaca yang menyebabkan bibir pecah.
7. Detergen pada pasta gigi terlalu banyak
8. Kebiasaan menggigit bibir atau menjilat mengakibatkan bibir pecah.

Untuk mengetahui pencegahannya dari penyebab bibir kering dan pecah-pecah, setidaknya anda dianjurkan untuk mengetahui caranya, diantaranya :

Minum air putih
Jika minum air putih setiap hari 8 gelas (yang disarankan) secara teratur kemungkinan besar dapat menghindari dehidrasi penyebab keringnya bibir.  apalagi jika sering bekerja dan banyak mengeluarkan cairan (keringat), maka minum air putih secara teratur sangatlah dianjurkan.

Hindari rokok, kopi dan alkohol
Rokok bukan hanya tidak baik terhadap kesehatan, tetapi juga dapat mengakibatkan bibir kering dan hitam, kopi dengan segala polemik tentang kandungannya tapi jika diminum berlebihan mengaklibatkan bibir kering dan pecah, juga zat kimia alkohol penyebab dehidrasi pada bibir.

Konsumsi buah dan sayuran
Carilah buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C, B dan E. Kandungan vitamin tersebut sangat membantu untuk menghindari dehidrasi juga dapat menyehatkan, dan menyegarkan bahkan bukan hanya pada bibir tapi pada semua kulit dan anggota badan.

Pilih lipstik yang sesuai
Jika hendak menggunakan pewarna pada bibir (lipstik), carilah lipstik yang mengandung emmolient yang berbahan alami juga mengandung pelembab.

Bersihkan lipstik sebelum tidur
Biasakanlah mencuci sisa lipstik terlebih dahulu sebelum tidur, kandungan pewarna lipstik jika terlalu lama menempel dibibir sangat tidak disarankan. Pakailah scrub dan handuk untuk menghapus sisa lipstik, dengan menggosok menggunakan air hangat secara lembut.

Gunakan madu
Kandungan nutrisi pada madu sangat baik untuk menjadikan bibir selalu segar berseri, terlebih lagi madu mengandung anti bakteri yang dapat menghilangkan kuman dan bakteri penyebab keluhan dibibir. oleskan madu setiap pagi dan sore dan biarkan beberapa saat sebelum dicuci kembali.

Gunakan kelopak bunga mawar
Bagi yang menginginkan warna kulit bibir sehat dan berwarna merah secara alami khasiat bunga mawar menjadi solusi yang baik untuk dijadikan terapi, kandungan minyak atsiri dari sitrat, sitronelol pada bunga mawar tidak hanya mencegah kuman, tapi mampu melembabkan dan mengembalikan warna bibir secara alami. Rendamlah bunga mawar beberapa jam setelah itu tumbuk dan jadikan pasta lalu oleskan pada bibir setiap malam.

Gunakan mentimun
Manfaat flavonol pada mentimun bertugas sebagai anti implamasi yang dapat membunuh kuman dan bakteri. Jadikan mentimun sebagai pelindung bibir dengan cara potonglah mentimun segar lalu gosokan pada area bibir dan biarkan selam 20 menit lalu basuh.

Pijat dengan minyak zaitun
Paling asik memijat bibir dengan menggunakan minyak zaitun, cara ini tidaklah membosankan, minyak zaitun berfungsi sebagai pelembab alami dan mengandung anti bakteri. Oleskan minyak zaitun pada bibir lalu pijatlah beberapa saat untuk memberikan peredaran darah supaya lancar. Lalukan setiap malam.

Cara diatas tidaklah didapat secara instan, tentu perlu sedikit kesabaran agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Jangan lupa untuk mendapatkan bibir yang sehat, hindari hal yang menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Lakukan cara diatas dan semoga berhasil. 

Disqus Comments