Manfaat Bunga Pukul Empat Untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Pukul Empat Untuk Kesehatan. Bunga pukul empat atau disebut juga kembang pukul empat adalah tanaman dari Amerika selatan yang mempunyai varian warna yang cantik merah, putih dan kuning serta mempunyai manfaat untuk kesehatan. Bunga pukul empat biasanya tumbuh mekar pada saat sore hari kira-kira pukul empat karena ada rangsangan cahaya yang disebut fotonasari, maka sebagian ahli menamakannya bunga pukul empat.

Nama botani bunga pukul empat sendiri adalah Mirabilis Jalap L sebagian menyebutnya kembang pukul empat dan bunga asar, sedangkan disumatera dinamai kembang pagi sore, bunga waktu kecil, Jawa, kederet, segerat, tegerat. Nusa Tenggara, bunga-bunga perengki, bunga ledonosok. Sulawesi, Pukul ampa, turaga, bodoko sina, bunga-bunga paragi. sedangkan Maluku menamakan kupa oras dan cako raha. Nama asingnya sendiri adalah Zi mo li (china), common four o'clock, marvel of peru (inggris). Tumbuhan ini dari suku Nyctaginaceae.



Kunjungi juga  Khasiat Cakar Ayam dan Khasiat Kumis Kucing

Bunga pukul empat sering ditanam untuk dijadikan hiasan dipekarangan atau dijadikan tanaman pagar, tapi bunga pukul empat sendiri dapat dijadikan obat untuk beberapa penyakit karena kandungan senyawanya terbukti ampuh untuk kesehatan.

Khasiat dan manfaat Bunga Pukul Empat

Bunga pukul empat pada akar mempunyai rasa yang manis dan bersifat sejuk, mempunyai khasiat antiradang, memperlancar sirkulasi aliran darah, peluruh kencing. serta daun mempunyai khasiat maturatif atau mempercepat pematangan bisul, juga diuretik (peluruh kencing). Kandungan kimia pada akar adalah betaxanthins, trigonelline. pada buah mengandung asam, asam lemak, asam minyak dan zat tepung, Sedangkan pada daun mengandung saponon, tanin dan flavanoid.

Khasiat Bunga pukul empat sejak jama dahulu dijadikan ramuan untuk mengobati Radang sendi akut, radang kelenjar prostat, bisul, kencing manis, keputihan, jerawat, erosi leher rahim (erosi serviks), radang amandel (tonsilitis), kencing manis (DM), urine berlemak (cyluria) serta beri beri.

Manfaat Bunga Pukul Empat Untuk Kesehatan



Contoh pemakaian herba dan ramuannya

Jika diminum, rebuslah akar yang kering kira-kira 9-15 g atau akar segar 15-30 g. Dan untuk pemakaian luar, herba segar digiling sampai halus, kemudian bubuhkan pada bagian organ yang sakit seperti bisul abses, memar,  jerawat radang akut payudara (mastitis akut).  Dapat juga dengan merebus herba segar kemudian basuh pada  bagian tubuh yang terkena koreng atau eksim

Radang sendi akut
Sediakan akar bunga pukul empat segar kira-kira 15-30 g lalu iris, rebus dengan 3 gelas air sampai menyisakan 1 gelas, diamkan sampai dingin lalu setelah itu saring dan minum  sekaligus 2 kali sehari.

Radang kelenjar prostat
Siapkan akar kering dari bunga pukul empat kira 15 g, lalu rebus tambah sambiloto kering 20 g, bagian putih buah semangka segar 30 g, daun dewa segar 9 g, dengan menggunakan 4 gelas air hingga menyisakan  setengahnya, setelah dingin minum seperti teh dilakukan setiap hari sampai sembuh.

Bisul
Cuci akar segar bunga pukul empat, kemudian buang kulitnya, tambah gulka enau sambil digiling halus, kemudian bubuhkan pada bisul, kemudian balut dan diganti 2 kali sehari.

Hilangkan jerawat
Pecahkan kulit luar bunga pukul empat isi buah yang yang berupa tepung berwarnba putih dikumpulkan, kemudian giling sampai halus tambahkan air secukupnya, lalu oleskan pada bagian muka yang berjerawat. Baca juga cara menghilangkan jerawat.

Kencing manis, keputihan
Rebus akar bunga pukul empat kering 15-30 g dengan menggunakan 4 gelas air sampai menyisakan 2 gelas, setelah dingin saring dan minum dua kali sehari 1 gelas.

Demikianlah uraian tanaman berkhasiat bunga pukul empat, terima kasih.

You Might Also Like:

Disqus Comments