Khasiat Kandungan Lengkuas

Khasiat Kandungan Lengkuas. Lengkuas, laja atau laos (Alpinia galanga) merupakan jenis umbi-umbian. Rimpang lengkuas atau laja dan laos sangatlah bermanfaat dan sudah sering digunakan sebagai bumbu masakan Indonesia, dimulai dari sayur asem sampai berbagai jenis gulai berbumbu santan gurih. Kemudian selain rimpang lengkuas yang bermanfaat, tunas samping lengkuas yang masih muda (umbut) juga sering dikonsumsi sebagai lalapan setelah dikukus terlebih dahulu. Kuncup-kuncup bunga lengkuas yang sudah mulai mekar juga dapat dimanfaatkan sebagai lalapan.

Khasiat Kandungan Lengkuas

Lengkuas mengandung minyak asiri, flavonoida saponin dan tanin. Selain itu lengkuas juga menyimpan kandungan zat aktif galangan,  eugenol, basonin, dan galangol. Hasil penelitian menemukan bahwa lengkuas mengandung senyawa terpenoid, fenol, dan flavonoid yang sering digunakan sebagai bahan dasar obat modern.

Efek farmakologis lengkuas berasal dari kandunga Basonin yang dapat merangsang semangat. Eugenol, mencegah ejakulasi prematur, membasmi jamur candica albicans, bersifat anti kejang, analgetik, anestetik, dan sedatif. Galangan mengatasi lelah bersifat antimutagenik, menghambat enzim siklo-oksigenase dan lipoksogenase. Galangol, merangsang semangat, dan menghangatkan tubuh.


Khasiat Kandungan Lengkuas
Dalam pengobatan tradisional Cina, lengkuas dikatakan memiliki sifat anti jamur dan anti kembung. Lengkuas adalah obat mujarab untuk membasmi jamur kulit. Lengkuas juga dapat menghambat mikroba pembusuk dan mengawetkan makanan. sifat anti mikroba berasal dari kandungan minyak asiri sehingga lengkuas berfungsi sebagai bekterisida (pembunuh bakteri), bakteristatis (penghambat pembiakan bakteri), fungisida(membunuh jamur), dan garmisida (penghambat spora bakteri). Adapun khasiat lengkuas untuk pengobatan adalah :

Silahkan kunjungi..!!
Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan
Manfaat dan Khasiat Jahe
Manfaat dan Khasiat Temu Putih

Khasiat Lengkuas

Mengobati Sakit Kulit
Kudis, koreng dan borok dapat diobati dengan lengkuas. Tumbuklah rimpang lengkuas dan bawang putih sampai halus seperti bubur. Perbandingannya satu bagian lengkuas dan empat bagian bawang putih. Tempelkan ramuan ini kebagian kulit yang sakit setelah dibersihkan terlebih dahulu. Untuk mengobati penyakit kurap yang sudaj menahun dapat ditambahkan cuka . Untuk mengobati panu lengkuas segar dicacah sampai seratnya timbul lalu diberi sedikit cuka dan digunakan untuk menggosok kulit tang berpanu.

Memperlancar Saluran Kemih
Siapkan rimpang lengkuas yang masih segar. Iris-iris rimpang tersebut kecil-kecil dan rendam dalam larutan alkohol. Gosokan cairan ini kebagian perut. Ramuan tersebut bisa juga sebagai penghangat badab juga obat gosok.

Ramuan Pasca Bersalin
Cuci 3 ibu jari lengkuas muda, lalu potong-potong. Rebus dengan menggunakan air secukupnya, kemudian minum.

Mengobati Rematik
Parut 2 ibu jari lengkuas dan peras airnya. Ambil kuning telur ayam kampung. Campur kedua bahan tersebut sampai merata. Minum satu kali sehari. Baca Obat tradisional rematik

Obat Tetes Telinga
Pilihlah rimpang lengkuas yang masih muda dan banyak mengandung air. Parut rimpang tersebut, kemudian peras dan ambil airnya. Teteskan air lengkuas tersebut sebagai obat telinga.

Khasiat lain
Lengkuas dapat menguatkan lambung dan isi perut, memperbaiki pencernaan, mengeluarkan lendir dari saluran nafas, mengobati sakit kepala, nyeri dada, dan meningkatkan nafsu makan. Biji lengkuas juga dapat meredakan kolik atau perut mulas, diare dan obat anti mual.

Disqus Comments