Manfaat dan Khasiat Buah Duku Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Buah Duku Untuk Kesehatan. Buah duku bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Buah duku (Lansium domesticum Corr) berasal dari tanaman berkayu yang hidup menahun. Pohon ini berasal dari Indonesia. Sedangkan sebagian lain mengatakan duku berasal dari Asia Tenggara ke barat, dari Teluk Thailand di sebelah barat sampai Kalimantan di sebelah timur. Buah ini sekarang tersebar luas hampir di seluruh Asia.

Di Indonesia, buah pusat duku tersebar luas di Sumatera dan Jawa. Jenis yang banyak dibudidayakan mulai dari langsat, kokosan dari varietas Komering, Metesih, Condet dan Kalikajar. Buah duku dapat berkembang di iklim basah dengan curah hujan tinggi. Tanaman ini pada umumnya termasuk buah-buahan musiman berbuah hanya sekali setahun, tetapi tergantung pada jenis buahnya, pada umumnya buah akan muncul pada awal musim hujan
Kandungan Buah Duku
Dilihat dari komposisi nutrisi, buah duku tidak terlalu mengecewakan. Setiap 100 gram buah duku kalori yang terkandung 70 kal, 1,0 g protein, 0,2 g lemak, 13 g karbohidrat, 0,7 g mineral, 18 mg kalsium, fosfor 9 mg dan 0,9 mg zat besi. Untuk tingkat kandungan kalori, mineral dan duku besi lebih tinggi dari apel atau jeruk.

Khasiat Buah Duku
Duku Buah memiliki banyak serat yang benar-benar bagus untuk usus membantu mencegah kanker usus besar dan memberi pertumbuhan bakteri probiotik atau bakteri baik dalam usus.

Kulit serta biji buah duku mampu mengobati diare. Sedangkan benihnya bisa dibuat menjadi pasta dapat digunakan untuk mengobati parasit usus, dan juga dapat mengurangi demam karena flu. Buah duku memiliki jumlah protein yang baik, banyak karbohidrat, hampir tidak ada lemak. Mengandung  mineral, banyak kalsium dan fosfor untuk tulang yang kuat, besi untuk anemia, dan banyak serat.

Buah duku mengandung banyak antioksidan dalam bentuk vitamin A, B, C, dan E membantu untuk menyingkirkan radikal bebas sehingga membantu mencegah penyakit kardiovaskular, stroke, dan kanker.

Kulit Buah Duku dapat dikeringkan dan dibakar untuk mengusir nyamuk dan membakar sebagaimana obat nyamuk bakar, kulit duku bekerja dengan baik untuk mengobati gigitan serangga dan juga sengatan.

Anda bisa mendapatkan manfaat dari buah duku jika rutin mengkonsumsi. Semua buah memiliki khasiat yang baik, termasuk  buah duku. Sediakanlah buah duku untuk makanan harian anda

Subscribe to receive free email updates:

98 Responses to "Manfaat dan Khasiat Buah Duku Untuk Kesehatan"

  1. Selamat pagi Teh Santika numpang duduk disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo kang saud.. aku juga baru nemu laptop langsung posting hehe...

      Delete
    2. Terima kasih Teh sudah menyediakan waktu dan tempat untuk saling berbagi. Dan terima kasih atas parcel pertamxnya. buah duku nya sangat menggiurkan terlihat masih di pohonya ya Teh?

      Delete
    3. boleh sy temani duduk mas saud ?

      Delete
    4. buah duku dari jaman nenek moyang mah sangat di segani banget, bahkan pada jaman Belanda mah di jadikan nama tempat di Jakarta mah kan...ada Dukuh atas,, Dukuh bawah, dan Dukuh pelet)baca : dukun pelet)...:D

      Delete
    5. serius baru lihat pohon duku itu buahnya ada dibatang,

      Delete
    6. Masa sih mbak, bukannya mbak itu dari Jawa Barat kan? Kalo di daerah Jawa Tengah memang buah duku nie jarang bahkan mungkin gak ada kali, soalnya di daerah istri saya juga gak ada tapi kalo di daerah saya mah bejibun mbak :D

      Delete
    7. Silahkan Mas Fiu, kita sama saja menyimak manfaat buah Duku Suguhanya Teh Santika ini :) Mang Lembu obat nya gak kebawa kaya nya Teh? hhh

      Delete
    8. Emang Mas Marnes dari mana? koq gak di sebutin asal Mas dengan Buah duku itu..?

