Manfaat dan Khasiat Buah Duku Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Buah Duku Untuk Kesehatan. Buah duku bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Buah duku (Lansium domesticum Corr) berasal dari tanaman berkayu yang hidup menahun. Pohon ini berasal dari Indonesia. Sedangkan sebagian lain mengatakan duku berasal dari Asia Tenggara ke barat, dari Teluk Thailand di sebelah barat sampai Kalimantan di sebelah timur. Buah ini sekarang tersebar luas hampir di seluruh Asia.

Di Indonesia, buah pusat duku tersebar luas di Sumatera dan Jawa. Jenis yang banyak dibudidayakan mulai dari langsat, kokosan dari varietas Komering, Metesih, Condet dan Kalikajar. Buah duku dapat berkembang di iklim basah dengan curah hujan tinggi. Tanaman ini pada umumnya termasuk buah-buahan musiman berbuah hanya sekali setahun, tetapi tergantung pada jenis buahnya, pada umumnya buah akan muncul pada awal musim hujan
Kandungan Buah Duku
Dilihat dari komposisi nutrisi, buah duku tidak terlalu mengecewakan. Setiap 100 gram buah duku kalori yang terkandung 70 kal, 1,0 g protein, 0,2 g lemak, 13 g karbohidrat, 0,7 g mineral, 18 mg kalsium, fosfor 9 mg dan 0,9 mg zat besi. Untuk tingkat kandungan kalori, mineral dan duku besi lebih tinggi dari apel atau jeruk.

Khasiat Buah Duku
Duku Buah memiliki banyak serat yang benar-benar bagus untuk usus membantu mencegah kanker usus besar dan memberi pertumbuhan bakteri probiotik atau bakteri baik dalam usus.

Kulit serta biji buah duku mampu mengobati diare. Sedangkan benihnya bisa dibuat menjadi pasta dapat digunakan untuk mengobati parasit usus, dan juga dapat mengurangi demam karena flu. Buah duku memiliki jumlah protein yang baik, banyak karbohidrat, hampir tidak ada lemak. Mengandung  mineral, banyak kalsium dan fosfor untuk tulang yang kuat, besi untuk anemia, dan banyak serat.

Buah duku mengandung banyak antioksidan dalam bentuk vitamin A, B, C, dan E membantu untuk menyingkirkan radikal bebas sehingga membantu mencegah penyakit kardiovaskular, stroke, dan kanker.

Kulit Buah Duku dapat dikeringkan dan dibakar untuk mengusir nyamuk dan membakar sebagaimana obat nyamuk bakar, kulit duku bekerja dengan baik untuk mengobati gigitan serangga dan juga sengatan.

Anda bisa mendapatkan manfaat dari buah duku jika rutin mengkonsumsi. Semua buah memiliki khasiat yang baik, termasuk  buah duku. Sediakanlah buah duku untuk makanan harian anda

You Might Also Like:

Disqus Comments