Kandungan Jamur Sebagai Pelangsing

Kandungan Jamur Sebagai Pelangsing. Jamur adalah makanan yang saya suka dan makin menarik karena nilai gizinya dan kemampuannya menurunkan kadar gula, kolesterol terutama menghambat pertumbuhan kanker. Selain harganya murah meriah dan mudah didapat, jamur juga bisa menghambat penuaan lho

Aku tak begitu mengenal jenis jenis jamur secara rinci tapi konon katanya  jamur merang yang paling dikenal oleh masyarakat asia tenggara. yang saya rasakan saat ini enak rasanya baik teksturnya dan memiliki nilai ekonomi tinggi. saya jalan jalan dan menemukan jenis jamur tiram pada seorang petani jamur temanku.

Popularitas jamur sebagai makanan bukan karena kandungan gizinya, tetapi karena rasanya yang eksotik , rasanya yang khas akan keluar jika dimasak tunggal ataupun dicampur denga makanan lain, rasanya yang lezat karena kandungan glutamat yang cukup tinggi.

Walaupun tidak setinggi protein hewani, ikan atau telur tapi protein jamur hampir setara susu, jagung, kacang-kacangan dan juga lebih tinggi daripada sayuran berdaun. Protein jamur terdiri dari asam amino essensial dan non esensial. Jika menilai kandungan asam amino lisin jamur sangat mengembirakan karena beras , jagung dan umbi umbian rendah kandungan lisinnya.

Cocok dijadikan makanan pelangsing

Kandungan lemak dan energi pada jamur sangat rendah sehingga disukai sebagai makanan pelangsing. Kandungan lemak berkisar 1.08-94 persen berat kering. Terdiri dari asam lemak bebas, monogliserida, digliserida ester, streol dan fosfolifid. Asam lemak utama jamur adalah asam oleat dan palmitat, serta linoleat yang merupakan asam lemak esensial.

Jamur juga mengandung bermacam macam vitamin B1, B2 asam nikotinat yang cukup tinggi juga mengandung mineral dan juga fosfor,  kalau menurut dokter astrawan sih jamur itu katanya merupakan sumber natrium, kalsium, magnesium, tembaga, seng, dan zat besi yang baik.

Jamur juga bisa dijadikan obat herb therapi, pengobatan alternative biasanya jika sang pasien menolak diobati secara medis, tapi yang jelas menurut buku gaya hidup sehat pustaka senior, penggunaan jamur sebagai obat bukan hal baru tapi bapak kedokteran barat hiprocates (445 M) menyebutkan adanya kandungan dari jamur yang bisa digunakan untuk kesehatan dan juga Ibnu Sina pun mengungkapkan adanya karatan jamur untuk ramuan obat berbahaya.

Melihat komposisi diatas nampaknya sang jamur ini sangat pas dan aman jika dikonsumsi sebagai makanan pelangsing melihat kandungan lemaknya yang rendah

Disqus Comments