Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Jengkol atau jering adalah tumbuhan paling unik, bagaimana tidak tumbuhan ini aromanya kurang menyenangkan tapi disukai oleh banyak negara terutama Asia, tercatat Myanmar, Malaysia dan tentu saja Indonesia dengan jawa baratnya sebagai pengkonsumsi terbanyak untuk tumbuhan ini. Dijawa barat makanan ini kadang dinamakan ati maung (hati harimau) karena bentuknya seperti hati dan aromanya yang menerkam laksana harimau. Harganyapun terbilang mahal untuk ukuran sayur rakyat, diatas daging ayam dan hampir menyamai daging sapi, beruntung sekarang harganya turun kembali.

Masalah Kesehatan
Mengkonsumsi terlalu banyak jengkol dapat menimbulkan masalah pada kesehatan karena jengkol mengandung asam jengkolat yang tinggi dan sukar larut di air pada pH yang asam menyebabkan terjadinya penumpukan kristal di saluran urin, yang disebut jengkolan Konsumsi berlebihan akan menyebabkan terbentuknya kristal dan mengganggu urinasi. Apabila pengkristalan ini berlanjut untuk waktu yang lama dan semakin bertambah banyak bisa menyebabkan gangguan yang lebih parah seperti gangguan prostat dan ginjal.

Bau Tidak Sedap
Memakan sedikit jengkol dapat menciptakan masalah pada penampilan, aroma pada mulut yang tidak menyenangkan, buang angin, keringat dan bahkan urine yang terkontaminasi oleh bau dari tumbuhan ini sehingga lingkungan sekitar merasa terganggu. Tapi hal ini sebetulnya bisa diatasi dengan banyak banyak membersihkan diri dengan berbagai macam air dan pengharum

Untuk anda jengkol mania jangan terlalu khawatir dan tegang jengkol itu bukan tumbuhan sampah yang tak bermanfaat karena  Allah menciptakan sesuatu itu pasti ada artinya, berikut beberapa manfaat dari jengkol

Baca juga 


Khasiat Jengkol Untuk Kesehatan


Kaya Vitamin
Vitamin yang terkandung dalam jengkol adalah vitaman A, B1, B2, dan C. Vitamin A pada jengkol berkisar 658 mg per 100 gram yang berfungsi menjaga kesehatan mata. Vitamin B2 dan B1 sangat membantu dalam penyerapan protein juga menjaga kepekaan syaraf. Kandungan Vitamin C 80 mg per 100 gram, berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas

Kaya Protein
Protein yang terkandung pada jengkol ternyata cukup tinggi berkisar antara 23,3 gram per 100 gram diperkirakan kandungan protein nabati ini lebih tinggi dari kacang kedelai dan juga kacang hijau. Seperti diketahui mengkonsumsi protein nabati akan lebih banyak meningkatkan kesehatan dan memperpanjang umur dua kali lebih lama daripada protein hewani yang riskan dengan kegemukan.

Kaya Kandungan Kalsium
Jengkol mengandung kalsium 140/100 gram, dengan energi pada kalsium dapat mencegah Osteoporosis atau keroposnya tulang juga penghubung jaringan saraf pergerakan otot juga sistem kerja jantung pada metabolisme tubuh

Mengandung Fosfor
Jengkol termasuk Tanaman Berkhasiat mengandung Fosfor berkisar antara 166.7/100 gram. Berfungsi sebagai pelindung gigi agar tak berlubang dan tulang kuat tak keropos hampir menyerupai kalsium 

Kaya Kandungan Zat Besi
Untuk besi, Jengkol mengandung 4,7 g per 100 gram. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia. Gejala utama anemia defisiensi besi adalah kelelahan, lemah, pucat dan tidak bergairah (kurang energi), sakit kepala dan mudah marah, tidak mampu berkonsentrasi, serta rentan terhadap infeksi. Perubahan terhadap penampilan seperti muka pucat dan kuku kering

Itulah beberapa kandungan manfaat, khasiat dan efek samping dari Tanaman Berkhasiat yang ditimbulkan oleh jengkol semoga bermanfaat..

