Manfaat Khasiat Nanas untuk Kesehatan

Manfaat Khasiat Nanas untuk Kesehatan. Nanas berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay, Ananas comosus (L.) Merr adalah sejenis tumbuhan tropis termasuk dalam Famili Bromeliaceae atau nanas nanasan, Indonesia adalah salah satu negara yang sangat baik dalam membudidayakan pohon nanas, Tercatat lampung dan jawa barat adalah budidaya terbaik untuk pohon nanas, Nanas Madu contohnya adalah nanas yang paling mahal yang bisa diproduksi di Subang Jawabarat.

Baca juga : Khasiat Buah Nangka untuk Kesehatan dan Buah Durian yang Berkhasiat

Manfaat Khasiat Nanas untuk Kesehatan

Dilengkapi dengan Vitamin dan Mineral

Nanas yang sarat dengan vitamin dan mineral terdiri dari vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, dan kalium. Nanas juga kaya serat dan kalori rendah lemak dan kolesterol. Semua nutrisi yang dikandungnya memberikan kesehatan yang baik.

Mencegah Batuk dan Pilek

Karena nanas kaya akan vitamin C, dapat melawan virus yang menyebabkan batuk dan pilek. Bahkan ketika sudah terinfeksi dengan penyakit tersebut, nanas dapat membantu mengurangi penyakitnya. Bromelain, sangat efektif dalam menekan batuk dan melonggarkan lendir.

Memperkuat Tulang
Nanas sangatlah populer karena kemampuannya untuk membangun dan mempertahankan tulang yang kuat. Buah ini merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membangun tulang dan jaringannya, jika mengkonsumsi secangkir nanas, dapat memberikan 73 persen dari total kebutuhan tubuh.

Meningkatkan Gula Darah

Penderita kadar gula rendahpun bisa sangat baik mengkonsumsi buah nanas ini karena buah ini mengandung kadar gula yang cukup tinggi.

Mencegah Kanker dan Radikal Bebas

Vitamin A dan C yang terkandung dalam buah nanas sangat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas penyebab berbagai penyakit ditubuh termasuk kanker. Jika mengkonsumsi buah nanas secara rutin maka kekebalan tubuh  akan semakin meningkat.

Mengempukan Daging

Bagi anda yang menyukai sate ataupun daging empuk daun nanas ini sangatlah berguna, caranya rendamlah daging hanya beberapa menit  dengan daun nanas sebelum disate atau direndang, maka sate atau rendang yang anda buat sangatlah empuk.

Menyembuhkan Luka 

Enzim Bromelain dapat mempercepat proses penyembuhan luka, mengurangi peradangan dan pembengkakan dalam tubuh. Untuk itu, sangatlah dianjurkan bagi pasien yang akan atau telah menjalani operasi  untuk mengonsumsi buah nanas.

Perlu anda ketahui

Nanas muda bisa berpotensi sebagai abortivum atau obat penggugur kandungan, karena itu nanas bisa dijadikan obat memperlancar haid, untuk wanita hamil mengkonsumsi nanas sangatlah dibatasi

Penderita diabetes sebaiknya mengurangi konsumsi nanas karena kadar gula pada nanas yang masak sangatlah tinggi

Buah nanas bisa memicu reumatik karena buah ini terfermentasi menjadi alkohol dan bisa memicu kekambuhan reumatik, penderita reumatik dan radang sendi sebaiknya mengurangi konsumsi nanas


Disqus Comments