Cara Mudah Membuat Deodoran dari Bahan Alami

Cara Mudah Membuat Deodoran dari Bahan Alami. Ketika mendengar kata Deodoran pasti pikiran kita tertuju pada sebuah produk bermerk terkenal untuk menghilangkan bau badan yang menyengat. Ya memang benar deodoran adalah produk untuk menghilangkan bau badan tak sedap yang umumnya dibuat dari berbagai campuran ekstrak tumbuhan dan kimia yang khusus untuk menghilangkan bau badan disekitar ketiak serta tengkuk Anda.

Bagi Anda yang mempunyai kulit sehat tentu pemakaian deodoran berbahan kimia sangat membantu dan tidak menjadi permasalahan serius bagi kulit Anda. Namun, bagi Anda yang mempunyai kulit sensitif pemakaian deodoran akan mengakibatkan kulit gatal-gatal, iritasi, serta menjadikan kulit bercak dan bentol-bentol. Sebagaimana diketahui deodoran berbahan kimia mempunyai campuran garam alumunium atau alumunium chlorohydrate yang menyebabkan kulit pori tertutup dan membuat kulit kasar hingga iritasi.


Cara Mudah Membuat Deodoran dari Bahan Alami


Bagi Anda yang menginginkan bau badan segar dan harum dengan bantuan deodoran namun tak mengakibatkan kulit kering serta iritasi karena kulit Anda sensitif, berikut panduan untuk membuat deodoran alami yang berbahan alami, harum, menghilangkan bau badan tak sedap dan tentu sangat aman bagi kulit Anda sehingga sangat nyaman saat dipakai.

Bahan yang harus tersedia

Minyak kelapa murni
Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil berfungsi untuk menghaluskan kulit ketiak, menghambat pertumbuhan bakteri tak sedap sekaligus melembutkan kulit.

Baking soda
Baking soda secara umum merupakan bahan yang di persiapkan untuk membuat kue. Fungsi baking soda pada pembuatan deodoran alami adalah untuk mwnhilangkan bau sekaligus mencerahkan kulit ketiak.

Beeswax
Beeswax atau disebut juga lilin lebah adalah bahan alami yang diproduksi oleh lebah layaknya madu. Fungsi Beeswax bagi kulit adalah untuk melembabkan serta memberikan vitamin bagi kulit ketiak Anda.

Tepung maizena
Tepung maizena adalah tepung jagung yang biasa dibuat sebagai bahan pelapis pembuatan kue dan makan renyah lainnya. Tepung maizena sangat berguna untuk menghambat produksi keringat yang sangat berlebihan.

Minyak essensial (opsional)
Anda boleh memilih minyak essensial yang paling Anda suka, seperti kemangi, mawar, lavender atau minyak pohon teh. Minyak ini memberikan keharuman yang sangat lembut alami bahkan memberikan terapi bagi orang yang menghirup wangi dari minyak ini. Baca 10 minyak essensial utama.

Cara membuat deodoran alami

  • Minyak kelapa 2 sdm.
  • Beeswax 2 sdm.
  • Baking soda ½ sdt.
  • 10 tetes minyak essensial (opsional).
  • She butter 2 sdm (opsional).


Proses pembuatan

  • Minyak kelapa asli, beeswax, she butter dimasukan dalam sebuah mangkuk kaca.
  • Didihkan bahan deodoran dalam  mangkuk kaca sampai meleleh dan tercampur rata. Pakailah api kecil pada saat mendidihkan air.
  • Setelah mendidih dan tercampur rata, matikan apinya dan masukan bahan lain seperti baking soda dan tepung maizena dengan rata.
  • Tambahkan juga vitamin E atau minyak almond untuk peremajaan kulit.
  • Bahan cairan deodoran akan memadat seiring dengan mendinginnya suhu. Masukan minyak essensial yang Anda sukai sebelum bahan deodoran memadat.
  • Angkat lalu tiriskan agar deodaran dapat dipakai segera.
  • Oleskan deodoran pada ketiak Anda setiap sehabis mandi.


Ternyata cukup mudah juga ya membuat deodoran sendiri dirumah dengan bahan alami yang telah tersedia di dapur kita. Demikianlah panduan membuat deodoran alami semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkan. Terima kasih.

You Might Also Like:

Disqus Comments