      Delete
    9. makan duku, minumnya kopi cocok nggak yah..

      Delete
    10. numpang makan buah dukunya ya mbak...

      Delete
  2. Sangat lebat sekali yah Teh buah Duku nya tuh di pohonya,, sepertinya tahun ini panen duku berhasil nih. selain enak buah duku itu bisa bermanfaat mencegah penyakit stroke, dan kanker. ya Teh Luar Biasa manfaatnya ya *salam ceria :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, pohon duku langsat punya orang hehe, salam ceria lagi mas

      Delete
    2. Saya kirain tuh pohon duku punya teh Santi. Ga jadi deh minta dukunya

      Delete
    3. aku juga lagi nonton panen duku belum kebagian hehe..

      Delete
    4. Kalau Teh Santika mau Buah Dukunya nanti saya taekin deh pohonya..eehh tapi dimarahin gak punya orang Pohon dukunya hhhh :D

      Delete
  3. dikupas tuntas .khasiat buah duku inih Ya Teh Cantik..Ah..!, nda ada yg tersisah..!,


    ReplyDelete
    Replies
    1. ada tuh sisa kulinya ,,,, :P

      Delete
    2. Teeeeeeeeh...!...Tolooooooong....!

      ada mahluk asiiiiiiiing..!, blomp pernah liaaaaaaaat//

      Tolooong...Teh..!

      dia mengaku sebagai seorang kuli....!..cepat Teeeeeeeh..!

      Delete
    3. hahaha ngakak saya bacanya :v

      Delete
    4. padahal sesama makhluk asing tidak boleh berantem.. ya kan mas ainnul

      Delete
    5. huaaaaaaaaaaaa..... maklum mw bilang sndri mas aldino teh malu ,,,,

      Delete
    6. hahaha ada ada aja gllek. Mahluk Asing apa mahluk astral coba..? Mendingan makan buah Duku noh Teh Santika sudah nyiapin. buat saya Teh..?

      Delete
  4. suka sama buahnya. tapi baru liat pohonnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih.. ga percaya ah.. aku juga baru tau liat di gambar

      Delete
    2. ya wajar teh Mas Budi mah orang kota taunya buahnya doang, beda ama saya orang desa hehehe...

      Delete
  5. wah ini buah kesukaan saya, enak sekali, ternyata selain enak banyak juga manfaatnya, terimakasih buat infonya mbak

    ReplyDelete
  6. wah semua ada manfaatnya yateh
    mulai kulit,isi apalagi buahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, mas yanto juga kalo traktir duku pasti bermanfaat hehe

      Delete
  7. Biarpun buahnya kecil tapi besar manfaat dan khasiatnya ya teh

    ReplyDelete
  8. Buah duku ini adalah salah satu buah kesukaan saya mbak karena rasa iu lhoo yang asem asem gimana gitu :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu mah jangan pilih yang asem, yang manis juga banyak..

      Delete
    2. yang asem banget mah tuh sodaranya si buah duku: pisitan, amaricin, kokosan hehehe....

      Delete
    3. nah itu nama sodaranya ya.. makasih

      Delete
  9. Kalau liat buah duku seperti yang ada di gambar itu serasa ingin memetik dan langsung makan di tempat, lebat banget sih bikin ngiler :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sok lah ai saya traktir tapi panjat sendiri hihi..

      Delete
    2. Panjat sendiri asal pohonnya ngga tinggi iya mbak santika ;D

      Delete
  10. ternyata buah duku kaya manfaat dan khasiat ya mba santika :)

    ReplyDelete
  11. berarti semua dari buah duku dapat dimanfaatkan untuk kesehatan ya mbk, tapi sayang ditempat saya jarang ditemukan. hehee

    ReplyDelete
  12. jadi ternyata bijinya juga ada manfaatnya ya mbak?? mampu mengobati diare.??

    ReplyDelete
  13. kalo makan duku susah buat berhenti. pinginnya terus n teruss :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena memang enak mbak susi, tetapi jangan salah pilih ya, ntar dapet yang asem, pasti gak enak, makannya sambil merem-merem, hehe..

      kayaknya teh santika ini sudah punya apotik herbal neh, secara gamblang selalu menjelaskan manfaat dan kegunaan dari berbagai jenis buah-buahan bagi kesehatan.

      Delete
    2. masih tetep lebih mempesona tutorialnya mba devi, tanyain sama mba susi dan mas al tul kan..

