Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah. Mempunyai bibir kering bahkan pecah-pecah sangat tidak disukai oleh orang-orang, bahkan wanita selalu menginginkan bibir merah merona. Bibir kering dan pecah-pecah dapat merusak kecantikan wajah, mudah terluka juga menimbulkan rasa sakit, jika dibiarkan dapat menyebabkan infeksi, sakit dan menggangu pada saat memasukan makanan lewat mulut, lalu apa yang menyebabkan bibir kering, pecah-pecah dan juga cara mengatasinya? Untuk itu mari kita simak uraian sebagai berikut.


Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah


  • Minum air putih 8 gelas sehari
  • Hindari Merokok, kopi dan alkohol berlebihan
  • Konsumsi buah dan sayuran
  • Pilih lipstik yang sesuai
  • Bersihkan lipstik sebelum tidur
  • Gunakan madu
  • Gunakan kelopak bunga mawar
  • Gunakan Mentimun
  • Pijat bibir dengan minyak zaitun


Untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah kita itu harus tahu dulu apa yang menjadi penyebabnya
1. Kurangnya cairan (kurang minum)
2. Kebiasaan merokok, kopi dan alkohol.
3. Kurangnya nutrisi seperti kurang mengonsumsi buah dan sayuran
4. Polusi (debu dan udara)
5. Alergi terhadap kosmetik (bahan lipstik terlalu keras)
6. Adaptasi cuaca yang menyebabkan bibir pecah.
7. Detergen pada pasta gigi terlalu banyak
8. Kebiasaan menggigit bibir atau menjilat mengakibatkan bibir pecah.

Untuk mengetahui pencegahannya dari penyebab bibir kering dan pecah-pecah, setidaknya anda dianjurkan untuk mengetahui caranya, diantaranya :

Minum air putih
Jika minum air putih setiap hari 8 gelas (yang disarankan) secara teratur kemungkinan besar dapat menghindari dehidrasi penyebab keringnya bibir.  apalagi jika sering bekerja dan banyak mengeluarkan cairan (keringat), maka minum air putih secara teratur sangatlah dianjurkan.

Hindari rokok, kopi dan alkohol
Rokok bukan hanya tidak baik terhadap kesehatan, tetapi juga dapat mengakibatkan bibir kering dan hitam, kopi dengan segala polemik tentang kandungannya tapi jika diminum berlebihan mengaklibatkan bibir kering dan pecah, juga zat kimia alkohol penyebab dehidrasi pada bibir.

Konsumsi buah dan sayuran
Carilah buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C, B dan E. Kandungan vitamin tersebut sangat membantu untuk menghindari dehidrasi juga dapat menyehatkan, dan menyegarkan bahkan bukan hanya pada bibir tapi pada semua kulit dan anggota badan.

Pilih lipstik yang sesuai
Jika hendak menggunakan pewarna pada bibir (lipstik), carilah lipstik yang mengandung emmolient yang berbahan alami juga mengandung pelembab.

Bersihkan lipstik sebelum tidur
Biasakanlah mencuci sisa lipstik terlebih dahulu sebelum tidur, kandungan pewarna lipstik jika terlalu lama menempel dibibir sangat tidak disarankan. Pakailah scrub dan handuk untuk menghapus sisa lipstik, dengan menggosok menggunakan air hangat secara lembut.

Gunakan madu
Kandungan nutrisi pada madu sangat baik untuk menjadikan bibir selalu segar berseri, terlebih lagi madu mengandung anti bakteri yang dapat menghilangkan kuman dan bakteri penyebab keluhan dibibir. oleskan madu setiap pagi dan sore dan biarkan beberapa saat sebelum dicuci kembali.

Gunakan kelopak bunga mawar
Bagi yang menginginkan warna kulit bibir sehat dan berwarna merah secara alami khasiat bunga mawar menjadi solusi yang baik untuk dijadikan terapi, kandungan minyak atsiri dari sitrat, sitronelol pada bunga mawar tidak hanya mencegah kuman, tapi mampu melembabkan dan mengembalikan warna bibir secara alami. Rendamlah bunga mawar beberapa jam setelah itu tumbuk dan jadikan pasta lalu oleskan pada bibir setiap malam.

Gunakan mentimun
Manfaat flavonol pada mentimun bertugas sebagai anti implamasi yang dapat membunuh kuman dan bakteri. Jadikan mentimun sebagai pelindung bibir dengan cara potonglah mentimun segar lalu gosokan pada area bibir dan biarkan selam 20 menit lalu basuh.

