Dampak Buruk Marah Bagi kesehatan

Saya pernah melihat seseorang yang sedang menahan sakit kepala yang luar biasa disertai detak jantung yang tak beraturan akibat dari perasaan amarah yang ditahan dan sukar untuk melepaskannya, hal ini mungkin saja pernah terjadi pada anda dan juga saya (mungkin saja) sungguh sangat tersiksa bukan? dan sangat menyakitkan

Rasa amarah, dilihat dari satu sisi kebaikan mungkin saja bagus bagi kesehatan karena mengurangi efek negatif stres, tapi pada sisi lain dapat membahayakan kesehatan. Rasa marah dan emosi memang alamiah pada setiap manusia. Terkadang dengan meluapkan amarah sekaligus bisa menghilangkan beban dan bisa melegakan, tetapi kebiasaan ini sangat riskan karena mungkin saja suatu waktu amarahnya itu tak terlampiaskan dan menimbulkan penyakit yang lebih buruk. Alangkah baiknya jika kita mampu untuk meredam dan berpikir jernih sejenak.

Kemarahan dapat meningkatkan peluang terjadinya serangan jantung, hal ini disebabkan oleh pelepasan hormon stres, kebutuhan oksigen yang meningkat oleh sel sel otot jantung, dan kekentalan yang bertambah dari keping keping darah, sehingga memicu pembekuan darah. ketika marah, detak jantung meningkat melebihi batas wajar dan menyebabkan naiknya tekanan darah pada pembuluh nadi. Oleh karenanya memperbesar kemungkinan terserang jantung,

Banyak sekali efek negatif dari perasaan marah bagi kesehatan, kita mungkin tak ingin mempunyai penyakit stroke karena tekanan darah naik sehingga pembuluh darah diotak pecah dan mengakibatkan stroke otak.



Atau hal yang kecil seperti sakit kepala yang berkesinambungan dikarenakan pembuluh darah diotak sangat liar dan memicu pada penyakit lainnya seperti darah tinggi dan juga sulit tidur.
Kita tak ingin hal buruk seperti itu terjadi karena rasa amarah yang sulit dikontrol, tapi bisakah kita untuk tidak marah.? Tentu jawabanya kembali kepada diri kita, apakah sanggup?

Rasa amarah memang sudah dibekalkan pada manusia ketika diciptakan, cuma sejauh mana kita dapat meredam amarah tersebut, Nabi besar Muhamad SAW pernah bersabda bahwa, “Orang yang kuat itu bukanlah orang yang perkasa (tenaga dan postur tubuh), tetapi orang yang kuat itu adalah orang yang bisa mengendalikan hawa amarahnya” Kita bisa mencontoh teladan para Nabi dan juga sahabatNya dalam menghadapi amarah.

Demikianlah ulasan tentang dampak buruk marah bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Disqus Comments