      Delete
    3. semua betul Teh..!, semua jg memiliki ciri khas trtentu..seperti blog Tteh inih..!, tp jujur Teh..!, benar yg dikatakan Mba Devy,..

      Delete
    4. Saya manggut aja deh, biar dpt kiriman duku sekilo dari mbak San :)

      Delete
  14. Baru tau manfaatnya buah duku...
    Udah enak, banyak manfaatnya lagi.
    Oh ya, ini kunjungan perdana saya ya.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya dah berkunjung kemari..

      Delete
    2. benar mas, banyak banget manfaatnya, ndak salah kalau saya juga suka duku :D

      Delete
    3. Manfaat buah duku di tempatku yang paling besar adalah membantu menopang perekonomian Keluarga.

      Delete
  15. Saya suka mengkonsumsi buah duku namun selama ini belum tahu apa kandungan dan manfaatnya. Yang tahunya, habis makan duku perut terasa kenyang. Ternyata karena mengandung kalori dan nutrisi lainnya. Terima kasih atas sharing artikel ini, mbak Santi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bang uda suka merendah deh.. makasih juga ya bang dan mohon panduannya..

      Delete
  16. Nggak suka buah duku tehh, suka nya buah.... Ekhm buah melon hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah kamu itu dikasih duku pengen melon, dikasih melon pengen apel, jadi maunya buah apa..? wkwkwk..

      Delete
    2. kasih aja buah berenuk teh :D

      Delete
  17. Replies
    1. boleh mas, satu kantong sepuluh ribu hihi..

      Delete
    2. jangan keras keras teriaknya malu xixi..

      Delete
    3. Hari ini harusnya gratis dong mbak, besok baru boleh bayar hehe

      Delete
  18. iyya benar memang byk manfaat dari buah duku inih.. !

    sy hapal benar berapa diameter garis tengah duku..sampai-sampai warna kulit serta isinya dpat juga sy tebak pabila buah sudah jelek.. tapi kebanyakan dari kita belum tau lebih jauh, bahwa buah duku ada manfaat lainnya, selain yang Teh Cantik..Ah..! uraikan di atas.. mungkin dalam dua hari ke depan sy akan mmpublish khusus lanjutan dari artikel ini.. terimah kasih atas inspirasinya Ya Teh..!

    Teh Cantik..Ah..!

    Buah duku inikan yang biasa anak sekolah pake kalau sedang menulis PR kan Teh..?, atau biasa juga.. isinya di pake buat bikin kapal-kapalan kan Teh.?
    Tul kan Teh..!

    Teteh..Btul Kan..?..Jawab donq Teh..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya mas al lebih faham deh tentang isi kandungan buah duku dan variannya, sampai ukuran garis dan diameter bulatan yang jadi patokan kualitas duku itu sendiri ngerti, jempol buat mas al, ditunggu publishannya ya..

      saya suka bingung deh kalo dikasih teka teki dari mas al hehe.. apa ya yang dijadikan kapal kapalan dari duku..? duku santet sama duku beranak ya wkwkwk..

      Delete
  19. Wah banyak juga ya mbak manfaatnya, sayangnya musim buah duku nie kalo gak salah cuma setahun sekali doang berbeda dengan buah mangga yang sering musimnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang marnes, walaupun sekali setahun tapi tiap panen para petani untung besar

      Delete
  20. Kunjungan Ronda malam Teh Santika simak sambil santey makan
    Buah Duku, cuaca rada panas seger juga makan buah duku itu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kang saud yang selalu berkunjung, jadi malu penghuni rumah lagi tidur pulas hehe

      Delete
  21. sebelumnya saya mau bertanya, apakah berbeda buah duku dengan langsat? karena di beberapa masyarakat ada yang mengatakan kalau buah duku berbeda dengan langsat. kalau langsat memang banyak ditempat saya, dan kebetulan juga biasanya di ekstrak menjadi minuman buah dan sebagian dikalengkan. saya juga pernah ikut usaha ini untuk menambah uang belanja. mengenai fungsi, yang jelas bisa membuat badan segar ketika beraktifitas dan ada yang mengatakan buahnya bisa diekstrak untuk menghaluskan kulit muka. terimakasih atas pencerahannya. salam sahabat blogger dan mahesa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang saya ketahui meskipun namanya berbeda, sebetulnya buah duku dan buah langsat berada dalam satu jenis buah yang sama Lansium domesticum cuma beda varietas saja Langsat adalah bagian dari duku,

      Duku, langsat dan kokosan kebanyakan orang menyebutnya buah Duku, namun sebenarnya duku berbeda dengan Langsat maupun Kokosan. namun ketiganya anggota suku Meliaceae. sebagian ahli memisah-misahkannya ke dalam jenis-jenis (spesies) yang berlainan.

