Thursday, 26 March 2015

Khasiat Merica Atau Lada Untuk Kesehatan

Lada mempunyai aroma dan rasa yang khas yakni pedas, Tanaman yang bernama ilmiah Piper nigrum Linn ini sudah sangat akrab dengan lingkungan kita, dan selau dipastikan tersedia didapur setiap rumah, sebagian masyarakat menyebutnya pedes (sunda), merica (jawa), lada kecik (bengkulu), marica (makasar), lado ketek (Minang), rica jawa (ternate), dan malita lodawa (gorontalo).

Kandungan Lada (Merica)

Dalam kandungan lada ada bahan kimia kamfena, boron, calamene, carvacrol chavicini, bisabolene, campene, terpenes, alkoloid (piperine, piperoleine, piperanine dan piperonal), protein, mineral, saponin, flavonoid, minyak asiri, kavisin, resin, amilum, zat putih telur serta minyak lada (phellandren).  Kandungan tersebut memberikan khasiat dan efek farmakologis seperti meluruhkan haid, (emenagog), merangsang hormon androgen dan estrogen, mencegah pengeroposan tulang, memberi semangat, merangsang pusat sarap, menghambat prostaglandin, menghilangkan lelah serta merelaksasi otot.


Khasiat Merica Atau Lada


Buah lada bermanfaat untuk kesehatan dan berkhasiat menyembuhklan penyakit seperti :


Impotensi

Rebus 10 g lada, 5 g jahe, 15 g biji kucai, 15 g biji pare kering, dan gula merah secukupnya dalam air 600 ml sampai tersisa setengahnya, setelah itu saring dan minum 2 kali sehari 150 ml.


Masuk angin

Rebus 5 g lada, 15 g jahe, 1 jari kayu manis, 5 g biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkih, 10 g bangle dalam 1 liter air sampai tersisa 500 ml. Saring air rebusannya, lalu minum dua kali sehari 250 ml.


Sakit lambung

Rebus 5 g lada, 10 g jahe, 1 kari kayu manis, 5 g biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkih, 60 g daun lidah buaya yang sudah dikupas kulitnya kedalam  600 ml air sampai tersisa 300 ml, minum rebusannya sekaligus setiap hari.


Mengatasi Hernia

Rebus 8 g lada, 5 butir cengkih, 1 jari kayu manis, 5 g biji pala, 5 butir kapulaga, 15 g biji adas dan 200 g ubi jalar dalam satu liter air sampai menyisakan 500 ml. Minum rebusannya dua kali sehari 250 mldan ubi jalarnya dimakan.


Panas dalam

Rebus 5 g lada dan 1 buah pir dalam 350 ml air sampai mendidih, saring air rebusannya, tambahkan madu secukupnya, lalu diminum saat masih hangat.


Perut kembung

Rebus 5 g lada, 5 butir cengkih, 5 butir kapulaga, kayu manis 1 jari, 5 g biji pala, 30 g kismis, 200 g ubi jalar merah dan 10 g jahe kedalam 1 liter air sampai tersisa 500 ml, minum rebusannya sebanyak 2 kali 250 ml dan ubinya dimakan.


Rematik dan asam urat

Rebus 5 g lada, 10 g jahe merah, 1 jari kayu manis, 5 g biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkih, 200 g ubi jalar merah, dan gula merah secukupnya kedalam 1 liter air hingga menyisakan 500 ml, minum air rebusannya dua kali sehari 250 ml dan ubinya dimakan. Kunjungi Macam-macam Penyakit Reumatik


Sakit kepala

Keringkan 5 g lada, 5 butir cengkih, 1 jari kayu manis, dan 5 biji pala. Tumbuk halus semua bahan kering dan jadikan bubuk, seduh bubuk dengan air panas, lalu minum pada saat masih hangat sekaligus.




Related Posts

Khasiat Merica Atau Lada Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh

40 comments

Tulis comments
avatar
26 March 2015 at 18:11

banyak ternyata khasiat merica
cocok ini untuk saya yang suka masuk angin

Reply
avatar
26 March 2015 at 18:29

ternyata banyak juga ya Teh, manfa'at dari buah lada ini, selama ini saya kira cuma berupa rempah rempah untuk makan saja Teh, eh ternyata banyak sekali manfa'at si buah lada untuk kesehatan.

Reply
avatar
26 March 2015 at 18:30

kalau sakit lambung itu sama gak teh dengan sakit maag, atau sejenisnya, soalnya terserang maag neh teh,

Reply
avatar
26 March 2015 at 19:22

Yang pasti untuk bumbu dapur ya mbak....

Reply
avatar
26 March 2015 at 19:50

Lada rempah-rempah serba guna dan banyak manfaatnya, kok smuanya di jadikan rebusan minuman ya teh, emang khasiatnya beda kalo dicampur makanan...

