Manfaat Khasiat Mentimun bagi Kesehatan

Manfaat Khasiat Mentimun bagi Kesehatan. Mentimun milik keluarga tanaman  (Cucurbitaceae). Seperti semangka, mentimun terdiri dari sebagian besar air (95 persen) dengan vitamin K, vitamin B, tembaga, kalium, vitamin C, dan mangan, mentimun dapat membantu anda dari kekurangan gizi, mentimun mengandung polifenol yang unik dan senyawa lain yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis dan masih banyak lagi.

Mentimun bukanlah sebagai obat khusus yang ampuh untuk penyakit tertentu, tetapi kandungan mentimun memiliki  serat dan vitamin yang  cukup banyak, menjadikan mentimun sebagai cara aman untuk konsumsi kesehatan anda.

Anda bisa baca
Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan


Manfaat Khasiat Mentimun bagi Kesehatan


Melindungi Otak 
Mentimun mengandung flavonol yang disebut fisetin anti-inflamasi yang tampaknya memainkan peran penting dalam kesehatan otak. Selain meningkatkan memori Anda dan melindungi sel-sel saraf dari penurunan yang berkaitan dengan usia.

Properti Antioksidan
Ketimun juga mengandung  antioksidan, termasuk vitamin C yang terkenal dan beta-karoten. Juga mengandung flavonoid antioksidan, seperti quercetin, apigenin, luteolin, dan kaempferol, yang memberikan manfaat tambahan.

Menyegarkan Nafas 
Menempatkan irisan mentimun pada langit-langit mulut anda dapat membantu untuk membersihkan mulut Anda dari bakteri penyebab bau. Menurut prinsip-prinsip Ayurveda, makan mentimun juga dapat membantu untuk melepaskan kelebihan panas dalam perut.

Kelola Stres
Ketimun mengandung beberapa vitamin B, termasuk vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B7 (biotin). Vitamin B dikenal untuk membantu meringankan perasaan cemas dan beberapa efek perusak dari stres.

Menyehatan Pencernaan 
Mentimun yang kaya dua elemen (air dan serat) yang paling dasar yang diperlukan untuk pencernaan yang sehat, Jika anda berjuang dengan refluks asam, anda harus tahu bahwa air minum dapat membantu menekan gejala akut refluks asam dengan menaikkan sementara pH lambung, mungkin mentimun yang kaya akan air  memiliki efek yang sama.

Menjaga Berat Badan  
Mentimun sangat rendah kalori, bisa dibuat cemilan pengisi (satu cangkir irisan mentimun hanya mengandung 16 kalori) serat larut dalam mentimun larut ke tekstur seperti gel dalam usus Anda, membantu untuk memperlambat pencernaan Anda.

Kesehatan Jantung
Mentimun mengandung kalium, yang berhubungan dengan tingkat tekanan darah yang lebih rendah. keseimbangan kalium dalam maupun di luar sel-sel sangat penting bagi tubuh agar supaya berfungsi dengan baik.

Perawatan Kecantikan
Ketimun dapat mengangkat kotoran dari pori pori dan anda bisa menjadikan mentimun sebagai masker, juga dengan asam askorbat mentimun mengangkat kotoran pada selaput kantung mata.

Subscribe to receive free email updates:

77 Responses to "Manfaat Khasiat Mentimun bagi Kesehatan"

  1. saya sering banget mengkonsumi buah timun ini ternyata manfaatnya sangat banyak juga mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada manfaatnya walo ga banyak.. makasih..

      Delete
    2. betul mbak ehwansah...saya juga suka...kita sehati ternyata ya :D

      Delete
    3. Kalau mentimun yang Teh Santika posting ini jenisnya buat
      Yang di sayur ya Teh..? lalu Kalau mentimun yang dimakan
      Setelah matang dan rasanya agak manis itu mentimun jenis
      Apa Teh..? mohon pencerahanya ?

      Delete
    4. emangnya ada beberapa jenis mentimun gituh ya?
      saya pikir timun ya timun ajah, palingan juga ada timun suri, enak banget itu mah kalau di jadiin es campur..hemmmm

      Delete
    5. itu mentimun suri mas saud ,,,, :D

      Delete
    6. kalo ga salah mentimun jepun yang suka dikukus dan bijinya besar rasanya agak manis manis gituh, kalau timun suri khusus buat es ga bisa sama nasi, kalau yang diatas itu timun buah hehe

      Delete
    7. hadeuh..ci eneng mah masih keneh di suruh jadi kancil mencuri ketimun bae'ya :D

      Delete
  2. Kalau mentimunnya dicampur dengan makanan lain manfaatnya tetap ada atau bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dicampur bagusnya dibuat acar supaya rasanya enak..

