Thursday, 12 February 2015

Mengenal Istilah Pengobatan Medis

Mengenal Istilah Pengobatan Medis. Mungkin kita sering membaca atau mendengar beberapa istilah pengobatan medis maupun istilah pengobatan herbal yang sering dijumpai dirumah sakit, klinik, media maupun dilingkungan sekitar yang terkadang asing maknanya bagi sebagian orang yang tidak begitu akrab dengan dunia pengobatan. Bagi seorang dokter atau seseorang yang bergelut dalam dunia terapi istilah-istilah medis adalah penggunaan sehari hari, namun bagi kita mungkin agak sulit memahami istilah tersebut. Berikut saya sajikan beberapa istilah yang sering dijumpai pada dunia pengobatan, walau tak lengkap semoga bisa membantu.

Baca juga Mengenal Macam-macam Penyakit Tulang
dan Macam-macam Penyakit Reumatik




Mengenal Istilah Pengobatan Medis




Istilah Pengobatan Medis


  1. Abortivum, abortifacient : Obat yang dapat menggugurkan kandungan
  2. Ambeien : Wasir
  3. Amenorrhoea : tidak datang menstruasi
  4. Analgetik : Menghilangkan rasa sakit
  5. Anemia : Kurang darah atau kurang sel darah merah atau kadar hemoglobin rendah
  6. Anestetik : Obat pemati rasa
  7. Anhidrotik : mengurangi keringat
  8. Anthelmintik : obat yang mematikan cacing didalam usus
  9. Antidiare : Obat yang dapat menghentikan mencret
  10. Antidot : Penawar racun
  11. Anti-edema : Anti busung air
  12. Anti-emetik : Pencegah mual
  13. Antilithik : Obat yang dapat menghilangkan batu ginjal atau empedu
  14. Antiparalitik : Mencegah kelumpuhan
  15. Antiphlogistik : Anti-implamasi atau anti radang
  16. Antipiretik : Penurun panas
  17. Antiaskorbutik : Obat yang mencegah atau menyembuhkan kekurangan vitamin C
  18. Antisialik : Mencegah pengeluaran air liur
  19. Antipasmodik : Obat pereda kolik / kejang
  20. Antitusif : Obat batuk
  21. Aperient : Pencahar ringan
  22. Aphthae : sariawan atau luka kecil berwarna putih pada lidah dan didalam mulut
  23. Apopleksia : Stroke dengan pendarahan diotak
  24. Ardor urine : rasa panas sewaktu kencing
  25. Aromatik : Obat yang memberi rasa wangi, pedas, dan stimulan ringan
  26. Asma : sesak nafas akibat menyempitnya saluran pernapasan
  27. Astringent  :Pengelat ; zat yang dapat menyebabkan pengerutan selaput lendir setelah pemberian lokal; obat yang dapat menghentikan sekresi atau pendarahan
  28. Aphrodisiak : Obat penambah birahi
  29. Bronkhitis : Radang saluran napas
  30. Demulcent : Agen yang dapat menyejukan kulit dan selaput sendiri
  31. Depuratif  : Pembersih darah
  32. Dermatitis : Radang kulit
  33. Diaporetik : Peluruh keringat; Obat yang dapat meningkatkan pengeluaran keringat
  34. Diuretik : Peluruh kencing; Obat yang memperbanyak pengeluaran air kencing
  35. Dysmenorrhoea : Rasa sakit sewaktu menstruasi/haid
  36. Dysuria : Rasa sakit dan sukar kencing
  37. Ekspektoran : Peluruh dahak ; Obat yang mempermudah pengeluaran dahak
  38. Emenagog : Peluruh haid, Obat yang membuat siklus haid menjadi teratur
  39. Emetik : Penyebab muntah
  40. Emolien : Pelembut kulit; obat untuk menghilangkan iritasi
  41. Pebrifuge : Agen yang digunakan untuk mengurangi demam
  42. Galaktagog : Agen yang dapat memperbanyak produksi dan memperlancar pengeluaran air susu ibu (asi)
  43. Galaktosupresen : Penghenti asi
  44. Hemostatik : Penghenti pendarahan
  45. Hipnotik : Obat tidur
  46. Hipotensif : Penurun tekanan darah
  47. Insektisida : Permbunuh serangga
  48. Karminatif : Peluruh kentut; obat
  49. kolagog  : Pelancar pengeluaran empedu kedalam duedenum
  50. Kathartik : Obat yang dapat merangsang pergerakan usus
  51. Kolangitis : Radang saluran empedu
  52. Kolelithiasis : Batu pada saluran empedu
  53. koleretik : Obat yang dapat meningkatkan produksi empedu
  54. Kolesistisis : Radang kandung empedu
  55. Kolik  : Rasa nyeri akinat kejang saluran rongga seperti usus, saluran kencing (ureter) saluran empedu
  56. kontraseptif  : Pencegah kehamilan
  57. Korigen saporis : Zat yang dapat memperbaiki rasa
  58. Laksan : Pencahar
  59. Maturatif  : Mempercepat pemasakan (misalnya bisul atau abses)
  60. Miotik : penyempit pupil mata
  61. Parturifasien : Mempermudah persalinan
  62. Purgatif  : Pencahar
  63. Roboronsia : Tonikum, Obat penyegar, penambah daya tenaga
  64. Rubifasien : Perangsang kulit ringan untuk menghilangkan nyeri
  65. Scabies  : Kudis, infeksi kulit oleh sarcoptes scabiei
  66. Sedatif  : Obat penenang
  67. Sialagoga  : Peluruh liur
  68. Spasmolitik : Pereda kolik / kejang
  69. Stimulan : Obat penyegar
  70. Stomakik  : Obat yang dapat meningkatkan nafsu makan
  71. Tonikum : Obat untuk menguatkan badan
  72. Urolithiasis : Batu pada saluran air kencing
  73. Urtikan : Ruam kulit
  74. Vermifuge  : Obat untuk mengeluarkan cacing dari usus
  75. Vesicant : Agen yang dapat menyebabkan lepuh
  76. Vulnerari : Obat yang mempercepat penyembuhan luka