Subscribe to receive free email updates:

113 Responses to "Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan"

  1. ternyata banyak sekali manfaat jengkol untuk kesehatan ya mbk, tapi sayang sekali saya belum pernah ngrasain jengkol..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas budi, smart amat, sigap, artikelnya masih diedit udah dikomentarin.. saya paksa makan jengkol ya hehe..

      Delete
    2. saya juga mau dund dipaksa makan jengkol :)
      hehe

      Delete
    3. Saya paling suka semur jengkol :D

      Delete
    4. sama dengan kang eka,nggaperduli jengkol itu ternyata bermanfaat juga untuk kesehatan...saya mah tetep we suka

      Delete
    5. biarin ah dibilang udik ge'
      emang saya mah ngga suka jengkol sih...kalo sedikit mah

      Delete
    6. saya mah sukanya pete
      jengkol suka juga ding

      Delete
  2. ASLI SY GAK SAMPE SAAT INI SY BLM PERNAH MAKAN JONGGOL .... EH SALAH MKSUDNYA JENGKOL .,,,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak muda jaman sekarang ini kurang pengalaman ya.. ntar kena tipu lho, minta hati dikasih jengkol hehe..

      Delete
    2. Mas Fiu emang masih muda teh? Ah gak yakin, ga tau aja teteh mah, la wong dah aki-aki :D

      Delete
    3. eh ,,,, sy kn mash muda banget kok mas marnes ,,,

      mb tika @ hahahaha,,,, hati yg mana dulu nih ... ?

      Delete
  3. Wah, saya kira jengkol itu hanya sekadar untuk sayuran...Ternyata mengandung vitamin dan nutrisi lainnya, mbak Ai...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang enak lagi dijadiin lalapan pak, tapi jengkolnya yang masih muda, cobain deh makannya nasi liwet plus sambel terasi :)

      Delete
    2. aku juga pernah makan liwet jengkol muda plus sambal, baunya itu lho nempel ga mau ilang hehe..

      Delete
    3. bau itulah yang menjadikannya tambah sekseih

      Delete
  4. untuk ngilangin bau jengkol, makan petai...:)

    kalo sudah disemur...hmmm sedap, wc juga sedaaapp

    ReplyDelete
  5. Baladonya bikin gimana gitu :)

    ReplyDelete
  6. wah banyak juga manfaatnya teh
    tp saya belum pernah makan jengkol nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas yan belon pernah makan jengkol..? percaya ga, percaya ga, percaya.. ngga hehe

      Delete
    2. padahal pas ketemu bau jengkol

      Delete
    3. sstt...jangan buka rahasia sam

      Delete
  7. Khasiatnya bejibun. Pantes harganya mahal ya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga terlalu bejibun sih, cuma ada.. kalo harganya sangat menyimpang ya..

      Delete
  8. alhamdulillah ternyata ada khasiatnya :)

    ReplyDelete
  9. wah banyak juga ya teh manfaat jengkol buat kesehatan, tapi kadang harganya itu lho mahal banget malahan harga daging aja kalah sama harga jengkol :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di daerah saya mas.. sekilo hanya 8 ribu mas... murah kan mas... :) mau pesan sama saya apa kagak ne mas..??? hehe

      Delete
    2. sekarang mungkin harganya turun lagi, tapi ternyata mas ehwan juragan jengkol juga toh hehe

      Delete
    3. bukan juragan jengkol saja mbak.. tapi juragan petai juga... di jual di jual

      Delete
    4. tuh keluar status aslinya haha..

      Delete
  10. walaupun jengkol itu menciptakan aroma yang tidak sedap tapi manfaatnya itu sangat bermanfaat sekali...

    saya suka mbak makan jengkol.. di buatin dong mbak... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya aroma yang tidak sedap itu yang bermanfaat mas Jailani.!

