Khasiat Buah Anggur

Khasiat Buah Anggur. Buah anggur termasuk family vitaceae dan genus vitis. bentuk buah anggur yang berkhasiat ini bulat kecil mendekati lonjong dengan kulit berwarna merah kehitaman, hijau, atau ungu. jenis asam pada buah anggur adalah asam sitrat dan maleat. Rasa buah anggur yang manis disebabkan karena tingginya kadar glukosa dan fruktosa.

Khasiat Buah anggur dengan berbagai macam varian dan juga hasil olahannya selain bisa dikonsumsi sebagai pencuci mulut setelah makan atau sebagai buah penyegar, ternyata buah anggur bermanfaat bagi kesehatan. Buah anggur segar mengandung berbagai macam vitamin dan antioksodan yang berkhasiat bagi kesehatan. Berikut kandungan buah anggur dalam setiap 100 gram buah segar.

Kandungan Buah Anggur


Energi 75 kal
Protein 0.4 g
Lemak 0.36 g
Karbohidrat 19.7 g
Kalsium 6 mg
Fosfor 24.4 mg
Serat 1.7 g
Besi 0.4 mg
Vitamin A 66 SI
Vitamin B1 0.05 mg
Vitamin B2 0.02 mg
Vitamin C 3 mg
Niacin 0.2 g

Kandungan Vitamin, mineral, serta antioksidan dalam anggur berkhasiat untuk membersihkan hati, memeperbaiki fungsi ginjal, membantu pembentukan sel darah merah, mencegah kerusakan gigi, menonaktifkan virus yang berada dalam tubuh, serta membantu menurunkan kolesterol. Berikut paparan dan khasiat buah anggur lainnya


Khasiat Buah Anggur

Hindari ancaman kanker

Buah anggur pada bagian kulit buahnya mengandung senyawa resveratrol sebagai anti kanker,  Pada buah anggur juga mengandung molekul kuersetin, folifonelat dan flavonoid yang memiliki struktur hidroksil, senyawa tersebut mampu menghambat oksidasi radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab penyakit kanker dan jantung.

Atasi kelelahan

Khasiat lainya adalah untuk mengatasi kelelahan dan hipoglikemi, karena buah anggur mengandung gula alami yang sangat tinggi terutama dalam bentuk glukosa dan fruktosa.

Lindungi jantung

Flavonoid merupakan senyawa fitokimia yang dapat mencegah oksidasi LDL 20 kali lebih kuat daripada vitamin E yang dikenal sebagai atioksidan alami.

Hindari darah tinggi

Melatanin pada buah anggur sangat efektif  atasi hipertensi, study menyebutkan asupan melatonin selama seminggu akan mengalami penurunan tekanan darah sistlik secara signifikan. Baca juga Tanaman Obat Darah Tinggi

Penambah stamina

Anggur diyakini sebagai makanan afrodisiak (pembangkit gairah), karena vitamin C yang baik dalam membentuk kolagen serta kandungan gulanya memulihkan stamina sehabis bekerja dan sebagai penambah energi alami yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Baca Makanan Sehat Alami Penambah Stamina

Meningkatkan imunitas

Kandungan vitamin B1, B2, C dan K pada buah anggur sangat berkhasiat untuk tubuh dan dapat meningkatkan imunitas dan penyembuhan luka.

Merawat kecantikan

Sudah sejak lama buah anggur dijadikan perawatan kecantikan, kandungan vitamin C dan antioksidannya sangat berguna sebagai perawat kulit wajah untuk menghilangkan kerutan, noda flek, bekas jerawat juga mengencangkan kulit dan melembabkan kulit wajah. Kulit terlihat cantik alami dengan terapi buah anggur.

Sediakanlah buah anggur selalu agar kesehatan terjaga dari luar dan dalam.

You Might Also Like:

Disqus Comments