Manfaat Mengkudu Sebagai Obat Tradisional

Manfaat Mengkudu Sebagai Obat Tradisional. Mengkudu termasuk jenis kopi-kopian, tanaman ini merupakan perdu atau pohon kecil yang tumbuh agak membengkok, tinggi 3-8 cm, banyak bercabang dengan ranting persegi empat, bentuknya bulat telur lebar sampai berbentuk elips, panjang 10-40 cm, lebar 5-17 cm, tebal dan mangkilap. Tanaman ini tersebar dari daratan asia tropis sampai polynesia. Di Indonesia sendiri mengkudu tumbuh liar di hutan, ladang atau ditanam dipekarangan sebagai tanaman sayuran atau tanaman berkhasiat obat, Penduduk menanam mengkudu karena kulit akarnya mengandung zat warna merah yang dapat dipakai untuk memberi warna pada kain batik, anyaman pandan atau mendong.

Mengkudu sendiri bernama botani Morinda citrifolia Lin (latin) dari famili rubiaceae, sedangkan nama daerah diwilayah Indonesia adalah Cengkudu (Sunda), kodhuk (madura), wengkudu (bali), pece, kemudu, kudu (jawa), labanau, langkudu (kalimantan), tibah, ai kombo, bakulu (Nusa tenggara).

Pada dekade 80-an menurut versi Frof H.M. Hembing Wijayakusuma (pakar pengobatan tradisional dan akupuntur)  buah mengkudu biasa dikukus atau direbus dan dimakan jadi lalap, atau sebagai pembungkus pindang ikan teri, Buah yang masih muda direbus untuk dijadikan lalap, sedangkan buah yang setengah matang dijadikan rujak, Buah matang untuk membersihkan karat pada logam atau untuk mencuci rambut (keramas). Tapi pada saat ini (tekhnologi maju) buah ini sudah sulit ditemui, seiring banyaknya pengobatan praktis dan olahan makanan yang super mewah datang dari negeri tetangga, berakibat cara olahan tradisional dan pemanfaatan mengkudu sedikit demi sedikit hilang.

Kandungan Buah Mengkudu
Buah mengkudu yang matang beraroma sangat tidak sedap, walaupun demikian mengkudu mempunyai kandungan bagi pengobatan diantaranya ; pada kulit akar dan buah mengandung, zat morinda diol, morindone, metil asetil, morindhin damnacanthal, asam kapril serta soranyidiol. Pada daun, zat besi, zat kapur, protein, askorbit dan karoten. tanamannya juga mengandung asam caprylat dan asam capron yang mudah meguap. (Baca juga Cara membuat ramuan buah mengkudu)


Khasiat Buah Mengkudu

Mengkudu berkhasiat untuk mengobati hipertensi, pembersih darah dan peluruh kencing, selain itu mengkudu juga mampu mengobati batuk, sakit kuning, demam dan menghilangkan sisik pada kaki (rorombeheun sunda).


Manfaat Mengkudu Sebagai Obat Tradisional


Hipertensi
1 buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan madu secukupnya sampai merata dan disaring. Diminum 2 kali sehari diulang-ulang baca juga Tanaman Obat darah tinggi

Sakit Kuning
2 buah mengkudu masak diperas lalu ambil airnya lalu tambahkan gula batu secukupnya diaduk sampai merata kemudian disaring, diminum 2 kali sehari secara rutin.

Demam, Masuk angin, Flu
1 buah mengkudu dan satu rimpang lengkuas direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudiam disaring. diminum pagi dan sore.

Batuk
1 buah mengkudu masak dan setengah genggam daun poo (bujanggut) direbus dengan 1 gelas air sampai mendidih lalu saring. minum 2 kali sehari pagi dan sore. supaya lebih lengkap silahkan baca obat batuk alami

Sakit perut
Siapkan 3-4 lembar daun mengkudu untuk ditumbuk halus dan ditambah garam kemudian disedu dengan air panas, setelah dingin disaring dan silahkan minum.

Menghilangkan sisik pada kaki (rorombeheun)
Mengkudu yang sudah masak digososkan pada bagian kaki yang bersisik sampai merata, biarkan hingga 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Pengusir tikus
Mengkudu yang masak memang beraroma tidak sedap beberapa hewan pengerat terutama tikus sangat tidak menyukai aroma mengkudu ini, caranya cukup mudah, letakan mengkudu yang masak didepan  sarang tikus lalu baiarkan 1-2 hari maka sang tikus lebih memilih menghindar dari aroma mengkudu ini.

Terima kasih telah membaca khasiat mengkudu dan cara mengobatinya dari tanaman berkhasiat semoga bisa membantu bagi anda yang membutuhkannya.

Disqus Comments