Wednesday, 25 March 2015

Khasiat Kumis Kucing

Khasiat Kumis Kucing. Kumis Kucing adalah tanaman yang tumbuh tegak tapi cenderung membentuk semak atau rimbun. Kumis Kucing sangat ber khasiat, Nama ilmiahnya adalah Orthosiphon aristatus (BL) Miq, sedangkan nama daerah adalah kumis kucing (melayu) kumis ucing (sunda), soengut koceng (madura). Adapun nama asingnya Mao xu cao (Cina), cats whiskers (Inggris). Tingginya mencapai 1-2 m, batangnya coklat keunguan kadang kemerahan bentuknya persegi empat, daunnya berbentuk belah ketupat dengan sisi kasar tak teratur, permukaanya berbintik lantaran mengandung minyak asiri, Bunganya ungu pucat atau putih. tanaman ini terdapat didataran rendah, sangat baik dijadikan tanaman hias.

Tanaman kumis kucing bermanfaat bagi kesehatan dan sudah sejak lama sering dijadikan obat untuk penyakit tertentu karena mengandung minyak atsiri, zat samak, minyak lemak, orthosiphonglikosida, sapononin, sapofonin, garam dan myoinonsitol. Sedangkan efek farmakologisnya yaitu anti radang, peluruh kencing (diuretik) dan penghancur batu saluran kencing berkhasiat menyembuhkan penyakit seperti infeksi ginjal, darah tinggi, kencing batu, encok dan demam, bisa disajikan dalam bentuk segar ataupun kering.


Khasiat Kumis Kucing


Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat kumis kucing bagi kesehatan seperti :

Khasiat Kumis Kucing


Kencing batu

Ambilah daun kumis kucing yang sudah dikeringkan, lalu seduh sebagaimana membuat air teh, tambahkan gula aren secukupnya kemudian diminum.


Darah tinggi

Siapkan daun kumis kucing basah dan yang kering sebanyak 50 gram, daun yang kering direbus dengan air secukupnya setelah dibersihkan terlebih dahulu. Daun kumis kucing yang segar diseduh dengan air panas, setelah itu saring hasil saringannya diminum secara teratur setiap hari. Baca juga Tanaman Obat Darah Tinggi


Demam

Ambilah akar kumis kucing kira-kira 100 gram, kemudian bersihkan. Lalu rebus akar kumis kucing dengan air 2000 ml hingga mendidih, setelah itu saring dan air rebusannya diminum 1 gelas setiap hari.


Encok

Rebus 30 gram daun kumis kucing dan 30 gram meniran dalam 3 gelas hingga menyisakan setengahnya, setelah dingin diminum 3 kali sehari 1/2 gelas.


Keputihan

Sediakan 1 genggam kumis kucing bersama daun beluntas 1 genggam, jinten hitam 1 sdm madu, lalu biji kemukus 10 biji. Kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih sampai tersisa 1 gelas saja, Minum rebusan ramuan tersebut 1/2 gelas setiap hari pagi sore.


Demikianlah sedikit informasi tentang khasiat kumis kucing yakni tanaman hias yang sering dijadikan obat tradisional ini, Terima kasih.


Related Posts

Khasiat Kumis Kucing
4/ 5
Oleh

31 comments

Tulis comments
avatar
25 March 2015 at 21:02

wah wah banyak sekali kegunaandan manfaat Kumis kucing ya. Sampai kepada obat untuk menyembuhkan ENCOK hiehiehiee. Konon ENCOK ini dierita kaum lanjut usia ya mba. Padahal kan ENCOK bisa menyerang siapa saja

Reply
avatar
25 March 2015 at 21:42

Ternyata mafaat n khasiatnya luar biasa ya mbak :)

Reply
avatar
fiu
25 March 2015 at 22:02

kumis kucing aaj bnyk manfaattnya ....
apalagi kumis nya sy ,,,, bnyak banget...hehe
ada yg coba ramuan kumis sy ? :D

Reply
avatar
26 March 2015 at 01:07

ada efek sampingnya ndak mas fiu? hehehe

Reply
avatar
26 March 2015 at 02:00

lawong cuman seuprit gitu koq mas.kwkwkw

Reply
avatar
26 March 2015 at 02:01

tanaman kumis kucing emang banyak banget khasiatnya yateh.nggak ada efek sampingnya juga

Reply
avatar
26 March 2015 at 06:35

betul mas, penyakit encok kebanyakan para manula..

Reply
avatar
26 March 2015 at 06:36

mba sus.. piye kabare mba.. mau kumis kucing mba..

Reply
avatar
26 March 2015 at 06:37

se uprit mana berasa ya mas wkwkwk..

Reply
avatar
26 March 2015 at 06:37

asli tanaman obat dan dari dulu sangat berkhasiat mas..

Reply
avatar
26 March 2015 at 06:57

ih Mas Fiu punya kumis kayak kumis lele aja bangga...
*padahal kumis saya juga cuma seumprit :D

Reply
avatar
26 March 2015 at 06:59

Wah kumis kucing nie banyak juga ya teh manfaatnya, dan saya juga baru tahu nie teh kalo ternyata kumis kucing bisa juga buat obat darah tinggi...

Reply
avatar
26 March 2015 at 07:00

saya nasi kucing aja deh teh, 3 bungkus ajah...

Reply
avatar
26 March 2015 at 07:02

umumnya sih gitu ya teh, mungkin karena udah banyak baut dan mur nya yang dah pada kendor kali ya...tapi mungkin juga bisa dialami oleh kalangan anak muda teh...

Reply
avatar
26 March 2015 at 07:03

mungkin masih banyak orang yang belum mengetahuinya teh, termasuk saya :)

Reply
avatar
26 March 2015 at 07:19

betul mas itu hanya sebagian, bahkan saya baca dari buku hembing, kumis kucingpun dapat atasi asam urat..

Reply
avatar
26 March 2015 at 07:21

kumis pulisi, Kumis ngumpul di sisi. xixixi..

Reply
avatar
26 March 2015 at 07:49

daun kumis kucing mulai langka padahal banyak sekali khasiatnya ya apalagi dipadukan dengan keji beling

Reply
avatar
26 March 2015 at 08:24

Wah banyak juga ya khasiatnya :)

Reply
avatar
26 March 2015 at 08:36

saya termasuk juga loh,
hebat ya?

Reply
avatar
26 March 2015 at 08:38

saya yang baru ngeh, ternyata bisa buat nyembuhin demam ya Teh?
OK, saya catat, Insya Allah sebagai alternatif yang baik buat kami sekeluarga.

Reply
avatar
26 March 2015 at 09:28

tambah hebat ramuannya ya mas..

Reply
avatar
26 March 2015 at 09:30

makasih ya dicatet.. bawa pensilnya mas..?

Reply
avatar
26 March 2015 at 10:22

Dulu waktu kecil, saya masih ingat ketika sedang demam suka dikasih kumis kucing, dan itu sangat ampuh sekali teh , Tapi sayangnya sekarang agak jarang saya lihat kumis kucing ini . . .

Reply
avatar
26 March 2015 at 10:57

Kumis kucing ternyata biarpun tanaman liar banyak manfaatnya juga ya teh..

Salam satriyoku

Reply
avatar
26 March 2015 at 11:42

dikirain bisa buat kencing batu aja. banyak juga sekalinya. Terimakasih infonya

Reply
avatar
26 March 2015 at 11:50

kencing batu itu kaya gimana sih teh?

Reply
avatar
26 March 2015 at 13:50

wahhh kerenn ternyata tanaman hias kumis kucing ini banyak sekali yah manfaatnya :)

Reply