Khasiat Bunga Matahari Obati Penyakit Kewanitaan

Khasiat Bunga Matahari Obati Penyakit Kewanitaan. Bunga matahari (Hellianthus annuus L) sebagaimana telah di ulas pada artikel sebelumnya merupakan tanaman hias yang sangat cantik, indah mempesona dan juga mengandung khasiat obat. Bunga matahari banyak ditemukan dinegara kita apalagi didaerah yang bersuhu dingin. siahkan baca Manfaat bunga matahari untuk kesehatan.

Bunga matahari disebut juga bungong matahuroi, bunga panca matohari (aceh), kembang sarengenge (sunda), dan sugeng (Bali) dari mulai akar, daun, bunga, dan biji dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia termasuk untuk kesehatan wanita. Baca 15 Tanaman Hias Berkhasiat Obat

Kandungan Kimia dan efek farmakologis
Bunga matahari mengandung vitamin A,B,C, oleanolic acid, helianthoside, quercimeritin, dan echinocystic acid.

Rasa bunga matahari lembut dan netral. Berkhasiat mengurangi rasa nyeri dan menurunkan tekanan darah. Reseptakulum berkhasiat merangsang energi vital, menenangkan liver, peluruh kemih, dan menghilangkan rasa nyeri.


Khasiat Bunga Matahari Obati Penyakit Kewanitaan


Adapun kemampuan bunga matahari untuk mengobati penyakit kewanitaan diantaranya:

Nyeri pada saat menstruasi (Dismenorrhea)
30 g bunga matahari dan 15 g bunga siantan dicuci bersih lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya. Saring lalu minum 2 kali sehari. 150 cc tiap kali minum.

Keputihan (Leucorrhea)
30 g bagian tengah batang bunga matahari. 5 buah angco merah dan 5 buah angco hitam (dapat dibeli di supermarket). direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Saring dan minum airnya. Angconya dapat dimakan.

Radang payudara (masitis)
Sangrai dan giling bunga matahari (tanpa biji) sampai menjadi serbuk. Sebelum disangrai dipotong halus-halus. Ambil 10-15 g serbuk bunga matahari, tambahkan 2 g jahe dan gula secukupnya. Seduh dengan 200 cc air panas. Minum selagi hangat. Pertama kali minum harus keluar keringat (tidur pakai selimut).

Pendarahan
Cuci Satu buah dasar bunga matahari (reseptakulum) segar ditambah 100 g rimpang teratai. Rebus dengan 700 cc air bersih sampai tersisa 400 cc. Saring dan minum pagi sore, 200 g tiap kali minum.

Infeksi saluran kemih
Sediakan 15-30 akar bunga matahari. Cuci bersih lalu rebus hingga mendidih sampai airnya berubah menjadi kecoklatan. Saring dalam gelas dan minum.

Untuk penyakit berat harus tetap konsultasi dokter.
Wanita hamil tidak disarankan minum ramuan dari bunga matahari.

You Might Also Like:

Disqus Comments