Demikianlah beberapa istilah dalam dunia pengobatan yang bisa saya sampaikan, mohon maaf bila tak lengkap, semoga bermanfaat.


Related Posts

Mengenal Istilah Pengobatan Medis
4/ 5
Oleh

69 comments

Tulis comments
avatar
12 February 2015 at 11:16

Istilah dalam pengobatan medis ini sering dibaca di artikel blog sehingga kadang-kadang enggak tau artinya, mbak. So, artikel ini dapat jadi panduan, mbak. Terima kasih...

Reply
avatar
fiu
12 February 2015 at 12:18

klo lesi di mediastinum itu apa bu dokter ,,,, :)

Reply
avatar
12 February 2015 at 12:58

Istilah pengobatan medisnya banyak juga yah mbak cocok sekali buat mereka yang skolah di jurusan farmasi or kedokteran :)

Reply
avatar
12 February 2015 at 14:26

ya betul sekali bang uda, barang kali saja panduan ini bermanfaat, dijadikan sebagai rujukan..

Reply
avatar
12 February 2015 at 14:28

kalau panduannya ga ada disini tidak boleh bertanya haha..

Reply
avatar
12 February 2015 at 14:29

iya cocok banget buat mas ainul yang pengen jadi dokter atau bidan hehe..

Reply
avatar
12 February 2015 at 14:30

ga usah dihafal, ga ada ulangannya kok hehe..

Reply
avatar
12 February 2015 at 14:44

ini apaan mbak, kayaknya pernah lihat deh, banyak betul istilah pengobatan medis ya, wah bisa di jadikan refrensi nih

Reply
avatar
12 February 2015 at 14:58

ini pelajaran hari ini mas, lumayan banyak ya.. dijamin diklinik sebelah ga ada seperti ini hehe

Reply
avatar
12 February 2015 at 16:30

yang jadi ahli medisnya itu mbk Santika yach, mau dong diobatin. hehee

Reply
avatar
12 February 2015 at 16:31

Banyak kata awalannya yg make kata "anti" ya mbak :)

Reply
avatar
12 February 2015 at 17:31

Ada banyak perkataan baru yang saya jumpa di situ.
Tolong bagi saya hipnotik 3 bungkus :) :)

Thanks infonya Santika.

