Mengulas Khasiat Tanaman

Mengenal Istilah Pengobatan Medis

Mengenal Istilah Pengobatan Medis. Mungkin kita sering membaca atau mendengar beberapa istilah pengobatan medis maupun istilah pengobatan herbal yang sering dijumpai dirumah sakit, klinik, media maupun dilingkungan sekitar yang terkadang asing maknanya bagi sebagian orang yang tidak begitu akrab dengan dunia pengobatan. Bagi seorang dokter atau seseorang yang bergelut dalam dunia terapi istilah-istilah medis adalah penggunaan sehari hari, namun bagi kita mungkin agak sulit memahami istilah tersebut. Berikut saya sajikan beberapa istilah yang sering dijumpai pada dunia pengobatan, walau tak lengkap semoga bisa membantu.

Baca juga Mengenal Macam-macam Penyakit Tulang
dan Macam-macam Penyakit Reumatik




Mengenal Istilah Pengobatan Medis




Istilah Pengobatan Medis


  1. Abortivum, abortifacient : Obat yang dapat menggugurkan kandungan
  2. Ambeien : Wasir
  3. Amenorrhoea : tidak datang menstruasi
  4. Analgetik : Menghilangkan rasa sakit
  5. Anemia : Kurang darah atau kurang sel darah merah atau kadar hemoglobin rendah
  6. Anestetik : Obat pemati rasa
  7. Anhidrotik : mengurangi keringat
  8. Anthelmintik : obat yang mematikan cacing didalam usus
  9. Antidiare : Obat yang dapat menghentikan mencret
  10. Antidot : Penawar racun
  11. Anti-edema : Anti busung air
  12. Anti-emetik : Pencegah mual
  13. Antilithik : Obat yang dapat menghilangkan batu ginjal atau empedu
  14. Antiparalitik : Mencegah kelumpuhan
  15. Antiphlogistik : Anti-implamasi atau anti radang
  16. Antipiretik : Penurun panas
  17. Antiaskorbutik : Obat yang mencegah atau menyembuhkan kekurangan vitamin C
  18. Antisialik : Mencegah pengeluaran air liur
  19. Antipasmodik : Obat pereda kolik / kejang
  20. Antitusif : Obat batuk
  21. Aperient : Pencahar ringan
  22. Aphthae : sariawan atau luka kecil berwarna putih pada lidah dan didalam mulut
  23. Apopleksia : Stroke dengan pendarahan diotak
  24. Ardor urine : rasa panas sewaktu kencing
  25. Aromatik : Obat yang memberi rasa wangi, pedas, dan stimulan ringan
  26. Asma : sesak nafas akibat menyempitnya saluran pernapasan
  27. Astringent  :Pengelat ; zat yang dapat menyebabkan pengerutan selaput lendir setelah pemberian lokal; obat yang dapat menghentikan sekresi atau pendarahan
  28. Aphrodisiak : Obat penambah birahi
  29. Bronkhitis : Radang saluran napas
  30. Demulcent : Agen yang dapat menyejukan kulit dan selaput sendiri
  31. Depuratif  : Pembersih darah
  32. Dermatitis : Radang kulit
  33. Diaporetik : Peluruh keringat; Obat yang dapat meningkatkan pengeluaran keringat
  34. Diuretik : Peluruh kencing; Obat yang memperbanyak pengeluaran air kencing
  35. Dysmenorrhoea : Rasa sakit sewaktu menstruasi/haid
  36. Dysuria : Rasa sakit dan sukar kencing
  37. Ekspektoran : Peluruh dahak ; Obat yang mempermudah pengeluaran dahak
  38. Emenagog : Peluruh haid, Obat yang membuat siklus haid menjadi teratur
  39. Emetik : Penyebab muntah
  40. Emolien : Pelembut kulit; obat untuk menghilangkan iritasi
  41. Pebrifuge : Agen yang digunakan untuk mengurangi demam
  42. Galaktagog : Agen yang dapat memperbanyak produksi dan memperlancar pengeluaran air susu ibu (asi)
  43. Galaktosupresen : Penghenti asi
  44. Hemostatik : Penghenti pendarahan
  45. Hipnotik : Obat tidur
  46. Hipotensif : Penurun tekanan darah
  47. Insektisida : Permbunuh serangga
  48. Karminatif : Peluruh kentut; obat
  49. kolagog  : Pelancar pengeluaran empedu kedalam duedenum
  50. Kathartik : Obat yang dapat merangsang pergerakan usus
  51. Kolangitis : Radang saluran empedu
  52. Kolelithiasis : Batu pada saluran empedu
  53. koleretik : Obat yang dapat meningkatkan produksi empedu
  54. Kolesistisis : Radang kandung empedu
  55. Kolik  : Rasa nyeri akinat kejang saluran rongga seperti usus, saluran kencing (ureter) saluran empedu
  56. kontraseptif  : Pencegah kehamilan
  57. Korigen saporis : Zat yang dapat memperbaiki rasa
  58. Laksan : Pencahar
  59. Maturatif  : Mempercepat pemasakan (misalnya bisul atau abses)
  60. Miotik : penyempit pupil mata
  61. Parturifasien : Mempermudah persalinan
  62. Purgatif  : Pencahar
  63. Roboronsia : Tonikum, Obat penyegar, penambah daya tenaga
  64. Rubifasien : Perangsang kulit ringan untuk menghilangkan nyeri
  65. Scabies  : Kudis, infeksi kulit oleh sarcoptes scabiei
  66. Sedatif  : Obat penenang
  67. Sialagoga  : Peluruh liur
  68. Spasmolitik : Pereda kolik / kejang
  69. Stimulan : Obat penyegar
  70. Stomakik  : Obat yang dapat meningkatkan nafsu makan
  71. Tonikum : Obat untuk menguatkan badan
  72. Urolithiasis : Batu pada saluran air kencing
  73. Urtikan : Ruam kulit
  74. Vermifuge  : Obat untuk mengeluarkan cacing dari usus
  75. Vesicant : Agen yang dapat menyebabkan lepuh
  76. Vulnerari : Obat yang mempercepat penyembuhan luka

