Khasiat Cakar Ayam

Khasiat Cakar Ayam. Cakar ayam  adalah tumbuhan yang kurang dikenal dimasyarakat, tapi sebetulnya tanaman ini sangat banyak dilingkungan kita, maklum cakar ayam namanya kalah tenar oleh tanaman hias semacam lidah buaya atau bunga mawar apalagi khasiatnya. Sebetulnya cakar ayam ini sejenis tumbuhan paku-pakuan yang banyak dijumpai ditebing, jurang atau tempat teduh lainnya, memang cakar ayam menyukai suhu yang dingin, bentuknya jorong berujung meruncing. tumbuhnya tegak tinggi 15-35 cm, permukaannya hijau tua berdaun hijau muda dengan panjang 4-5 cm. Nama botaninya adalah Selaginella doederleinii hieron dari suku selaginellaceae, kalau didaerah sunda cakar ayam namanya paku rene, jawa rumput solo, jakarta menter, sedangkan dicina dinamai shi shang be atau juan bai, karena tumbuhan ini termasuk tumbuhan herba yang mempunyai khasiat untuk penyembuhan.

Fungsi Pengobatan Cakar Ayam
Rasa dari tumbuhan cakar ayam adalah manis sedikit hangat, masuk ke meridian paru, hati dan lambung. Cakar ayam mempunyai beberapa khasiat yang penting untuk kesehatan diantaranya mengatasi sakit tenggorokan, batuk, infeksi saluran nafas (bronkhitis), radang paru (pneumonia), radang akut amandel (tonsilitis akut), hepatitis akut dan kronis, radang kandungan empedu (kolesistitis), pengerasan hati (sirosis), perut busung (asites), radang kongjungtiva mata (kongjungtivitis), infeksi saluran kencing, diare, disentri, keputihan (leukorea), tulang patah (fraktur), mimisan, batuk darah, berak darah serta kanker.




Khasiat Cakar Ayam


Contoh Penggunaan Ramuan cakar ayam

Seluruh tanaman herba telah dikeringkan dapat digunakan. sediakan herba kering (15-30 g), untuk kanker (50-100 g). Rebus bahan tersebut dalam 5 gelas air dengan api kecil selama 3-4 jam. setelah dingin minum air rebusannya beberapa kali sehingga habis dalam sehari.

Untuk pemakaian luar, iris tipis tipis  herba segar ini, lalu tempelkan ketempat yang sakit, gunakan untuk pengobatan rematik, koreng, patah tulang dan luka berdarah.

You Might Also Like:

Disqus Comments