Reply
avatar
12 February 2015 at 19:20

Lengkap sekali teh, seperti kamus medis ya... Istilah karminatif lucu juga kalo di artikan. :)

Reply
avatar
13 February 2015 at 00:40

banyak sekali untuk istilah-istilah pengobatan medis ini, nah tentunya untuk yang sekolah difarmasi /keperawatan tentunya istilah tsb wajib hapal ya teh santika :D

Reply
avatar
13 February 2015 at 08:42

ahli medisnya bang toyib mas, masih tetep mau..? hehe

Reply
avatar
13 February 2015 at 08:47

iya mba supaya anti susah aja hehe..

Reply
avatar
13 February 2015 at 08:48

Hahaha... kenape.. susah tidur kah..?
sini saya pijit supaya rileks dan tidur haha

Reply
avatar
13 February 2015 at 08:49

makasi makasih, ternyata mas fazri mau membaca hehe

Reply
avatar
13 February 2015 at 08:50

tentu saja mesti hapal, jangan kalah sama bloger macam saya hehe

Reply
avatar
13 February 2015 at 09:22

dari istilah medis diatas, saya mau tanya mbak, mbak Tika ini seorang tenaga medis ya? karena beberapa istilah diatas ada yang belum pernah saya tahu..

Reply
avatar
13 February 2015 at 09:32

sama sekali bukan mba, cuma keluargaku saja yang berkutat dibidang herbal, jadi banyak sekali panduan terapis dirumah hehe.. makasih ya..

Reply
avatar
13 February 2015 at 11:20

kebetulan dik bungsu saya seorang dokter jadi kalau ada kebingungan dengan istilah-istilah pengobatan bisa nanya samadia, kalau si dia ngga tau juga, ya nanya ke blog neng eceu ini ajah atuh yah.

Reply
avatar
13 February 2015 at 11:25

duh kirain aku diangkat jadi adik kang lembu, boro atoh hee

Reply
avatar
13 February 2015 at 13:02

jadi suami dokter deh maunya

Reply
avatar
13 February 2015 at 13:03

weiss ternyata sekarang jadi bikin kamusnya ya Teh?

Reply
avatar
13 February 2015 at 16:15

sangat menambah wawasan sekali teteh,, kadang kita hanya bisa menggunakannya saja tanpa mengetahui arti dari yang kita gunakan tersebut.. makasih teteh cantik...

Reply
avatar
13 February 2015 at 16:41

Untuk Mengenal 76 Istilah Pengobatan Medis di atas kayaknya aku gak sanggup kalau menghafal :v
Selalu bertambah wawasan kalau main ke Blog ini..

Reply
avatar
13 February 2015 at 19:36

Banyak banget ya istilah pengobatan medis ini...
cuma beberapa istilah doang yang familiar buat saya mah selebihnya mah teu nyaho :D

Reply
avatar
13 February 2015 at 21:32

Kak Lembu...!
Dipanggil IbuE..,

Reply
avatar
13 February 2015 at 21:33

kalo kamar sebelah.. cara mudah menghapal obat2an Teh Cantik..!
semua berakhiran vian..ae dst..

kalo di sini.. diurut sesuai A B C D sampai selesai..

berarti Analgetik mengandung opium/heroin ya Teh Cantik..
untuk istilah aprodyte.. pernah nonton pilem2 romawi ..ada nama inih..

seandainya..bangsa kita peradabannya lebih dahulu maju.. pasti istilah pengobatan medis seperti di atas beda..

contoh..untuk istilah
Bronkhitis..diganti dgn TERMEHEKMEHEK..

hehehehe... Cucu Raksasa Datang...!

Reply
avatar
13 February 2015 at 21:36

Udaak..!,
itu sudah sy patenkan..(teteh cantik.)., cuma sy yg bisa pake ituh..
hapus..hapus..

