Beras Merah Semakin Bertenaga

Beras Merah Semakin Bertenaga. Beras merupakan makanan pokok lebih dari separuh populasi penduduk dunia. Kebanyakan orang mengkonsumsi beras putih, tapi beras merah lebih mengandung dan memiliki rasa serta tekstur yang unik. Beras dapat dimasak dengan berbagai variasi, lebih mudah untuk membuat makanan sehat rendah lemak dari beras dibandingkan dengan jenis padi-padian lainnya.

Kandungan gizi beras merah
Vitamin B
Vitamin B1
NSP (serat)
Potasium
Magnesium
Seng
Folat
GI 55-70

Nutrisi pada beras merah
Beras merah merupakan sumber berbagai jenis vitamin B yang baik, khususnya vitamin B1 (thiamin), yang dibutuhkan untuk menyampaikan pesan antara otak dan saraf tulang belakang. Thiamin juga penting untuk enzim-enzim yang mengubah makanan menjadi tenaga yang dibutuhkan oleh tubuh. Beras merah tidak seperti beras putih yang juga merupakan sumber folat, vitamin E dan NSP (serat) yang baik.

Jika dikombinasikan dengan kelompok makanan berprotein nabati lainnya (seperti kacang-kacangan dan biji-bijian), beras dapat juga menyumbang protein untuk para vegetarian.

Barangkali perlu anda tahu
Cara Menurunkan Berat Badan Secara Sehat
Tips Menjaga Kesehatan saat Begadang


Kelebihan beras

  • Makanan yang berasal dari padi-padian melepaskan energi lebih stabil sehingga kadar gula darahpun menjadi konstan.
  • Beras merupakan jenis padi-padian yang ditoleransi bagi semua orang, meskipun tubuh anda tidak toleran terhadap gluten, atau sensitif terhadap gandum, beras (nasi) adalah alternatif yang paling baik.
  • Beras putih dan merah mempunyai sekam yang tidak bisa dimakan sehingga harus dibuang dari butir padinya setelah dipanen. Beras merah masih memiliki lapisan terluar (aleuron) sedangkan beras putih hanya memiliki sedikit aleuron.



Beras merah terdiri atas variatas berbulir panjang dan pendek, varietas bulir panjang terlihat panjang dan tipis dengan ujung meruncing, butiran nasinya terpisah (tidak lengket) saat dimasak. Basmati adalah varietas berbulir paling bagus, ditanam dipegunungan himalaya, disukai karena aromanya.

Manfaat Beras Merah
Berbeda dengan beras putih dimana pelepasan kulitnya melalui gilingan, beras merah adalah hasil tumbuk alami sehingga tidak banyak mengurangi gizi. Bayangkan saja satu gelas beras merah hasil tumbuk menghasilkan kandungan 216.45 kalori dan itu cukup menutupi kebutuhan harian sekitar 88% (daily value) selain itu kandungan protein beras merah lebih tinggi sekitar 2-5%, juga vitamin B komplek dan vitamin A sangat terjaga.

Beras merah mengandung selenium sehingga mencegah terjadinya kanker, mangan dari protein dan karbohidrat memberikan produksi energi yang baik (baca Makanan sehat penambah stamina) dan membantu memproduksi asam lemak untuk kebutuhan sistem saraf. Kandungan magnesiumnya dapat menjaga tulang dan mengatur enzim untuk penggunaan insulin cocok bagi penderita diabetes, serta serat yang cukup dapat melancarkan pencernaan dan menyehatkan usus, bagi yang mempunyai masalah kolesterol, darah tinggi dan penyakit jantung, mengkonsumsi nasi dari beras merah 6 porsi per minggu lebih dianjurkan.

Disqus Comments