Buah alpukat berkhasiat untuk kesehatan

 Buah alpukat berkhasiat untuk kesehatan. Apokat atau yang lebih dikenal Alpukat adalah sejenis buah buahan yang paling ekonomis, bermanfaat dan banyak digemari, kenapa tidak. Buah-buahan dari amerika tengah ini sangatlah mudah dijumpai diseluruh negera tak terkecuali Indonesia, disamping rasanya enak untuk dijadikan hidangan meja, harganyapun relatif terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Tumbuhan yang dahannya bisa mencapai 20 m ini berwarna hijau  sampai ungu kecoklatan tergantung jenis variannya diperkenalkan oleh Martin Fernandez de Ensisco pada tahun 1519 di Erofa.

Kandungan buah alpukat
Alpukat biasa dijadikan hidangan meja, jus atau campuran minuman dingin yang segar, namun buah alpukat bukan hanya sebagai makanan, tetapi juga berkhasiat untuk kesehatan dikarenakan banyaknya vitamin, mineral dan protein yang mampu memberikan nutrisi bagi tubuh untuk melindungi dari berbagai macam penyakit.

Dalam buah Alpukat terdapat juga Vitamin B2, B3, kalium, Vitamin C, asam lemak omega, zat besi vitamin E, phospor dan zodium. Kandungan Antioksidan dalam alpukat cukup untuk membuang toksin (racun) dalam tubuh, juga senyawa beta-sitosterol mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Selain untuk pengobatan tradisonal biji alpukat juga bisa dijadikan bahan industri, sebagai pewarna pakaian yang tahan luntur, juga kulit pohon tanaman ini dijadikan pewarna cokelat pada produk bahan kulit.


Khasiat buah alpukat


Mengurangi tekanan darah
Zat potasium dan kalium yang terdapat dalam buah alpukat sangatlah baik untuk membantu mengontrol dan menurunkan alirah darah pada tubuh

Menurunkan kolesterol
Kolesterol LDL (kolesterol jahat) diketahui bisa diturunkan dengan mengkonsumsi buah ini disamping senyawa beta-sitesterol mampu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik).

Mengatur kadar gula
Kandungan serat buah ini mampu menjaga dan menstabilkan gula darah disamping lemak tak jenuh tunggal (mono-saturated)  mampu membalikan resistensi insulin, sehingga kontrol terhadap gula darah  sangat terbantu

Membantu mencegah peradangan
Ekstrak daun dan biji alpukat juga biasa dijadikan nutrisi untuk mencegah munculnya peradangan terlihat dari hasil penelitian dari tumbukan biji kering dari buah ini, disamping daunya mampu menjdikan peluruh kencing

Mencegah bayi lahir cacat
Jumlah asam folat yang terkandung dalam buah alpukat mencapai 23% mampu menghindari penyakit Sfina Bifida yang menyerang janin pada jaringan otak sumsum tulang belakang bayi yang dikandung

Memelihara kecantikan
Daging alpukat sendiri suka digunakan kaum perempuan untuk dijadikan alat kosmetik untuk memelihara kecantikan, seperti mengatasi keriput dengan asam amino, membersihkan kulit wajah, karena kaya akan vitamin A, dan juga sebagai pelembab.

Disqus Comments