15 Tumbuhan untuk Mengobati Penyakit Jantung Koroner (PJK)

15 Tumbuhan untuk Mengobati Penyakit Jantung Koroner (PJK). Penyakit Jantung Koroner (PJK) adalah penyakit jantung yang terjadi akibat penyempitan pembuluh darah koroner dijantung yang dapat menyebabkan serangan jantung. PJK merupakan bagian dari Penyakit Kardio Vaskular (PKV) merupakan penyebab kematian utama diberbagai negara maju, bahkan (PKJ) tampak peningkatan tingkat kematian pada negara berkembang.

Penyakit Jantung Koroner (PKJ) menjadi penyakit dengan angka kematian utama pada negara berkembang mengalahkan penyakit menular yang sebelumnya menjadi momok di negara berkembang. Tanda dan gejala PJK berupa rasa tertekan seperti tertimpa beban berat, rasa sakit, terjepit atau terbakar, dada seperti tercekik atau terbakar atau dada terasa sesak nafas yang sangat kuat. Gejala lain pada PJK nyeri menjalar seputar dada, bahu kiri, lengan kiri, punggung atas, leher dan rahang bawah, terkadang di ulu hati. Lamanya 20 menit bahkan lebih, disertai keringat dingin rasa lemah, berdebar terkadang sampai pingsan.

Baca juga
7 Faktor Risiko Penyakit Jantung
Ramuan Tradisional untuk Penyakit Kejang Jantung
Ramuan Tradisional untuk Penyakit Jantung Hipertensi

Beberapa tumbuhan berkhasiat obat dipercaya dapat digunakan untuk mengobati dan menyembuhkan penyakit jantung secara umum, beberapa jenis tumbuhan bahkan sudah banyak yang dilengkapi data ilmiah akan kandungan khasiat untuk mengatasi penyakit jantung. Berikut 15 Tumbuhan untuk Mengobati Penyakit Jantung Koroner (PJK)

15 Tumbuhan untuk Mengobati Penyakit Jantung Koroner (PJK)


1. Adas


Adas mengandung minyak asiri dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan mikroba, serta kandungan serat sangat baik untuk menjaga kestabilan kolestrol dalam darah, Hal ini sangat berguna terutama bagi pengidap penyakit jantung koroner.

2. Alpukat
Tingkat lemak tak jenuh menjadikan buah alpukat paling aman dikonsumsi bagi penderita PJK, dapat meningkatkan kadar LDL, juga dapat melancarkan aliran oksigen dalam darah.


3. Belimbing Wuluh
Percobaan farmakologi menunjukan infus daun belimbing wuluh memberi efek penurun panas (antipiretik) dan penurun gula darah (hipoglikemik).


4. Ceplukan


Tanaman ini terkenal akan kandungannya yang positif untuk kesehatan seperti asam klorogenat dan asam elaidat demikian juga dengan antioksidannya yang lngkap. Percobaan farmakologi infus daun ciplukan dapat menurunkan kadar gula darah.


5. Jeruk Nipis


Jeruk nipis sangat baik di jadikan terapi bagi pengidap penyakit jantung koroner. Selain itu, jeruk nipis kerap dijadikan ramuan untuk pelangsing tubuh, penghilang nikotin di gigi dan banyak lagi.


6. Jinten Hitam
Hasilpercobaan farmakologi menunjukan bahwa dalam tanaman terdapat bahan aktif yang berdaya proteksi terhadap bronkhopasme yang disebabkan oleh histamin.

7. Kacapiring


Dalam bentuk tunggal maupun ramuan daun kacapiring berkhasiat untuk obat tekanan darah tinggi, sesak nafas, demam, dan sariawan.


8. Mengkudu
Ekstrak alkohol 80% dan buah mengkudu dapat menurunkan amplitudo kekuatan kontraksi otot jantung dan menaikan volume aliran koroner. Disamping itu, air perasan buah mengkudu dapat menurunkan kadar gula darah.


9. Meniran
Senyawa quercetin, hypophyllanthin, astragalin dan  lainnya yang terdapat dalam meniran dapat bermanfaat untuk atasi penyakit jantung. Akar serta daun dapat dijadikan terapi untuk membuat ramuan.


10. Pegagan


Tumbuhan untuk Mengobati Penyakit Jantung Koroner
Pegagan yang dikenal sebagai herba pembawa umur panjang dalam pengobatan ayurveda dapat dijadikan terapi untuk mengobati penyakit jantung. Selain itu pegagan juga dipercaya dapat dijadikan herba awet muda dan memperpanjang usia. Baca Aneka Manfaat serta Khasiat Pegagan


11. Pulosari
Kulitbatang atau cabang mengandung minyak asiri, kurkumin serta asam organik. Bagian yang digunakan untuk dijadikan ramuan adalah kulit batang atau cabangnya.


12. Saga


Efektifitas antibatuk setelah mengonsumsi daun serta akar saga diyakini karena kandungan glisirin yang dapat memacu pengeluaran lendir dari tenggorokan.


13. Seledri
Seledri berefek baik untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah umumnya turun sehari pengobatan yang diikuti dengan membaiknya gejala subyektif, enak tidur, jumlah pengeluaran urin meningkat. Selain itu seledri dapat memperlebar pembuluh darah perifer sehingga sering dimanfaatkan untuk menambah keperkasaan.


14. Sembung


Rebusan daun sembung dapat menurunkan tekanan darah serta menurunkan kadar gula pada kelinci percobaan.


15. Temulawak
Minyak asiri dari rimpang temulawak, berkhasiat untuk memperlancar produksi empedu, menurunkan kadar kolesterol darah, serta memperlancar aliran darah menuju jantung.


Itulah 15 tumbuhan berkhasiat obat untuk menyembuhkan Penyakit Jantung Koroner yang dapat kami sajikan. Sebetulnya sangatlah banyak lagi tumbuhan lainnya yang dapat mengatasi Penyakit Jantung Koroner tetapi hanya 15 saja yang dapat kami bahas. Mohon maaf jika terdapat banyak kekurangan dalam pembahasan ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Disqus Comments