Manfaat Lengkap Bangle untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Lengkap Bangle untuk Kesehatan dan Kecantikan. Tanaman bangle memang sejak dahulu disamping sangat bermanfaat untuk kesehatan juga secara turun temurun sering dijadikan minuman jamu untuk memulihkan kondisi tubuh yang telah letih sehabis bekerja berat.

Herba bangle yang konon katanya (mitos) sebagai makanan ular ini mempunyai nama ilmiah Zingiber purpureum roxb atau Zingiber cassumunar. Tumbuhan dari Asia ini mempunyai tinggi mencapai 1.2 hingga 1.8 meter. Rasanya yang pahit dan baunya yang sengak menyengat ternyata mempunyai beberapa nama di daerah Indonesia. Tercatat panglai (Sunda), bale (Makasar), bungle (Batak), mungle (Aceh), pandhiang (Madura), kunik bolai (Minang), dan unin makei (Ambon).

Adapun kandungan dalam tumbuhan bangle adalah lemak, mineral, asam organik, gula, damar, gom albuminoit dan damar. Bangle juga mengandung minyak asiri yang bersifat karminatif, antipiretik, analgesik, dan juga antiimplamasi seperti sineol, pinen, dan sesquerterpen yang kesemuanya itu dipercaya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Seperti :


Khasiat bangle untuk pengobatan


Borok yang sulit sembuh
Cuci hingga bersih 1 buah rimpang bangle, kulitnya di kupas. Parut hingga halus lalu balutkan serbuk bangle pada luka yang sakit dengan menggunakan kain bersih.

Obat kejang bagi anak
Ambil akar bangle secukupnya, lalu kunyah bersama dua butir cengkeh, setelah itu balurkan kunyahan bangle pada perut anak tersebut.

Memar dan luka karena pukulan
Tumbuk beberapa rimpang bangle hingga halus, lalu terapkan pada sakit atau luka akibat pukulan.

Hepatitis atau sakit kuning
Ambil rimpang bangle sekitar setengah jari, cuci lalu parut hingga halus. Seduh dengan air panas, biarkan beberapa saat. Peras dan saring, lalu minumkan pada sipenderita satu sendok setiap pagi dan sore hari.

Memulihkan penglihatan yang kurang terang
Sediakan rimpang bangle bersama kunyit sebesar ibu jari. Tambahkan 13 biji jintan hitam. Rebus dengan satu gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring lalu minum.

Perawatan wanita sehabis melahirkan
Cuci rimpang bangle, kupas kulitnya lalu parut atau tumbuk. Tempelkan pada perut ibu yang baru melahirkan supaya perutnya kembali langsing.

Membersihkan darah sehabis melahirkan
rimpang bangle ditumbuk bersama jaringao (dringo). Peras dan ambil airnya.

Melangsingkan tubuh
Tumbuk rimpang bangle kira sebesar ibu jari beserta 7 lembar jati belanda. Lalu rebus dengan satu gelas air hingga tersisa separuhnya. Minum setiap hari selama satu bulan.

Manfaat lain bangle untuk kesehatan

  • Mengobati migrain dan sakit kepala.
  • Mengobati batuk berdahak.
  • Mengatasi nyeri sendi dan rematik.
  • Mengatasi demam dan masuk angin.
  • Mengatasi cacingan pada anak.
  • Menghilangkan bau mulut.

You Might Also Like:

Disqus Comments