Saturday, 4 April 2015

Manfaat Bunga Pukul Empat Untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Pukul Empat Untuk Kesehatan. Bunga pukul empat atau disebut juga kembang pukul empat adalah tanaman dari Amerika selatan yang mempunyai varian warna yang cantik merah, putih dan kuning serta mempunyai manfaat untuk kesehatan. Bunga pukul empat biasanya tumbuh mekar pada saat sore hari kira-kira pukul empat karena ada rangsangan cahaya yang disebut fotonasari, maka sebagian ahli menamakannya bunga pukul empat. 

Nama botani bunga pukul empat sendiri adalah Mirabilis Jalap L sebagian menyebutnya kembang pukul empat dan bunga asar, sedangkan disumatera dinamai kembang pagi sore, bunga waktu kecil, Jawa, kederet, segerat, tegerat. Nusa Tenggara, bunga-bunga perengki, bunga ledonosok. Sulawesi, Pukul ampa, turaga, bodoko sina, bunga-bunga paragi. sedangkan Maluku menamakan kupa oras dan cako raha. Nama asingnya sendiri adalah Zi mo li (china), common four o'clock, marvel of peru (inggris). Tumbuhan ini dari suku Nyctaginaceae.

Manfaat Bunga Pukul Empat Untuk Kesehatan

Bunga pukul empat sering ditanam untuk dijadikan hiasan dipekarangan atau dijadikan tanaman pagar, tapi bunga pukul empat sendiri dapat dijadikan obat untuk beberapa penyakit karena kandungan senyawanya terbukti ampuh untuk kesehatan.

Khasiat dan manfaat Bunga Pukul Empat

Bunga pukul empat pada akar mempunyai rasa yang manis dan bersifat sejuk, mempunyai khasiat antiradang, memperlancar sirkulasi aliran darah, peluruh kencing. serta daun mempunyai khasiat maturatif atau mempercepat pematangan bisul, juga diuretik (peluruh kencing). Kandungan kimia pada akar adalah betaxanthins, trigonelline. pada buah mengandung asam, asam lemak, asam minyak dan zat tepung, Sedangkan pada daun mengandung saponon, tanin dan flavanoid.

Khasiat Bunga pukul empat sejak jama dahulu dijadikan ramuan untuk mengobati Radang sendi akut, radang kelenjar prostat, bisul, kencing manis, keputihan, jerawat, erosi leher rahim (erosi serviks), radang amandel (tonsilitis), kencing manis (DM), urine berlemak (cyluria) serta beri beri. 

Manfaat Bunga Pukul Empat Untuk Kesehatan



Contoh pemakaian herba dan ramuannya

Jika diminum, rebuslah akar yang kering kira-kira 9-15 g atau akar segar 15-30 g. Dan untuk pemakaian luar, herba segar digiling sampai halus, kemudian bubuhkan pada bagian organ yang sakit seperti bisul abses, memar,  jerawat radang akut payudara (mastitis akut).  Dapat juga dengan merebus herba segar kemudian basuh pada  bagian tubuh yang terkena koreng atau eksim


Radang sendi akut

Sediakan akar bunga pukul empat segar kira-kira 15-30 g lalu iris, rebus dengan 3 gelas air sampai menyisakan 1 gelas, diamkan sampai dingin lalu setelah itu saring dan minum  sekaligus 2 kali sehari.


Radang kelenjar prostat

Siapkan akar kering dari bunga pukul empat kira 15 g, lalu rebus tambah sambiloto kering 20 g, bagian putih buah semangka segar 30 g, daun dewa segar 9 g, dengan menggunakan 4 gelas air hingga menyisakan  setengahnya, setelah dingin minum seperti teh dilakukan setiap hari sampai sembuh.

Bisul

Cuci akar segar bunga pukul empat, kemudian buang kulitnya, tambah gulka enau sambil digiling halus, kemudian bubuhkan pada bisul, kemudian balut dan diganti 2 kali sehari.


Hilangkan jerawat

Pecahkan kulit luar bunga pukul empat isi buah yang yang berupa tepung berwarnba putih dikumpulkan, kemudian giling sampai halus tambahkan air secukupnya, lalu oleskan pada bagian muka yang berjerawat. Baca juga cara menghilangkan jerawat.