      Delete
  3. tapi kalau darah rendah makan timun efeknya seperti apa ya Bu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pengidap darah rendah ato hipotensi, mengkonsumsi timun dlm jumlah sedikit tak jadi masalah, tapi kalo terlalu banyak dikhawatirkan kandungan fosfor, magnesium dalam timun memperlambat kerja jantung, sehingga darah yang beredar darah yang lama, bisa pingsan secara tiba tiba.. makasih

      Delete
    2. sy suka jawaban inih..!, tombol like manaaa Mba..!,

      Delete
    3. nih di sini nih kang...(sambil ngangkat lubang hidungku sendiri)..niiih.. di sini tombolnya kang...:D

      #kabuurrrr..

      Delete
  4. terus terang ya mbak, saya itu memang paling suuuukaaa banget yang namanya timun, apalagi untuk lalapan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibuat lalapan itu sangat baaaagus deh mas he.. makasih

      Delete
  5. Thanks tuk infonya, suka dengan Artikel seperti ini, sangat bermanfaat terlebih peruntukannya untuk kesehatan. Kandungan air dan serat dalam mentimun memang multi manfaat terkhusus untuk pencernaan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya mengingatkan saja mas, semoga juga artikelnya bermanfaat,, makasih atas kunjungannya..

      Delete
  6. kalau mentimun mah saya suka banget teh,apalagi diwaktu panas buat lalapan.
    mantap deh,apalagi ngelihat khasiatnya yg banyak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas yanto tau aja kalo timun itu cocok diudara panas.. sip..!

      Delete
    2. saya gitu loh teh,gkgkgk
      #sambil tepuk dada#

      Delete
    3. ih..ih..kang yanto jail juga yah?

      Delete
  7. dan untuk menetralisir zat racun, itu sebabnya kenapa setiap nasi goreng selalu di beri mentimun, betul gak teh..hehe

    katanya biar gak keracunan sama bekas wajan yang mungkin masih tertinggal zat sisa makanan yang gosong,

    ReplyDelete
    Replies
    1. analisis juga si Vy inih..jadi tambah....hacciuu..!

      Delete
    2. bener sekali nih mab devi, selain menetralisir toksin ditubuh juga menghambat kalori yang masuk secara berlebihan..

      Delete
  8. subhanallaah banyak sekali ya khasiat dan manfaat dari mentimuun...alhamdulillah saya sering makan ini... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah pak Ustadz, walau cuma timun tapi insya Allah ada khasiatnya.. semoga bermanfaat

      Delete
  9. padahal kalau tau dari dulu kalau ternyata mentimun bisa mengelola stres, tentu kulkas saya akan tak penuhi dengan mentimun...tiada yang lain kecuali Mentimun.

    hidup..mentimun :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lucu pisan kang lembu... hidup Timun, sekali timun tetap timun..

      Delete
    2. mang lembu modus kelas kakap nih .....hahahahahaha :P

      Delete
  10. saya suka sekali sama mentimun ini, apalagi jika di bikin karedok hmmm... mantap deh

    ReplyDelete
  11. Wah, selain rasanya segar, kaya manfaat rupanya. Thanks for sharing, ya :)

    ReplyDelete
  12. Mentimun yang nikmat untuk sayur juga buat lalapan
    Ternyata di balik itu ada manfaat lainya ya Teh Santika.
    Berarti mentimun bermanfaat buat tubuh kita ya Teh..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebetulnya timun itu baik, tapi bukanlah sebagai obat khusus penyembuh penyakit, cuma makanan yang aman dan tak berefek jika dikonsumsi

      Delete
  13. sayang sekali ya Mba Tika..manfaat khasiat mentimun nda ada ke penambah stamina pria.. tidak kayak sate kambing yg kemarin..yg sampai sekarang dagingnya masih nyangkut di gigi.. hiihiiihi..!,.