      Delete
    2. aromanya bermanfaat buat jailin orang hehe..

      Delete
    3. jnagn jailin sy loh ya ,,,,

      Delete
    4. haha.. iya kah.... berarti bisa dong saya jailin mas fiu dengan aroma jengkol itu.. wussss haaaaaa

      Delete
  11. sampai-sampai jengkol juga banyak manfaatnya, tahunya cuma memabukkan saja karena baunya, bau mulut + bau dikamar mandi.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebetulnya bukan manfaatnya saja vy, tapi nambahin selera makan, sok coba aja ku devy *maksa* hehe

      Delete
    2. jagn coba devy ,,,, gak ok rasanya ,,,hehehe

      Delete
    3. ayo kita kemana mbak devy,,,cari restoran yg ada menu jengkolny

      Delete
    4. Permisi Om..! mau ke atas..!

      Teh Cantik..!.. tolong Teh..!,
      ada om2 jail noh..!, biru kotak2.,


      Hi Vy..!,. ..

      Delete
    5. hissss ,,,,, jangn ajak2 devy makan jengkol loh yah ,,,, :D :P

      Delete
    6. ehhhhh ,,,,, aws tadz ,,, ntr gak bisa nympe rumah loh pulngnya ,,,,,xixixixixixi :P

      Delete
    7. hahayy,,_
      kalau ada teh devy kogk bawaannya pada ributd mulu yee.
      untung aja gada kang yanto cungkup ama mas EM.
      pasti tambah rame dch..,
      xixixixi

      Delete
  12. Ini dia Favorite Saya mbak... Jengkol, di sambal atau di rendang. rasane, Uenak Tenannn... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tul mas kalo direndang atau dibalado kita bisa ngilangin sedikit baunya ya..

      Delete
  13. beuhh jengkol mah kesukaan abah hehe.. sangat bermanfa'at arikel Jengkol Untuk Kesehatan. terima kasih bu atas infona

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti abah bantenmah doyan jengki hehe nuhun nya bah..

      Delete
  14. Gak sangka yah ternyata Teh Santika hoby juga sama makanan Neng jengkol hehehe, bagi2 dong teh jengkolnya, apalagi yg disemur hihihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu dikarawang aku belinya bijian pak guru.. mahal banget..

      Delete
  15. saya kenal jengkol di bogor awalnya ga suka tapi sekarang kok suka ya... kadang kadang yang masak jengkol juga ikut suka .. kenapa ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah hebatnya jengkol, sekali nyoba ketagihan deh.. cuma suka malu malu hehe..

      Delete
  16. kangen jengkolnya...wah masih ada, hmm

    ReplyDelete
  17. duh jengkol mbak? terserah kandungan nya tinggi nya seberapa yang jelas saya nggak doyaaan....... hehehe

    ReplyDelete
  18. jengkol memang kaya akan vitamin, protein dan berbagai khasiat...namun salah satu efek dari jengkol saat usai mengkonsumsinya yang menimbulkan bau tak sedap pada mulut..itu yg membuat orang-orang enggan mengkonsumsinya.....keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  19. Dampak mengkonsumsi Jengkol salah satunya adalah aroma yang tidak sedap yang berasal dari Urine. Benar sekali yang ditulis di sini. Saya sendiri fans Jengkol namun demikian kendala aroma URINE bisa saya atasi di rumah. Setidaknya tidak buang (maaf) urine di wc rumah. Kecuali wc di luar aja hihiihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya mas asep kalau udah makan yang bau bau biasakan ke wc orang biar serempak hehe

      Delete
  20. Aseeeek ada pembahasan seputar jengkol nih hihi dan banyak juga manfaat dari jengkol ini yg aku tau jengkol itu enak aja kalau di makan apalagi kalau di masak bumbu balado wuenak tenan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihh ternyata mba wida jengkol mania...

