Khasiat Kembang Kertas Bagi Kesehatan

Khasiat Kembang Kertas Bagi Kesehatan. Yang terbayang dari kembang kertas ini adalah bukan khasiat bagi kesehatannya tapi kembang yang indah dengan berbagai varian bentuk dan warna yang mempesona, dan tak terbersit sama sekali dengan khasiat kembang kertas bagi kesehatan. Sebetulnya kembang kertas menyukai tempat-tempat terbuka yang terkena cahaya matahari, biasanya ditaman dipekarangan sebagai tanaman hias atau dibudidayakan untuk diambil bunganya sebagai bunga potong, Kalau dilihat dari sejarahnya tanaman ini merupakan tanaman asli meksiko dan dapat ditemukan diketinggian 1.400 m dpl. Nama botani Kembang kertas sendiri adalah Zinnia elegans Jacq dari suku asteraceae, sebagian daerah menamakannya kembang ratna, sedangkan nama asingnya adalah Bai ri ju, Bai ri zhik (cina) sedangkan nama simplisianya adalah Zinniae elegantis Herba.

Kunjungi juga Khasiat bunga kamboja dan Khasiat bunga kenanga


Khasiat Kembang Kertas Bagi Kesehatan


Sifat dari kembang kertas ini adalah tawardan sejuk belum diketahui secara pasti kandungan dari kembang kertas ini, tapi sebagian ahli menyebutkan bahwa sifat kimia dari kembang kertas ini adalah antiradang (antiimplamasi) dan peluruh kencing (diuretik), masyarakat tradisional manjadikan kembang kertas untuk mengobati beberapa penyakit seperti disentri, batuk rejan, kencing nanah, sakit pada puting susu dan bisul.

Cara pemakaian
Untuk obat yang diminum, rebus herba kembang kertas (10-30 g). sedangkan untuk pemakaian luar, cuci herba kembang kertas segar lalu giling sampai halus, bubuhkan pada bagian tubuh yang sakit seperti bisul dan sakit pada puting susu lalu balut.

Contoh pemakaian kembang kertas

Disentri
Cuci herba kembang kertas dan patiukan kebo, semuanya bahan segar (masing-masing 30 g) tambahkan gula aren sebesar telur puyuh dan rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, setelah dingin saring, minum 2 kali sehari sampai sembuh.

Batuk rejan
Rebus herba kembang kertas(30 g) dan gula batu sebesar kelereng (2 buah) dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, setelah dingin saring, minum sekaligus dukali sehari. baca Obat batuk alami.

Susah Buang air
Sediakan 30 g kembang kertas bersama 30 g daun sendok atau Plantago mayor L, kemudian rebus menggunakan air 500 cc hingga tersisa separuhnya, setelah itu saring dan minum.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang khasiat kembang kertas, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Disqus Comments