Pijat dengan minyak zaitun
Paling asik memijat bibir dengan menggunakan minyak zaitun, cara ini tidaklah membosankan, minyak zaitun berfungsi sebagai pelembab alami dan mengandung anti bakteri. Oleskan minyak zaitun pada bibir lalu pijatlah beberapa saat untuk memberikan peredaran darah supaya lancar. Lalukan setiap malam.

Cara diatas tidaklah didapat secara instan, tentu perlu sedikit kesabaran agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Jangan lupa untuk mendapatkan bibir yang sehat, hindari hal yang menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Lakukan cara diatas dan semoga berhasil. 

Subscribe to receive free email updates:

98 Responses to "Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah"

  1. merokok nih teh yg sampai sekarang menjadi menu wajib bagi saya.
    sulit banget ninggalin nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo saya dulu suka ngerokok tpi dipikir2 gak ada gunanya dan alhamdulillah skrg udh berhenti total.

      Delete
  2. Harus kurangin kafein jugak kan, Teh.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentar mba, tetehnya masih dibelakang :)

      Delete
    2. cafein juga berkhasiat, cuma jangan berlebihan beb

      Delete
  3. nah kalo saya ngopi, sayang banget kalo ninggalin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaaaah.. tapi jangan berlebihan sampai sehari 1 ember ya mas

      Delete
  4. saya pakai minyak zaitun hampir setiap hari teh, di kulit jadi lembab lembab gitu, nggak cuma di bibir... hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba juga dibibir ya mba, menggunakan zaitun itu kan sunah

      Delete
  5. kopi dan rokok susah saya tinggalin, tanpanya tak bisa posting :)
    boleh juga nih tips mentimun nya, nanti saya coba teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya minimal ada penanggulangan ya mas nelayan hehe

      Delete
    2. kali aja bisa berhenti rokonya ya. hahaha

      Delete
  6. Alhamdulillah dari semua hal di atas hampir semua sudah saya amalkan

    ReplyDelete
  7. Bener ya mbak cantik, memang perlu kesabaran dan rutin biar hasilnya sesuai sama yg di harapkan
    Suwun ya buat tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba sus.. seneng deh mba berkunjung kemari, trims juga yah

      Delete
  8. saran diatas bisa dicoba untuk saya ya mba,tp point 4 dan lima saya gak bisa hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. o ya mba,coba klik profilbox nya?
      photo pofile setelah di klik terlalu besar ukurannya mba,jadi keluar melebihi kotak.
      untuk mengatasinya
      ganti ukuran photo profilnya dari 120 menjadi 80
      perhatikan pada url link yang kedua (s120) ubah jadi (s80)

      Delete
    2. manteb deh bisa ngikut memahami

      Delete
    3. iya mas, aku sampai otak atik ga berhasil, untung mas reo ini berbaik hati memberi tahu, terima kasih banyak yah..

      Delete
    4. Keren teh, Fotonya G+ nya melayang...
      Jd penasaran mau liat langsung tutornya...

      Delete
  9. Makasih banget infonya mbak, saya sering sekali mengalami ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas rolli, trims ya selalu berkunjung..

      Delete
  10. Waduh untuk merokoknya sampai saat ini saya belum bisa berhenti .... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya merokok itu berhenti kalau sudah terindikasi penyakit hehe

      Delete
  11. tips nya sangat bermanfaat sekali teh, apalagi kalo abis naik gunung kadang begitu turun bibir sering kering dan pecah2 ... makasih ya teh tips nya ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau suka mendaki gunung, kebutuhan air itu mesti cukup atuh ya

      Delete
  12. Kalo bibir kering dan pecah-pecah emang tidak enak dipandang...Kalo liat artis cowo yang bibirnya merah itu, kira-kira pakai lipstik juga apa ngga ya.. kalo saya biasa bibir pecah pecah kalo lagi sakit aja, ngerokok ngga alkohol ngga, ngopi jarang...mungkin memang kurang cairan :)

    ReplyDelete
  13. Intinya memang cairan/minuman teh..percuma lipstik kandel bari jeung bibir garing peura..wkwkwk
    Salam satriyoku

    ReplyDelete
  14. Perbanyak minum,kurangi makanan berminyak,dan jangan dijemur biar tidak kering,eh

    ReplyDelete
  15. .Kalau saya mbak, sehari lebih dari 8 gelas. -_- itu gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga apa kurang lebih juga, asal sehat dan tak menjadikan penyakit

      Delete
  16. bagus ini gan tips nya agar bibir kagak suka pecah2 yak, bisa ane cobain buat bibir keren ane :D

    ReplyDelete
  17. madu ternyata banyak khasiatnya ya...aku suka madu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. khasiat madu pasti mba, kalau dimadu suka juga.? wkwk..