Reply
avatar
14 February 2015 at 00:02

mantap teh santi. BTW, teh santika pakar medis ya . spesifiknya teh santika kerja di bidang apa teh. Saya aja gak semua kehafal . hehe

Reply
avatar
14 February 2015 at 00:21

wkwkwk.... :D
hee...kalo jadi dokter atau perawat baru di hafal :)

Reply
avatar
14 February 2015 at 06:50

widih mas rolly ada kembarannya hehe

Reply
avatar
14 February 2015 at 06:51

Hahaha.. special buat kakakku fidah

Reply
avatar
14 February 2015 at 06:52

semacam daftar antri aja mas zach hehe..

Reply
avatar
14 February 2015 at 06:53

haha.. sewa sebentar ga apa toh mas hihi..

Reply
avatar
14 February 2015 at 06:54

mba dian bisa aja merendah ya, banyak pelajaran yang harus saya gali dari karya maba dian.. terus berkarya ya mba..

Reply
avatar
14 February 2015 at 06:55

dengan baca diatas, panduan supaya nyaho haha..

Reply
avatar
14 February 2015 at 07:03

termehek mehek haha, dan tonikum = samson, Dysuria = selang spbu mempet hihi jadi lucu mas..

Reply
avatar
14 February 2015 at 07:05

ah ga sehebat mas zibur ko dalam memandu analisanya, saya cuma pencari berita mas, tapi info diatas bisa dipertanggung jawabkan ko hehe

Reply
avatar
14 February 2015 at 07:13

Hehe iya dong mba, sayang kalo gak dibaca, kan bisa nambah pengetahuan.. dan Siapa tau bisa berguna di kehidupan sehari hari...

Reply
avatar
14 February 2015 at 09:38

betewe nih neng...betewe yah.

di G+ nya kok artikel bulan desember sih yang nongol...kan saya jadi salah kamar mulu tuh...mendingan kalau kamar c eneng mah...:D

Reply
avatar
14 February 2015 at 09:43

hehehe.. maaf kang, kan kang cilembu yang ngajarinnya supaya traffiknya naik lagi..

Reply
avatar
14 February 2015 at 12:27

76 istilah pengobatan medis di atas sudah cukup lengkap buat saya mbk, kayaknya saya bakalan bisa jadi dokter nih. hehee

Reply
avatar
14 February 2015 at 12:35

kepala saya langsung cemut cemut nih teh mencoba menghafalkan istilah pengobatannya.
banyak banget sih

Reply
avatar
14 February 2015 at 12:42

saya juga ikut menyewa teteh cantik ahh..

Reply
avatar
14 February 2015 at 19:53

hahahahaha, ah bu dokter bisa aja nih ,,,, :P

Reply
avatar
15 February 2015 at 07:21

buanyak teh, lumayan jadi kenal, kalo ngapalin nggak deh :)

Reply
avatar
15 February 2015 at 07:21

benturin aja ke tembok gan...haha

Reply
avatar
15 February 2015 at 07:28

Haha.. mas mas lagi ngurumpi apaan sih..?

Reply
avatar
15 February 2015 at 07:29

biar ga kayak mas yanto ya hehe..

Reply
avatar
15 February 2015 at 08:17

mas fiu ada kembarannya juga hehe

Reply
avatar
15 February 2015 at 15:58

wah banyak banget istilahnya, saya ingetnya cuma akhiran -itis, biasanya terkait peradangan/inflamasi :)

Reply
avatar
15 February 2015 at 19:12

maaf teh Santi baru berkunjung....lengkap teh istilah kedokterannya...
saya binun klo lagi kerja saya sering diserang 2 gejala penyakit,
Batuk = bawaannya ngantuk
Radang Paru = rajin datang tapi pulang buru buru .. :D

Reply
avatar
15 February 2015 at 23:38

katanya ni ya mbak, tapi kalau ndak salah, kalau mau masuk ke akademik kedokteran memang harus kudu tahu bahasa inggris ya, soalnya pelajarannya banyak emnggunakan bahasa inggris :D

Reply
avatar
fiu
16 February 2015 at 09:50

ada kembaran ? diman mbk ?

Reply
avatar
18 February 2015 at 10:43

Si Kuro kenak scabies.. Nyebelin banget.. :'

Reply