Demikianlah beberapa istilah dalam dunia pengobatan yang bisa saya sampaikan, mohon maaf bila tak lengkap, semoga bermanfaat.


69 Komentar untuk " Mengenal Istilah Pengobatan Medis "

Istilah dalam pengobatan medis ini sering dibaca di artikel blog sehingga kadang-kadang enggak tau artinya, mbak. So, artikel ini dapat jadi panduan, mbak. Terima kasih...

klo lesi di mediastinum itu apa bu dokter ,,,, :)

Istilah pengobatan medisnya banyak juga yah mbak cocok sekali buat mereka yang skolah di jurusan farmasi or kedokteran :)

ya betul sekali bang uda, barang kali saja panduan ini bermanfaat, dijadikan sebagai rujukan..

kalau panduannya ga ada disini tidak boleh bertanya haha..

iya cocok banget buat mas ainul yang pengen jadi dokter atau bidan hehe..

ga usah dihafal, ga ada ulangannya kok hehe..

ini apaan mbak, kayaknya pernah lihat deh, banyak betul istilah pengobatan medis ya, wah bisa di jadikan refrensi nih

ini pelajaran hari ini mas, lumayan banyak ya.. dijamin diklinik sebelah ga ada seperti ini hehe

yang jadi ahli medisnya itu mbk Santika yach, mau dong diobatin. hehee

Banyak kata awalannya yg make kata "anti" ya mbak :)

Ada banyak perkataan baru yang saya jumpa di situ.
Tolong bagi saya hipnotik 3 bungkus :) :)

Thanks infonya Santika.

Lengkap sekali teh, seperti kamus medis ya... Istilah karminatif lucu juga kalo di artikan. :)

banyak sekali untuk istilah-istilah pengobatan medis ini, nah tentunya untuk yang sekolah difarmasi /keperawatan tentunya istilah tsb wajib hapal ya teh santika :D

ahli medisnya bang toyib mas, masih tetep mau..? hehe

Hahaha... kenape.. susah tidur kah..?
sini saya pijit supaya rileks dan tidur haha

makasi makasih, ternyata mas fazri mau membaca hehe

tentu saja mesti hapal, jangan kalah sama bloger macam saya hehe

dari istilah medis diatas, saya mau tanya mbak, mbak Tika ini seorang tenaga medis ya? karena beberapa istilah diatas ada yang belum pernah saya tahu..

sama sekali bukan mba, cuma keluargaku saja yang berkutat dibidang herbal, jadi banyak sekali panduan terapis dirumah hehe.. makasih ya..

kebetulan dik bungsu saya seorang dokter jadi kalau ada kebingungan dengan istilah-istilah pengobatan bisa nanya samadia, kalau si dia ngga tau juga, ya nanya ke blog neng eceu ini ajah atuh yah.

duh kirain aku diangkat jadi adik kang lembu, boro atoh hee

weiss ternyata sekarang jadi bikin kamusnya ya Teh?

sangat menambah wawasan sekali teteh,, kadang kita hanya bisa menggunakannya saja tanpa mengetahui arti dari yang kita gunakan tersebut.. makasih teteh cantik...

