Cara Membuat Ramuan Buah Mengkudu

Cara Membuat Ramuan Buah Mengkudu. Buah mengkudu pasti semua orang sudah mengenal buah ini, karena tanaman yang bernama botani Morinda citrifolia L ini sangat mudah ditemukan dilingkungan kita, dapat dilihat tumbuh liar di hutan, diladang bahkan dipantai sekalipun. Biasanya tanaman ini jika ditanam digunakan manfaatnya sebagai obat tradisional dibanding sebagai tanaman sayur mayur.

Seperti yang sudah banyak dipublikasikan tentang kandungan tanaman mengkudu ini buahnya bersifat astringen, juga dapat memperkuat tulang, peluruh kencing, peluruh haid (emenagog) dll. Akarnyapun mempunyai kandungan yang sangat menakjubkan seperti vitamin C, iridoid glycoside, alkaloid (triterpenoid dan proxeronine) dll. Terlebih lagi daunnya mengandung zat kapur, zat besi, karoten, golongan anthraquinones seperti morindone, nordamnachantal, rubiadin dll. Lebih jelasnya silahkan buka halaman manfaat mengkudu sebagai tanaman obat.


Indikasi Ramuan Buah Mengkudu

Buah mengkudu dapat mengatasi :
Batuk, radang amandel, sariawan, demam, asma, tekanan darah tinggi, beri-beri, kencing manis, radang, disentri, sulit buang air besar, nyeri limpa, terlambat haid, cacingan, sakit pinggang, rematik, nyeri otot, tulang patah, cacar air, membantu penyembuhan kanker, serta kegemukan.

Daun Mengkudu dapat mengatasi
Batuk, borok lambung (ulkus), sakit perut (mual, mulas), kencing manis dan kolesterol tinggi.

Akar mengkudu dapat mengatasi
Tekanan darah tinggi dan sulit buang air besar.

Cara Membuat Ramuan Buah Mengkudu


Untuk artikel ini saya akan coba memberikan panduan tentang cara membuat ramuan dari buah mengkudu untuk mengobati penyakit diatas. Memang sekarang banyak ekstrak buah mengkudu untuk mengobati penyakit yang lebih praktis dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. Tapi tak ada salahnya jika Anda ingin membuat ramuanya sendiri, bisa dibaca panduannya sebagai berikut.

Untuk ramuan yang diminum

  • Pertama-tama sediakan dahulu beberapa buah mengkudu matang dan hijau agar kandungan khasiat dalam buahnya sudah sangat pas untuk dijadikan obat.
  • Peras airnya hingga didapati kurang lebih 120 ml.
  • Untuk mengurangi aromanya yang kurang sedap serta memberikan rasa yang lebih segar, boleh tambahkan buah-buahan lain seperti jeruk, lemon, anggur, ataupun madu.
  • Diminum ketika perut masih kosong agar kandungannya dapat diserap oleh tubuh secara utuh.



Cara lain

  • Rebus beberapa buah mengkudu yang sudah berwarna putih.
  • Aduk-aduk buah bersama air rebusannya.
  • Angkat dan dinginkan.
  • Giling dan peras buah mengkudu hingga mendapat air perasannya hingga 120 ml.
  • Diminum setiap hari sebelum makan.


Untuk Obat Luar

  • Parut buah mengkudu yang masak, dapat juga disatukan bersama akar dan daun dari buah mengkudu.
  • Kemudian rebus dengan menggunakan air secukupnya.
  • Basuh atau Oleskan pada tempat yang sakit seperti eksim atau luka. Atau silahkan kumur-kumr dengan menggunakan perasan buah mengkudu bagi penderita radang amandel, radang gusi atau difteri.

Sedangkan bagi yang menderita sakit rematik, sakit perut, sakit pinggang dan sakit setelah melahirkan dapat menggunakan daun mengkudu dengan cara mengoleskan minyak kelapa pada daun mengkudu lalu layukan dengan menggunakan api, setelah itu kompres dan tempelkan dengan menggunakan daun terhadap yang sakit tadi.

Demikianlah cara membuat ramuan dari buah mengkudu untuk mengobati beberapa penyakit. Semoga bermanfaat.! Terima kasih.

You Might Also Like:

Disqus Comments