      Duku umumnya memiliki pohon yang besar, padat oleh dedaunan sedikit buah. Butiran buahnya besar, cenderung bulat, umumnya berbiji kecil dan berdaging tebal, manis atau masam, dan berbau harum.

      Buah langsat berkulit tipis dan selalu bergetah (putih) sekalipun telah masak. daging buahnya banyak berair, rasanya asam manis juga segar,
      (Ir Heru prihmantoro (IPB 1989) ahli hama dan tumbuhan, dan dari berbagai sumber) mbah mungkin lebih mengetahui karena ikut budidaya buah langsat

      hanya itu yang saya ketahui, mohon maaf jika banyak kekurangan

      Delete
    2. oh jadi masih satu keluarga toh mbak.....itulah mbak, taunya cuma makan aja. memang rasanya juga gak bisa bohon dengan keenakannya. ok makasih atas pencerahannya. salam sahabat blogger.

      Delete
    3. oh, masih saudara ternyata buah duku dengan langsat

      Delete
  22. Wah wah wah kecamatan tempat tinggal saya di sebut juga.tapi memang kenyatanya duku dari matesih unggul dibanding yang dari daerah lainnya, itu karena pettani duku di matesih memperlakukan tanaman duku sangat istimewa.bedadengan di daerah lain dimana pohon duku minim perawatan, penting di panen buahnya saja.

    ReplyDelete
  23. jadi pengen nanam pohon duku stelah liat pohonnya kayak gitu waktu berbuah... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal tanam aja mas mumpung banyak petani duku disini.. tapi kayaknya mas ustadz ini maunya makannya doank hehe

      Delete
    2. Nanam pohon duku itu nanam untuk anak cucu masalahnya lama banget tumbuh pohon duku sampai berbuahnya dari tumbuh sampai berbuah bisa makan waktu 30 tahun bahkan lebih untuk pembibitan secara generatif biasa(kecuali dengan rekayasa fegetatif, cangkok, stek dan semacamnya misalnya)

      Delete
    3. mending langsung metik dipasar ..

      Delete
    4. taunya mas wong pasar mlulu hehe..

      Delete
  24. Kunjungan Pagi Teh Santika. Kembali nikmatin manis nya buah duku segar. Saya pesen 1 kilo aja buat nanti siang mau konser Band di Karawang biar gak ngantuk makan buah duku deh Teh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 kilo nggak cukup mas buat semua kru :)
      sekarung

      Delete
    2. kang KARRYST mau menikmati manisnya buah duku apa menikmati manisnya ............heuheu

      Delete
  25. nunggu musimnya, tinggal panen..
    panennya di pasar :)

    asli demen banget buah duku ini

    ReplyDelete
  26. berarti pohon duku sekarang mulai berbunga dong,kan sekarang awal musim hijan hehe
    BTW yang namanya buah duku ini yang paling dikenal adalah duku Palembang,rasanya manis bentuknya bulat besar dan kulitnya cenderung putih,,,bagi atuh TEH sakilo we kintunkeun ka Garut heuheuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya allah kang de dukunya moal dikintunkeun hehe..

      Delete
  27. saya suka memakan buah duku tapi saya baru tau nih khasiat buah duku mbak.. dan vitaminnya pun berurutan mbak dari A, B, C, dan E..

    ReplyDelete
  28. banyak sekali buah yang bisa mengobati kanker termasuk buah duku ini
    ternyata kulit dan bijinya bermanfaat juga, bagi buah duku nya satu dong teh :)

    ReplyDelete
  29. Ikutan mbak Santika ya,saya pecinta duku dari Bali... duku yg ada di Bali umumnya kurang manis, tetapi sy biasanya beli duku palembang atau dari jawa tengah yg di jual di toko, sy bisa makan duku sambil nonton tv 2-3 kg semalam dan pernah sampai 5 kg, tetapi gak pernah ada masalah dalam perut saya...mau tanya nih sama mbak Santika, kira2 bermasalah gak usus saya dg makan seperti itu..? tks.

    ReplyDelete