Mengulas Khasiat Tanaman

Khasiat Cakar Ayam

Khasiat Cakar Ayam. Cakar ayam  adalah tumbuhan yang kurang dikenal dimasyarakat, tapi sebetulnya tanaman ini sangat banyak dilingkungan kita, maklum cakar ayam namanya kalah tenar oleh tanaman hias semacam lidah buaya atau bunga mawar apalagi khasiatnya. Sebetulnya cakar ayam ini sejenis tumbuhan paku-pakuan yang banyak dijumpai ditebing, jurang atau tempat teduh lainnya, memang cakar ayam menyukai suhu yang dingin, bentuknya jorong berujung meruncing. tumbuhnya tegak tinggi 15-35 cm, permukaannya hijau tua berdaun hijau muda dengan panjang 4-5 cm. Nama botaninya adalah Selaginella doederleinii hieron dari suku selaginellaceae, kalau didaerah sunda cakar ayam namanya paku rene, jawa rumput solo, jakarta menter, sedangkan dicina dinamai shi shang be atau juan bai, karena tumbuhan ini termasuk tumbuhan herba yang mempunyai khasiat untuk penyembuhan.


Khasiat Cakar Ayam

Fungsi Pengobatan Cakar Ayam

Rasa dari tumbuhan cakar ayam adalah manis sedikit hangat, masuk ke meridian paru, hati dan lambung. Cakar ayam mempunyai beberapa khasiat yang penting untuk kesehatan diantaranya mengatasi sakit tenggorokan, batuk, infeksi saluran nafas (bronkhitis), radang paru (pneumonia), radang akut amandel (tonsilitis akut), hepatitis akut dan kronis, radang kandungan empedu (kolesistitis), pengerasan hati (sirosis), perut busung (asites), radang kongjungtiva mata (kongjungtivitis), infeksi saluran kencing, diare, disentri, keputihan (leukorea), tulang patah (fraktur), mimisan, batuk darah, berak darah serta kanker.

Contoh Penggunaan Ramuan cakar ayam

Seluruh tanaman herba telah dikeringkan dapat digunakan. sediakan herba kering (15-30 g), untuk kanker (50-100 g). Rebus bahan tersebut dalam 5 gelas air dengan api kecil selama 3-4 jam. setelah dingin minum air rebusannya beberapa kali sehingga habis dalam sehari.

Untuk pemakaian luar, iris tipis tipis  herba segar ini, lalu tempelkan ketempat yang sakit, gunakan untuk pengobatan rematik, koreng, patah tulang dan luka berdarah.


10 Komentar untuk " Khasiat Cakar Ayam "

mbak didaerah saya kok susah nyari tanaman ini ya -,- .. jadi ga bisa meraktekin

Baru tahu tentang ini Santika. Menyimak dulu aje ya...
Kalau di sini, saya tak tahu nama nya apa...

nah kalau masalah ceker ayam saya sih lumayan tau dan doyan, tapi kalau ada tumbuhan cakar ayam ini, saya malah baru taunya di sini teh. dan masalah manfaat saya udah yakin kalau yang diterangkan dapat dijadikan referensi buat kesehatan...

oh ya teh...masalah daftar sahabat blogwalking saya minta maaf. kemarin sudah saya link tapi yaitulah kekurangan saya malah sahabat dekat sendiri malah lupa dimasukin. maaf ya teh cantik heeee

sekarang sudah saya masukkan link blog teteh di daftar sahabat blogwalking. maksudnya biar kawan-kawan semua bisa menggunakannya sebagai alat untuk berblogwalking ria ke blogger lainnya.

maaf ya teh atau kelupaannya...salam sahabat blogger.

ga apa apa ko mbah, ngerti ko santai aja.. tapi terima kasih perhatiannya sampai disusul kemari, aku jadi ga enak.. dan aku berhenti cemberut lho hihi..

kalau ga nemu carinya di apotik herbal, pasti ada..

ya silahkan kak fidah.. coba googling dulu nama tanaman ini disana

oh betul, itu memang jenis paku, biasanya kalau pergi ke pegunungan mudah sekali menemukan si cakar ayam ini di tepi-tepi jalan atau lereng, dekat akar-akar pohon yang tanahnya agak basah dan lembap.
ternyata khasiatnya ada juga ya mbak

wah..bermanfaat banget ya.. aku juga pernah nyari-nyari pengen berkebun sendiri. sampai aku bela-belain membeli tanaman online di kebunbibit.id. Makasih infonya mbak

gak papa teh...cemberut aja, tetap aja cantik kok. heheheeeee

yang butuh bibit cakar ayam bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com. Siap kirim ke seluruh Indonesia