    .Kijang satu..Kijang satu..!, mentimun bagus untuk napas buatan..Over..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas aldi kan masih muda ga perlulah pakai suplemen penambah daya tubuh, percaya kok mas aldi orgnya kuat (tiap hari di SPBU) olah raga adalah suplemen alami untk tubuh, jgn lupa mentimun juga suka nempel di sela sela gigi lho.. disini kijang satu E'eh kok nafas buatan ya.. Over

      Delete
  14. banyak sekali ya manfaat dari mentimun, tapi sayangnya saya gasuka makan mentimun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga apa kalo ga suka, tapi mba ipah harus suka berkunjung kesini xixixi.. makasih yaa

      Delete
  15. Kalau mentimun mentas kata orang tua saya jangan dimakan jika
    Kita seorang Khori/ah Vocalis, karena getah nya yang menghambat
    Pita suara betul gak sih Teh begitu..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh kalo buat qira'ah kurang begitu tau kang saud takut salah, tapi kalo timun suri atau timun jepang dulu para qari pernah menyantapnya dan tak bermasalah.. gak tau kalo timun mentasmah..

      Delete
    2. waaaaaaaahhh ? sy makan mentimun tiap hari, suaranya ttp jreng kaya kaleng rombeng kok mas saud ,,,hehehehe :D

      Delete
    3. mas fiw bagus kok suaranya, cuma ga mirip afgan aja mas hehe..

      Delete
    4. hehehehee, ntr st tak belajar sama afgan ,,,biar suaranya juga mirip ,,,,, :D :P

      Delete
  16. Begitu banyak yang terkandung dalam buah ketimun, eh mentimun ding yang sangat bermanfaat untuk merawat kesehatan baik dari dalam maupun dari luar tubuh kita gitu ternyata. Saya tahunya ketimun itu komplitan pecel lele saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang pelengkap rasa pedagang pecel dan nasgor pasti menyediakan acar ketimun eh mentimun.. ding hehe..

      Delete
  17. Wah kemana nih Teh Santikanya ini, fans nya sudah pada
    Ngantri di artikel Mentimun ini. Teteh nya belum muncul juga nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. speedynya bermasalah kang saud maaf ya.. ini juga pake modem lelet banget

      Delete
  18. Wah baru tahu saya ternyata mentimun ini banyak sekali manfaatnya. :)

    ReplyDelete
  19. Kalau untuk perawatan kecantikan, saya terkadang merasa lucu kalau mentimun di tempelkan di mata mbak.. hehehehe.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hal ini memang yg mesti diluruskan mas, tapi kita tidak mesti dan tak berani menyalahkan apa yang sudah mereka yakini, makasih..

      Delete
  20. mkan tanpa mentimun bagi driku kayak da yg kurang ,,,,heheheh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kalo gule aja tanpa ada acar timun dan bawang ga lengkap ya..

      Delete
  21. wah kalau timun memang kesukaan saya, bisa bisa satu 2 kilo sehari abis, apalagi kalau dimakan dingin, di taruh kulkas dulu,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngeri juga ya.. selama tidak membahayakan tubuh tak jadi apa.. makasih ya kunjungannya..

      Delete
  22. Hmmm .. buah ktimun ini salah satu lalaban favorit saya mbak hehe kalo makan pake ini + sambell beuuhhh mantafff tapi baru sekarang saya tahu manfaatnya hihihi :D

    ReplyDelete
  23. Lebih afdhol ditambahkan sumber referensi bu, ini masukan aja.

    Makanya ga heran banyak orang yang memakannya karena manfaat itu tadi, termasuk saya sendiri. ^.^

    Datang ya ke blog saya, ada kata-kata. ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap pak.. pasti dilaksanakan.. langsung otw kesana ya makasih..

      Delete
  24. Aku suka makan mentimun tapi cuma buat lalapan aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. identiknya memang buat lalapan ya mba.. tapi suka dijadikan buat perwatan kulit juga..

      Delete
  25. ini barusan juga makan timun yg jadi lalapan nasi goreng teh.
    teh santika mau??

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan lalapan timun langsung datang kemari ya.. mau atuh...!!

      Delete
  26. Banyak juga ternyata manfaatnya ya mba, saya malah baru tau.
    Saya kira hanya untuk menurunkan tekanan darah saja heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dibaca mas, walau ga lengkap tapi lumayan mengingatkan..

      Delete
  27. khasiatnya banyak sekali,, saya pikir mentimun hanya sebagai lalapan biasa...

    ReplyDelete
  28. Kalau makan mentimun katanya sih suka banyak keputihan mbak hehe

    ReplyDelete
  29. Kebetuln sekali panas dalm ga sembuh dah minum vit c juga ternyata ini toh obatnya
    http://www.meubel-karya-jepara.com/

    ReplyDelete
  30. Dan saya baru tau klo timun combine kurma basah bisa buat gemukin badan. Belum nyoba sih. Heheh

    ReplyDelete