Untuk Mengenal 76 Istilah Pengobatan Medis di atas kayaknya aku gak sanggup kalau menghafal :v
Selalu bertambah wawasan kalau main ke Blog ini..

Banyak banget ya istilah pengobatan medis ini...
cuma beberapa istilah doang yang familiar buat saya mah selebihnya mah teu nyaho :D

kalo kamar sebelah.. cara mudah menghapal obat2an Teh Cantik..!
semua berakhiran vian..ae dst..

kalo di sini.. diurut sesuai A B C D sampai selesai..

berarti Analgetik mengandung opium/heroin ya Teh Cantik..
untuk istilah aprodyte.. pernah nonton pilem2 romawi ..ada nama inih..

seandainya..bangsa kita peradabannya lebih dahulu maju.. pasti istilah pengobatan medis seperti di atas beda..

contoh..untuk istilah
Bronkhitis..diganti dgn TERMEHEKMEHEK..

hehehehe... Cucu Raksasa Datang...!

Udaak..!,
itu sudah sy patenkan..(teteh cantik.)., cuma sy yg bisa pake ituh..
hapus..hapus..

mantap teh santi. BTW, teh santika pakar medis ya . spesifiknya teh santika kerja di bidang apa teh. Saya aja gak semua kehafal . hehe

wkwkwk.... :D
hee...kalo jadi dokter atau perawat baru di hafal :)

semacam daftar antri aja mas zach hehe..

haha.. sewa sebentar ga apa toh mas hihi..

mba dian bisa aja merendah ya, banyak pelajaran yang harus saya gali dari karya maba dian.. terus berkarya ya mba..

dengan baca diatas, panduan supaya nyaho haha..

termehek mehek haha, dan tonikum = samson, Dysuria = selang spbu mempet hihi jadi lucu mas..

ah ga sehebat mas zibur ko dalam memandu analisanya, saya cuma pencari berita mas, tapi info diatas bisa dipertanggung jawabkan ko hehe

Hehe iya dong mba, sayang kalo gak dibaca, kan bisa nambah pengetahuan.. dan Siapa tau bisa berguna di kehidupan sehari hari...

betewe nih neng...betewe yah.

di G+ nya kok artikel bulan desember sih yang nongol...kan saya jadi salah kamar mulu tuh...mendingan kalau kamar c eneng mah...:D

hehehe.. maaf kang, kan kang cilembu yang ngajarinnya supaya traffiknya naik lagi..

76 istilah pengobatan medis di atas sudah cukup lengkap buat saya mbk, kayaknya saya bakalan bisa jadi dokter nih. hehee

kepala saya langsung cemut cemut nih teh mencoba menghafalkan istilah pengobatannya.
banyak banget sih

saya juga ikut menyewa teteh cantik ahh..

hahahahaha, ah bu dokter bisa aja nih ,,,, :P

buanyak teh, lumayan jadi kenal, kalo ngapalin nggak deh :)

Haha.. mas mas lagi ngurumpi apaan sih..?

wah banyak banget istilahnya, saya ingetnya cuma akhiran -itis, biasanya terkait peradangan/inflamasi :)

maaf teh Santi baru berkunjung....lengkap teh istilah kedokterannya...
saya binun klo lagi kerja saya sering diserang 2 gejala penyakit,
Batuk = bawaannya ngantuk
Radang Paru = rajin datang tapi pulang buru buru .. :D

katanya ni ya mbak, tapi kalau ndak salah, kalau mau masuk ke akademik kedokteran memang harus kudu tahu bahasa inggris ya, soalnya pelajarannya banyak emnggunakan bahasa inggris :D

Si Kuro kenak scabies.. Nyebelin banget.. :'