Cara Tradisional Atasi Alergi

Cara Tradisional Atasi Alergi. Alergi merupakan gangguan kepekaan atau reaksi yang berlebihan dari tubuh terhadap benda-benda tertentu (alergen). Alergi sering menyerang orang yang tubuhnya sensitif terhadap rangsangan-rangsangan dari luar ataupun dari dalam tubuh. Reaksi yang berlebihan tersebut terulang kembali jika tubuh kemasukan lagi benda asing (alergen) yang sama.

Penyebab Alergi
Alergen berupa bahan makanan tertentu, debu, serbuk, sari bunga, bulu binatang, bantal kapuk atau obat-obatan tertentu, bahan alergen masuk kedalam tubuh melalui saluran pencernaan, saluran pernafasan, suntikan, atau terpapar kulit. Bagi penderita alergi, harus dijaga benda-benda yang dapat menyebabkan alergi. Jika disebabkan karena makanan atau obat tertentu, segera hentikan pemakaian dan bawa kerumah sakit. Sebagai pencegahan dan pengobatan beberapa resep herbal bisa dijadikan alternatif bagus seperti :

1. 15 g sambiloto, 30 g temulawak yang sudah dikupas, 30 g meniran, semua bahan itu dikumpul jadi satu lalu direbus kedalam air 800 cc lalu saring. Diminum 2 kali sehari.

2. Sediakan 100 cc cuka beras hitam, 30 g jahe tumbuk, dan gula merah secukupnya, rebus semua bahan dengan 300 cc air mendidih, kemudian minum selagi hangat.

3. Siapkan patikan cina 60, dan 10 lembar daun sirih, setelah itu cuci bersih kedua bahan tersebut lalu rebus dengan 600cc air hingga mendidih, setelah dingin gunakan untuk mencuci ruam pada kulit yang alergi.

4. Sediakan 25 kunyit tua yang sudah dikupas, 30 g sambiloto segar. Cuci kunyit dan daun sambiloto hingga bersih dan halus, lalu oleskan pada bagiab kulit yang gatal karena alergi.

5. Siapkan 4 lembar daun kelor, 1 siung bawang merah dan adas pulosari 5 gram lalu rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas, lalu saring. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore satu gelas.

6. Sediakan 7 lembar daun sirih, 1 ruas bangle lalu parut, kemudian dicampur dengan 1 sendok teh minyak kayu putih. Gosokan pada badan setiap hari sampai alergi hilang. Ramuan ini untuk alergi gatal-gatal.

You Might Also Like:

Disqus Comments