      Delete
  18. Aku nggak suka ngopi sama nggak ngerokok Mbak. Untung aja si, jadi bibirku masih terlihat seksi. Hahahahah...
    Biasanya kering dan pecah-pecah pas bulan puasa. Cuma aku juga sering ngasih vitamin kalau nggak pelembab bibir. Maco banget kan cowok tulen pakai pelembab bibir. Biar nggak kelihatan hitam dan kering si.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahah macho yah.. jadi penasaran lihat mas haris..

      Delete
  19. Point no 1 teh yang suka saya lakukan untuk mengatasi bibir kering, dengan banyak minum air putih setiap harinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kang, bukan hanya buat bibir, tapi untuk semua anggota badan ya kang..

      Delete
  20. Aku sih selalu pakai lipstik yang ada kandungan vit c nya yang bagus untuk bibir yang kering hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba ai pinter banget, lipstik walau bagaimanapun tak terpisahkan dengan wanita yah..

      Delete
  21. Wah ini mah cara alami dan sangat rekomended... makasih teh..

    ReplyDelete
  22. biasanya kalau kurang minum bibir saya pecah-pecah.. ;)

    ReplyDelete
  23. ini dia penyakit biasa tapi gk enak juga kalo di biarin :D makasi infonya mbak :)

    ReplyDelete
  24. yang penting saya bukan peroko deh.

    ReplyDelete
  25. terimakasih mba santika tipsnya sangat bermanfaat nih buat aku yang bibirnya selalu kering :(

    ReplyDelete
  26. biasanya saya suka menggunakan madu untuk mengatasi bibir pecah - pecah... dan saya juga dah menghindari rokok

    ReplyDelete
    Replies
    1. serius mang ga merokok.. didukung ku abi nya..

      Delete
  27. Yang paling ampuh tuh minum 8 gelas air sehari, bukan cuman buat bibir tapi ke badannya juga enak. Ringan gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas yahya, bukan cuma buat bibir doank yah, tapi buat mas yahya doank juga..

      Delete
  28. teh itu kalo minyak zaitunnya kemakan gimana?

    ReplyDelete
  29. Oo bisa pakai minyak zaitun juga ya*manggut-manggut*

    ReplyDelete
  30. Sering banget nih mengalami apalagi disini panasnya minta ampun biasanya makan cincau biar adem dan nggak kering bibirnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. daerah panas ya mas ya, jadi rekomendasi atuh..

      Delete
    2. minum penganan dari lidah buaya juga bagus untuk menghindari bibir pecah atau kering

      Delete
  31. bibir saya masih aja kering padahal sudah lama stop merokok. Mesti rutin jaga kesehatan bibir ya teh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin banyak makan kurang minum mas hihi..

      Delete
  32. mentimun bagus juga ya mbak,selain bisa memerahkan bibir ternyata mentimun bisa mengatasi bibir kering dan pecah.Terimakasih infonya :D

    ReplyDelete
  33. info yang sangat bermanfaat sis, berguna sekali terutama dikala musim kemarau, bibir jd sering pecah"

    ReplyDelete
  34. Debu dan udara yng kotor yang bisa membaut bibir saya kering :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. polusi memang salah satu penyebabnya mas...

      Delete
    2. saya kira polisi teh...ternyata polusi ya yang bisa membuat bibir kering dan pecah-pecah. kalau umumnya sih karena panas dalam dan jarang minum atau kekurangan cairan pada tubuh.....

      Delete
  35. kalau ga bisa sembuh jugak gaman tuh mas???
    cyber-empires.blogspot.com

    ReplyDelete
  36. yang jelas cara yang paling gampang kayaknya di olesi dengan mentimun...selain mudah dan modalnya tidak memberatkan.

    ReplyDelete
  37. Replies
    1. Saya paling suka sama madu. Tpi gak mau dmadu heheh

      Delete
  38. untung saja saya tidak seperti itu hehehe
    kunjungi balik simbalisme.blogspot.com

    ReplyDelete
  39. Klo saya dulu pas diarab sering pecah2 tpi stelah di indonesia bibir saya sudah jarang pecah. Mungkin karna faktor cuaca ya mba??

    ReplyDelete
  40. apalagi kalau lagi puasa pasti bibir jadi kering :3

    ReplyDelete