Mengulas Khasiat Tanaman

Cara Tradisional Atasi Alergi

Alergi merupakan gangguan kepekaan atau reaksi yang berlebihan dari tubuh terhadap benda-benda tertentu (alergen). Alergi sering menyerang orang yang tubuhnya sensitif terhadap rangsangan-rangsangan dari luar ataupun dari dalam tubuh. Reaksi yang berlebihan tersebut terulang kembali jika tubuh kemasukan lagi benda asing (alergen) yang sama.


Cara Tradisional Atasi Alergi


Penyebab Alergi

Alergen berupa bahan makanan tertentu, debu, serbuk, sari bunga, bulu binatang, bantal kapuk atau obat-obatan tertentu, bahan alergen masuk kedalam tubuh melalui saluran pencernaan, saluran pernafasan, suntikan, atau terpapar kulit. Bagi penderita alergi, harus dijaga benda-benda yang dapat menyebabkan alergi. Jika disebabkan karena makanan atau obat tertentu, segera hentikan pemakaian dan bawa kerumah sakit. Sebagai pencegahan dan pengobatan beberapa resep herbal bisa dijadikan alternatif bagus seperti :

1. 15 g sambiloto, 30 g temulawak yang sudah dikupas, 30 g meniran, semua bahan itu dikumpul jadi satu lalu direbus kedalam air 800 cc lalu saring. Diminum 2 kali sehari.

2. Sediakan 100 cc cuka beras hitam, 30 g jahe tumbuk, dan gula merah secukupnya, rebus semua bahan dengan 300 cc air mendidih, kemudian minum selagi hangat.

3. Siapkan patikan cina 60, dan 10 lembar daun sirih, setelah itu cuci bersih kedua bahan tersebut lalu rebus dengan 600cc air hingga mendidih, setelah dingin gunakan untuk mencuci ruam pada kulit yang alergi.

4. Sediakan 25 kunyit tua yang sudah dikupas, 30 g sambiloto segar. Cuci kunyit dan daun sambiloto hingga bersih dan halus, lalu oleskan pada bagiab kulit yang gatal karena alergi.

5. Siapkan 4 lembar daun kelor, 1 siung bawang merah dan adas pulosari 5 gram lalu rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas, lalu saring. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore satu gelas.

6. Sediakan 7 lembar daun sirih, 1 ruas bangle lalu parut, kemudian dicampur dengan 1 sendok teh minyak kayu putih. Gosokan pada badan setiap hari sampai alergi hilang. Ramuan ini untuk alergi gatal-gatal.
20 Komentar untuk " Cara Tradisional Atasi Alergi "

wah makasih banyak tipsnya mbak sangat bermamfaat :)

daun sirih bisa buat alergi juga ya... mantap.... ;)

wah penting banget nih, paling tidak ini bisa untuk pertolongan pertama atau mungkin alternatif pengobatan alergi sebelum dibawa ke dokter, ijin kopi resepnya yia..

Artikelnya informatif banget teh, setidaknya setelah mengetahui alternatif untuk pencegahan alergi nantinya gak terlalu khawatir banget. Alhamdulillah sampe saat nie saya gak pernah tuh ngalamin alergi

menarik pengaobatan ala tradisional menggunakan bahan-bahan alam yang alami selalu menarik dan tentunya nggak pake zat-zat kimia yang berbahaya. bisa jadi pilihan terbaik untuk atasi alergi. semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan

wah saya perlu mempersiapkan bahan2 ini nih teh.
soalnya saya sering alergi karena kapuk bantal nih

kalau makanan alhamdulillah gak ada yang alergi mbk saya, tapi kalau bulu-buluan itu yang bikin saya alergi..

gimana kalau bantal yang itu mas

cocok nih, saya suka alergi terkena AC terlalu yang dingin

aku biasanya kena alergi kalo musim panas, alergi karena berkeringat

Saya simpan dulu tips2 nya...sepertinya sangat berguna ni.
Saya ada juga alami alergi kalau berada di kawasan yang berhabuk dan kalau makan seafood. Selalunya di atasi dengan makan ubat2 modern. Rupanya ada cara yang lebih tradisional alami...Terima kasih infonya Santika.

makasih banyak share dan tipsnya mbak santika :)

Alhamdulillah, aku tidak mempunyai riwayat penyakit alergi tapi untuk menjaga-jaga hal ini juga bisa jadi pemberitahuan bagi yang belum tau caranya seperti apa (y)

Alergi Paling sering terjaid pada anak dan cukup memusingkan

Saya termasuk alergi udara dingin mbak ,sering sering berjemur di pagi hari

apalagi anak kecil ya mba,kekebalan tubuhnya masih lemah..

mengapa bawang merah dapat digunakan sebagai pertolongan pertama pada alergi?