      Delete
    2. Hahaha ngga juga mas makan jengkol hanya sekali-sekali saja itu juga kalau lagi pengen :D

      Delete
    3. ai jangan malu malu dong, ga mengurangi kecantikanmu juga kan hehe

      Delete
    4. Mba Ai Wida dan Mba Santika Fadilah cakep dan cantik. Tidak diragukan lagi. Sudah sah sah sah cantik dan cakepnya

      Hidup Jengkol. laaaaaaaaa
      *abaikan

      Delete
  21. kelihatannya sedep baget ya mbak semur jengkol nya, tapi bisa bikin bau tak sedap hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata orang tua2 sih kalo habis makan jengkol biar bau tidak sedapnya hilang, makan beras mba xixixi... 6 atau 7 butir beras dimaem, katanya lho ini mah...

      Delete
    2. nah itu lho mba kata mas eka ada sarannya.. tapi biasakan sertakan mentimun supaya bau mulutnya dapat diredam

      Delete
  22. waduh manfaatnya banyak juga ya.. terakhir kali makan jengkol gara-gara kena tipu, saya kira kentang ternyata jengkol... hehe

    ReplyDelete
  23. banyak juga ya manfaat jengkol tapi sayang saya engga suka jengkol :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba ipah mesti rasain kedahsyatannya hehe..

      Delete
    2. hmm engga pede dengan baunya mba santika :(

      Delete
  24. Terternyata jengkol ada manfaaatnya ya....

    ReplyDelete
  25. wahhh kerennn ternyata makanan Favorit saya ini banyak sekali manfaatnya yah untuk kesehaatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makasih mas, tapi dah makan jengkol gosok gig yah..

      Delete
    2. nggak mau langsung ngobrol aja ma mbak santika biar seru wkwk

      Delete
  26. Waahhh makanan kesukaan nih teh.. Ternyata banyak manfaatnya karena Tuhan itu kreatif yaa teh. Oiyaa, minta follback boleh nggak?

    ReplyDelete
  27. meskipun bisa membuat bau yang kurang sedap seperti bau mulut atau bau yang lainnya tapi kalau jengkolnya sudah dimasak dengan bumbu-bumbu resep nusantara, saya tidak akan menolak apalagi kalau disemur serasa makan keju kenyal tapi enak..heheheh thx mbak atas sharingnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini komentar pas banget sebagai penyuka jengki.. trims ya

      Delete
  28. Baunya itu lo mbak yang bikin kagak nahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagi yang suka aja mas, kalao ga suka harus dipaksain hihi

      Delete
  29. saya kok lebih suka makan pete daripada jengkol, soalnya kalau jengkol itu bau nya fantasis banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata mang lembu baunya itu yang bikin seksieh hehe..

      Delete
    2. Hahahah malah kata kawan saya makan 1 biji Jengkol itu BAU nya sama dengan makan sepiring

      Delete
    3. haha betul mas asep makan satu nanggung

      Delete
  30. saya suka jengkol, hahaha sini kriim kebatam

    ReplyDelete
  31. apa jengkol bisa jadi obat pencegah bau mulut? :v

    ReplyDelete
  32. memang jengkol ini enak banget teh, itu hidangannya saya boleh minta teh?hehe

    ReplyDelete
  33. kenyal dan pedas....sedep banget buat hidangan lebaran

    ReplyDelete
  34. Bau urin dan bau mulut itu yang tidak nguatain, Aku pribadi secara tegas sangat tidak menolak makanan jengkol, apalagi jika gratisan pasti tidak ada yang tersisa.

    ReplyDelete
  35. Gak suka jengkol aku karena baunya itu lho :D

    ReplyDelete
  36. aku pecinta jengkol,tapi baru tau sekarang manfaatnya,terima kasih mbak.
    tapi kalo kbnyakan makan jengkol,katanya bahayakan mbak,susah buang air kecil -_-

    ReplyDelete
  37. dulu temenku jengkolan karena overdosis makan nya,sampe kencing pun susah.

    ReplyDelete