Manfaat Benalu Untuk Kesehatan

 Manfaat Benalu Untuk Kesehatan. Benalu (loranthus) merupakan tumbuhan yang hidupnya tidak memerlukan media tanah, mempunyai inang dan hidup sebagai parasit, menempel pada dahan-dahan pohon kayu lain dan menghisap mineral yang larut dalam pohon kayu yang ditempelinya. Akibatnya dahan-dahan pohon kayu yang ditempelinya berakibat mati, bunga benalu berkelamin tunggal, biji buahnya mengandung getah, pengembang biakannnya melalui binatang atau burung yang memakan biji buah benalu tersebut.

Proses dan cara pengembang biakannya begitu sederhana, biji benalu yang bergetah itu dimakan binatang atau burung, kemudian biji benalu tersebut melekat didahan-dahan kayu bersama dengan kotoran burung yang memakannya kemudian tumbuh didahan itu.


Kandungan Kimia Benalu
Tidak selamanya benalu itu negatif, walaupun memberikan efek tak baik bagi si inangnya atau yang ditempelinya tapi benalu mempunyai kandungan kimia yang baik. Pada  benalu mangga Dendrophthoepentandra misalnya adalah rutin,  tannin, flavanoid kuersetin, meso-inositol dan antioksidan, berkhasiat untuk melancarkan kencing, nyeri pinggang serta prostat. Benalu ini paling mudah dijumpai, kandungan yang paling luar biasa adalah flavanoid kuersetin, hasil penelitian menyebutkan mempunyai inhibitor enzim DNA topoisomerase, untuk mencegah kanker.

Benalu belimbing Macrosolen cochinchinensis (Lour) mengandung tanin, saponin, anti bakteri, anti radang flavonoid dan alkaloida. berkhasiat menyembuhkan batuk, menyehatkan ibu setelah melahirkan, diuretik serta menyembuhkan luka.

Benalu yang menempel pada pohon teh, Scurrula Oortina dapat digunakan sebagai obat kanker, sedangkan benalu yang menempel pada pohon jeruk nipis dan nangka Macrosolen Cochinchinensis dapat digunakan sebagai ramuan obat untuk penyakit amandel dan jenis benalu secara umum dapat digunakan sebagai obat campak, itu berdasarkan pengalaman dan kajian ilmiah para pakar botani. (thomas A.N.S)

Khasiat benalu untuk pengobatan


Tumor dan Kanker

2-3 batang benalu teh ditambah 1 batang rumput alang-alang dan adas pulawaras direbus dengan menggunakan air 1 liter, kemudian setelah mendidih dan didinginkan disaring, diminum tiap hari 1/2 gelas.
Prostat susah kencing, sakit pinggang
Sediakan 9 lembar benalu mangga, lalu cuci hingga bersih setelah itu rebus dengan 2 liter air sampai tersisa 2 liter, setelah dingin saring dan diminum 3 kali sehari pagi, siang, sore dibarengi banyak minum air putih.

Amandel 1 benalu yang menempel pada jeruk nipis di tambah dengan adas pulawaras secukupnya lalu direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, lalu disaring. Diminum 1 kali sehari 1/2 gelas
Campak 1 batang benalu dan adas pulasari secukupnya ditumbuk sampai halus, kemudian digunakan sebagai bedak bagi campak.

Disqus Comments