Apa Itu Tanaman Sawi Langit dan Manfaatnya

Apa itu tanaman sawi langit dan manfaatnya. Sawi langit adalah salah satu tumbuhan yang berkhasiat obat dan merupakan tumbuhan liar yang sering ditemukan di lingkungan sekitar seperti di padang rumput dan pinggiran jalan. Tumbuhan sawi langit paling sering ditemukan di dataran rendah hingga ketinggian 1300 m. dpl dan memerlukan cukup sinar matahari.

Ciri sawi langit adalah tumbuhan terna semusim yang mempunyai tinggi 20 hingga 100 cm, batangnya banyak dan bercabang halus juga bertangkai pendek. Daunnya bulat telur yang lonjong. Sedangkan bunga sawi langit merupakan bunga majemuk yang berisi 5 hingga 20 kuntum yang berwarna ungu dan berbentuk agak lonjong.

Tumbuhan sawi langit  mempunyai nama botani Vernonia cinerea Less atau Vernonia albicans DC dari suku Asteraceae (Compositae). Sawi langit di Indonesia disebut juga buyung-buyung, atau daun muka manis. Adapun di berbagai daerah tumbuhan sawi langit mempunyai nama lain seperti leuleuncaan, rante piit, sasawi langit, sembung, capeu tuhur (Sunda), pidak bangkong, maryuna (Jawa), Rendetin (Bali), kenalin deket, didane dangkau (Minahasa), langga-langga padang (Bugis), gofu mutiara, sopo mutiara (Ternate).

Mafaat dan khasiat Sawi Langit

Sawi langit atau buyung-buyung walaupun tumbuhan liar tetapi mempunyai berbagai manfaat serta khasiat bagi kesehatan. Hal ini terbukti para leluhur kita sering menggunakan sawi langit sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam keluhan penyakit. Berikut Manfaat serta khasiat sawi langit bagi kesehatan.

Lidah putih pada bayi
Sediakan sawi langit segar lalu cuci dengan air matang. Tumbuk sawi langit hingga lembut lalu saring dan peras. Lalu ambil airnya. Teteskan pada lidah bayi yang berwarna putih.

Hepatitis
Siapkan sawi langit segar kira-kira 30-60 g lalu cuci dan potong kecil-kecil. Lalu rebus dengan menggunakan panci email dengan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas saja. Minumkan ketika sudah dingin pagi dan sore setengah gelas tiap kali minum.

Batuk
Sediakan herba sawi langit 30-60 g berikut akarnya juga. Cuc dan rebus dengan panci email dengan menggunakan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum pagi sore hingga sembuh.

Melancarkan melahirkan
Siapkan herba sawi langit 30-69 g yang masih segar bersama 3 kuntum bunga kembang sepatu. Potong-potong dan rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring dan dinginkan. Minumkan sekaligus pada ibu yang sedang dalam proses melahirkan.

Manfaat lain sawi langit untuk kesehatan
Meredakan demam
Mengobati disentri
Memudahkan buang air besar
Memulihkan stamina
Memudahkan tidur bagi yang sulit tidur (INsomnia).

Baca juga..!!
50 Tumbuhan Obat di Indonesia
15 Tanaman Hias Berkhasiat Obat

Catatan
Jika hendak membuat ramuan dari herba sawi langit untuk pemakaian luar, giling herba sampai halus dan bubuhkan pada bagian yang sakit seperti keseleo, bengkak, ataupun digigit serangga.

Demikian Artikel mengenal tanaman sawi langit, manfaat dan juga khasiatnya bagi kesehatan tubuh Manusia. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

You Might Also Like:

Disqus Comments