Reply
avatar
26 March 2015 at 20:00

banyak juga ya mbak kasiat dari mrica itu, kalau di daerah saya mrica ini nama desa lo mbak

Reply
avatar
26 March 2015 at 20:51

Ternyata lada juga boleh dijadikan ubat sakit kepala...
Terima kasih tips nya Santika :)

Reply
avatar
26 March 2015 at 21:33

Lada untuk kesehatan karena menghangatkan badan, tapi bikin pedes

Reply
avatar
26 March 2015 at 22:33

dulu pernah di kasih tau orang kalau merica kita pecah kan lalu direbus dengan air maka bisa mengobati masuk angin dan memperbaiki kerusakan pada lambung. dulunya saya kurang yakin dan ternyata diterangkan juga di sini. makasih sudah memberi ilmu dan pencarahan teh santika. salam sahabat blogger.

Reply
avatar
26 March 2015 at 22:34

yang saya tau kalau beda campuran maka akan memberikan beda manfaat dan akan beda penyakit yang bisa disembuhkan. di coba aja dulu gan.

Reply
avatar
26 March 2015 at 22:35

sama yan...saya juga baru tau di blog ini. jadi bisa membuat beberapa refernsi obat dari keterangan di atas.

Reply
avatar
27 March 2015 at 10:40

boleh dicoba teh soalnya saya kan suka gadang jadi suka masuk angin :D
tapi ribet juga yah ada kayu manisnya juga campurannya...

Reply
avatar
27 March 2015 at 10:47

Selain digunakan sebagai bumbu pada masakan ternyata merica atau lada ini juga bisa bermanfaat buat kesehatan ya teh...cuma saya mah rada kurang suka teh, apalagi kalo lagi makan nasi uduk terus suka kegigit ladanya ih gak enak banget... makanya saya mah kalo menu masakan yang pake merica suka bilang ke ibu atau istri supaya mericanya itu ditumbuk yang halus banget :)

Reply
avatar
27 March 2015 at 10:48

kalo di daerah saya disebutnya pedes mas, tapi kalo lada disaya mah artinya pedas :D

Reply
avatar
27 March 2015 at 19:40

saya sih sering lihat merica yg digunakan bumbu itu teh tp sampai sekarang belum pernah melihan tanamannya

Reply
avatar
27 March 2015 at 19:41

pedas itu kalau menurut saya waktu mandi mata kita kena sabun mas :D

Reply
avatar
27 March 2015 at 19:49

maag itu tukak lambung atau radang lambung, karena terjadi peradangan pada dinding lambung, sakit lambung itu banyak tidak selamanya maag, ada asam lambung, Gastritis, Kanker Lambung dll. untuk mengobati maag lebih efektif dengan menggunakan kunyit vy, tp mesti diperiksa dulu tingkat peradangan pada maagnya..

Reply
avatar
27 March 2015 at 19:51

untuk meramu, perlu seorang herbalis ahli untuk menetukan racikannya mas, dan cara diatas pengobatan ala prof hembing yang bisa dipercaya..

Reply
avatar
27 March 2015 at 19:52

kalao ditempat saya pedas itu buat goes sepeda mas wkwkwk..

Reply
avatar
27 March 2015 at 19:53

sama sama kakak fidah.. terima kasih ya..

Reply
avatar
27 March 2015 at 19:55

sama sama mbah.. makasih juga masih mau singgah kesini, dan terima kasih pada semua tutor yang mbah sarankan sangat membantu..

Reply
avatar
27 March 2015 at 19:57

ya iya atuh akang, tumbuk dulu dan aduk biar merata hehe

Reply
avatar
27 March 2015 at 19:59

makanya mas sesekali main ke kebun, lihat tanaman hijau jangan plototin komputer mlulu hehe..

Reply
avatar
27 March 2015 at 20:01

coba atuh, jangan belum apa apa udah hese hehe..

Reply
avatar
27 March 2015 at 20:36

namanya juga lada mas, kalau mau asin silahkan aja emutin garam he

Reply
avatar
27 March 2015 at 20:37

iya atuh, masa onderdil sih hehe

Reply
avatar
27 March 2015 at 22:05

Tanaman merica sayapun belum pernah melihatnya mba. Dan untuk obatpun saya baru tahu kali ini ...

Reply
avatar
28 March 2015 at 06:49

terutama poin pertama biar greng heheh

Reply
avatar
28 March 2015 at 06:51

kalau mericanya sering khan melihatnya ... he

Reply
avatar
28 March 2015 at 06:52

tanaman ini saya yang belum punya, dulu pernah menanam, tapi ditebang gegara merambat ke rumah tetangga ... hehe

Reply
avatar
28 March 2015 at 08:15

dan juga kalau makannyapun pasti sering ya mas..

Reply
avatar
28 March 2015 at 08:16

nah sekarang nanam lagi dong ya mang..

Reply
avatar
28 March 2015 at 08:25

Infonya selalu bermanfaat benget teh. Saya baru tau kalau impoten sama perut kembung bisa di obati dengan merica.
Mungkin itulah knapa masakan di rumah selalu pakai merica. Mungkin biar g impoten kali ya. wkwkwkwkwkwkw......

Reply
avatar
28 March 2015 at 13:15

merica bisa untuk hernia ya terimakasih share pengetahuan ini Teh

Reply
avatar
29 March 2015 at 15:04

Katanya bagus untuk pernafasan jugak, Teh.. :D

Reply