Mengulas Khasiat Tanaman

Khasiat Kembang Kertas Bagi Kesehatan

Khasiat Kembang Kertas Bagi Kesehatan. Yang terbayang dari kembang kertas ini adalah bukan khasiat bagi kesehatannya tapi kembang yang indah dengan berbagai varian bentuk dan warna yang mempesona, dan tak terbersit sama sekali dengan khasiat kembang kertas bagi kesehatan. Sebetulnya kembang kertas menyukai tempat-tempat terbuka yang terkena cahaya matahari, biasanya ditaman dipekarangan sebagai tanaman hias atau dibudidayakan untuk diambil bunganya sebagai bunga potong, Kalau dilihat dari sejarahnya tanaman ini merupakan tanaman asli meksiko dan dapat ditemukan diketinggian 1.400 m dpl. Nama botani Kembang kertas sendiri adalah Zinnia elegans Jacq dari suku asteraceae, sebagian daerah menamakannya kembang ratna, sedangkan nama asingnya adalah Bai ri ju, Bai ri zhik (cina) sedangkan nama simplisianya adalah Zinniae elegantis Herba.

Kunjungi juga Khasiat bunga kamboja dan Khasiat bunga kenanga

Khasiat Kembang Kertas Bagi Kesehatan


Khasiat Kembang Kertas Bagi Kesehatan

Sifat dari kembang kertas ini adalah tawardan sejuk belum diketahui secara pasti kandungan dari kembang kertas ini, tapi sebagian ahli menyebutkan bahwa sifat kimia dari kembang kertas ini adalah antiradang (antiimplamasi) dan peluruh kencing (diuretik), masyarakat tradisional manjadikan kembang kertas untuk mengobati beberapa penyakit seperti disentri, batuk rejan, kencing nanah, sakit pada puting susu dan bisul.


Cara pemakaian

Untuk obat yang diminum, rebus herba kembang kertas (10-30 g). sedangkan untuk pemakaian luar, cuci herba kembang kertas segar lalu giling sampai halus, bubuhkan pada bagian tubuh yang sakit seperti bisul dan sakit pada puting susu lalu balut.


Contoh pemakaian kembang kertas


Disentri

Cuci herba kembang kertas dan patiukan kebo, semuanya bahan segar (masing-masing 30 g) tambahkan gula aren sebesar telur puyuh dan rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, setelah dingin saring, minum 2 kali sehari sampai sembuh.


Batuk rejan

Rebus herba kembang kertas(30 g) dan gula batu sebesar kelereng (2 buah) dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, setelah dingin saring, minum sekaligus dukali sehari. baca Obat batuk alami.

Susah Buang air

Sediakan 30 g kembang kertas bersama 30 g daun sendok atau Plantago mayor L, kemudian rebus menggunakan air 500 cc hingga tersisa separuhnya, setelah itu saring dan minum.


Demikianlah sedikit penjelasan tentang khasiat kembang kertas, semoga bermanfaat.


33 Komentar untuk " Khasiat Kembang Kertas Bagi Kesehatan "

cuma satu warna saja kembang kertas inih ya Teh Cantik?

byk sih.. ada merah..kuning..hijo..
ada juga di langit.. biru.. kamu bisa koq melukis kuAbu.. lalu tanya..syapa gerangan.. apakah pelangi ciptaan Tuhan.. begitu Mas..

Oo.. berarti khasiatnya samadengan biji buah kedondong..
cocok buat batuk berlendir / berdahak N cara pemakaiannya juga terbilang sederhana..

cukup ambil benang jahit, lalu diikat.. kemudian masukkan secara perlahan kke mulut sampi tenggorokan..

saya mah baru tau teh ada kembang gitu, pas dibaca jeb asli dari meksiko ternyata.ini bisa jadi pengobatan juga ternyata ya teh..

Cantiknya bunga....
Baru tau khasiatnya juga banyak

Maaf baru sempat berkunjung.....
Sudah datang ke sini semalam..tapi tak berani komen sebab line internetnya slow..takut nanti hasulnya dabel... :)

kembang kertas ini mudah dikembangkiakkan ternyata bisa jadi obat juga

baru tahu nih tentang kembang kertas,kalau disini memang tidak ada,ternyata banyak manfaatnya juga,trims sharingnya ya

kembang kertas juga bisa untuk obat susah buang air besar ya
kembang kertas yang sudah direbus, kasih gula dikit gpp kan teh ?

Pernah lihat tanaman ini, namun baru tahu kalau namanya kembang kertas dan ternyata fungsinya bagi kesehatan sangat banyak ya mba. Terimakaish atas informasinya.

Kalau ditempat saya kembang kertas itu bunga Bougainville ... apa bener bunga kertas yang begini hehehe ....

Jarang lihat bunga yang satu ini, tapi dibalik keelokannya tersimpan khasiat yang luar biasa..... ;)

kalau Bougenville dari suku Nyctaginaceae, nama aslinya Bougainvillea, sedangkan yang diatas bernama Zinnia elegans jacq dari suku asteraceae. memang namanya mirip yakni kembang kertas atau bunga kertas, tetapi perbedaanya terlihat dari bentuk bunga dan dahannya karena berbeda suku.. kitu ya mang

Waduh ternyata kembang kertas ini mengandung obat juga ya? Saya baru tahu mba ...

Hahaha.. kedongdong ampuh banget wkwk..

seperti kucing ya berkembang biak hehe..

sebetulnya banyak dicari kok pak..

boleh mas nelayan, tambah madu biar lebih ramah..

memang sekarang jarang tumbuh liar mas.. sama sama mas

kalau dicari banyak mas cipto, tapi dipenjual bunga

semoga menjadi info menarik ya mas trims ya..

baru tahu saya nih kembang bisa juga buat yang susah buang air

jangan ditiru mas al lagi main debus

di indo sudah banyak kang,cari di toko bunga pasti ada

jom singgah blog aku pulak,saye pandai cakap melayu tau :D :D

saya malah baru tau akan kembang kertas ini Teh. Dibalik bentuk dan warnanya yang indah dan mempesona tersimpan khasiat dan manfaat yang baik bagi kesehatan ya hehehe,

pandai ya, pernah jd tki kah.. wkwkwk...

kembangnya cantik yah, jarang lho nemunya..

ternyata kembang kertas ngga cuman indah seperti kertas bunganya ya bu, khasiatnya pun sungguh berguna bagi yang kena disentri dan batuk rejan yang kebetulan dialami oleh tetangga saya, kasih tau beliau ah

Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuanya.semoga selalu menjadi bagi semuanya. salam sukses selalu.Amin
htt://karanganbungapapanblog.wordpress.com
0812.4912.3012