Kencing manis, keputihan

Rebus akar bunga pukul empat kering 15-30 g dengan menggunakan 4 gelas air sampai menyisakan 2 gelas, setelah dingin saring dan minum dua kali sehari 1 gelas.

Demikianlah uraian tanama berkhasiat bunga pukul empat, terima kasih.


Related Posts

Manfaat Bunga Pukul Empat Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh

39 comments

Tulis comments
avatar
4 April 2015 at 09:19

Kalau saya dulu waktu kecil, putiknya suka buat mancing ulat tanah tuh hehehe...

Reply
avatar
4 April 2015 at 10:22

kalo masalah manfaat tumbuhan dan buah-buahan mba santika ini paling hafal deh :D

Reply
avatar
4 April 2015 at 10:44

ini termasuk bunga apa ya mbak,baru tahu bunga pukul 4 itu apa

Reply
avatar
4 April 2015 at 10:48

suer mbak, saya baru tau kalo bunga ini bisa bermanfaat utk kesehatan, pdhl dirumah byk bgt mbak, saya sering bgt tuh mainin bijinya saya pecah trs diambil tepung warna putihnya untuk dioles ditangan, rasanya halus seperti bedak, ternyata bs buat jerawat toh?

Reply
avatar
4 April 2015 at 11:05

bisa buat mancing ulat kang, ulatnya buat mancing ya..

Reply
avatar
4 April 2015 at 11:06

kalau kosmetik herbal mas hendri paling ahli juga kan..

Reply
avatar
4 April 2015 at 11:07

sekarang jarang mas, masuk bunga hias atau pohon pagar pekarangan

Reply
avatar
4 April 2015 at 11:09

betul banget mas wan, bunga yang itu, masih tersedia dirumah ya

Reply
avatar
4 April 2015 at 11:38

kalau tempat saya namanya mekar sore....taunya hanya ditanam sebagai hiasan dihalaman. baru tau juga kalau bunga pukul empat malah mempunyai khasiat bisa menyembuhkan beberapa penyakit. tapi kalau dilihat dari bungan yang indah, kayaknya sayang juga mbak untuk dimabil akarnya. tapi kalau mikirin penyakit sih kayak masa bodolah...kan bisa cari lagi ya teh?...ok makasih ilmunya.

Reply
avatar
4 April 2015 at 11:39

iya teh kebanyakan untuk bunga yang ditanam dipekarangan. dan tampilan bungan pukul empat juga bagus dengan warna merah, kuning, dan putihnya yang lembut. selembut hati saya teh...heeeee

Reply
avatar
4 April 2015 at 11:40

kalau ulay bukan buat mancing teh, tapi cacing kali buat mancing. kalau mau mancing tanpa peralatan dan mudah adalah mancing keributan kali ya teh...heeee

Reply
avatar
4 April 2015 at 11:41

itu bunga kok tau ama jam ya mbak, abis mekarnya selalu pukul empat, gak pernah ingkar janji ya... ^_^

Reply
avatar
4 April 2015 at 11:45

mlh dulu sering juga tuh mbak bunganya saya kawin silang gitu, trs menghasilkan bunga berwarna warni, ada satu bunga yg warnanya aku suka banget, setengah merah setengah putih, kyk bendera. gak nyangka bunga ini asalnya dari luar ya...

Reply
avatar
4 April 2015 at 12:12

Kalau Teteh Santika yang lewat depan rumah saya pasti akan memancing perhatian sayah

Reply
avatar
4 April 2015 at 12:12

Bunga canggih memang begitu

Reply
avatar
4 April 2015 at 12:14

Radang SENDI kini banyak menyerang Pria Dewasa Orang sering bilang sih sakit ASAM URAT ya. Karena nyaris tidak ada bedanya, dan nyerangnya di daerah persendian

Reply
avatar
4 April 2015 at 14:15

haha, kalo kang Asep sih gimana tuh? suka ingkar janji gak? masa kalah ama bunga??

Reply
avatar
4 April 2015 at 14:48

bunganya bisa buat ngilangin jerawat juga ya... banyak yg suka nanem bunga ini.... ;)

Reply
avatar
4 April 2015 at 20:33

saya baru dengar nama bunga ini, tapi kalau di lihat dari model nya, sepertinya bunga ini sering saya pakai mainan waktu kecil, ternyata banyak manfaatnya

Reply
avatar
4 April 2015 at 22:19

namanya aneh banget ya teh,bunga pukul empat.
tp kalau ngelihat gambarnya sih saya sudah tahu bunga ini.

ternyata manfaatnya juga banyak

Reply
avatar
4 April 2015 at 22:24

Hiehiehe Insya Allah HIHEiheihei

Reply
avatar
5 April 2015 at 00:32

saya baru ini denger dan tau kalau ada nama Bunga Pukul Empat. kenapa namanya pukul empat ya? ko' nggak pukul delapa atau sepuluh gitu..hehehe

Reply
avatar
5 April 2015 at 02:48

sama kang saya juga baru denger nama bunga nya hehehe... :D

Reply
avatar
5 April 2015 at 02:49

Kalau dalam bahasa Sunda disebut bunga apa ya teh ? ... namanya masih asing terdengar xxixii.. apa karena saya jarang beli bunga kali yah, jadi gak hapal...

Reply
avatar
5 April 2015 at 06:30

Macam tak pernah lihat..tapi bunganya cantik...berwarna warni di situ.
Khasiatnya juga banyak...
Terima kasih infonya Santika.
Selamat hujung minggu

Reply
avatar
5 April 2015 at 12:44

Cantik banget bunganya teh , bisa buat bahan buat pkw nih :D thanks

Reply
avatar
5 April 2015 at 19:52

Baru denga bunga pukul epat mba .. Di Indonesia ada ga ya?

Reply
avatar
6 April 2015 at 10:10

Kalau untuk melihat gambarnya saya sudah tau Teh, tapi namanya baru tau :D, jadi bunga tsb namanya bunga pukul empat ya hehehe,

Reply
avatar
6 April 2015 at 11:43

ehehe, kan itu kerjaan saya mba,kalo masalah produk kecantikan atau kesehatan paling top aku posting artikelnya..

Reply
avatar
6 April 2015 at 12:35

wah, saya malah baru dengan ni ada bunga pukul 4 heehee

Reply
avatar
7 April 2015 at 00:27

Ini bunganya yang ditengahnya jika di tarik bawah ada manis manisnya itu kan teh? dan bijinya jika dipecahkan seperti bedak? saya baru tau namanya, kirain hanya untuk bunga hias aja, di dekat rumah ada yang menanam bunga ini.

Reply
avatar
7 April 2015 at 03:05

kalau saya waktu kecil dulu itu bunga bagian yang putiknya suka saya pakai untuk mencari undur - undur disarangnya ... ngurek hihi

Reply
avatar
7 April 2015 at 06:04

Assalamu Alaikum dulu waktu masih kecil banyak bertebaran sekarang sudah jarang sekali teh bunga seperti ini padahal bermanfaat untuk radang sendi ya

Reply
avatar
7 April 2015 at 18:05

yang sering dengan pukul berapa PAk

Reply
avatar
8 April 2015 at 06:46

wah ternyata banyak khasiatnya buga itu ya, tempat saya banyak, bunganya suka dibuat pemerah kuku oleh anak-anak.

Reply
avatar
9 April 2015 at 08:33

dulu di halaman rumah ada nih bunga pukul empat teh,baru tau banyak khasiatnya tanamannya malah udah gak ada :(

Reply
avatar
9 April 2015 at 16:16

Uda jarang ada bunganya di sini, Teh.. :(

Reply
avatar
12 April 2015 at 22:08

Wah banyak juga manfaatnya. Dan baru tau skarang saya mba. Dulu dirumah neenek saya banyaj itu. Jam 7 pagi sama jam 4 sore . bunga yang indah masya Allah itulah ke agungan Allah.

Reply
avatar
12 April 2015 at 22:09

Ngikut ah. Kalo masalah butik membutik saya aja. Hehe

Reply