Thursday, 19 February 2015

Makanan Untuk Mencerdaskan Anak

Makanan Untuk Mencerdaskan AnakTak sedikit orang tua yang mengeluhkan tentang kondisi pada daya ingat anaknya, banyak kasus terjadi dengan memaksa menekan sistem belajar pada anak berharap anak untuk cerdas justru tak membuahkan hasil yang positif, walau diiming-imingi hadiah yang menggiurkan tetapi malah menjadikan anak semakin tertekan, stres dan menghindari sistem belajar yang telah diterapkan. Jika sudah demikian siapa yang salah? si anak tak bisa disalahkan dengan kemampuannya, banyak faktor pendukung yang membuat anak lambat dalam menyerap pelajaran yang diberikan, tercatat Faktor lingkungan, sosial, turunan dan kesehatan adalah survey yang paling tinggi, atau mungkin faktor makanan  nutrisi dan gizi pada pertumbuhan otak anak yang terhambat, dimana protein dan nutrisi adalah inti untuk dapat memberikan rangsangan pertumbuhan pada otak untuk anak agar bisa cerdas.

Makanan Untuk Mencerdaskan AnakMenurut Bethany thayer jubir American Dietetic menjelaskan ; "organ yang paling kelaparan adalah otak, sebab yang pertama kali menyerap nutrisi dari makan adalah otak" Dengan demikian patutlah diperhatikan dalam memberikan konsumsi makanan sehari hari bagi anak, Berikut makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi dan diharapkan bisa menjadi Makanan Untuk Mencerdaskan Anak.



Makanan Untuk Mencerdaskan Anak
Blueberry diharapkan menjadi makanan untuk mencerdaskan anak. Antosianin yang merupakan bagian antioksidan pada blueberry dipercaya mampu meningkatkan daya ingat dan menghindari penyakit Alzheimer. dengan memberi konsumsi blueberry pada anak dipercaya mampu memberikan kordinasi memory yang sangat seimbang, demikianlah menurut penelitian US Highbush Blueberry Council. Buah-buahan yang tidak terlalu jauh khasiatnya dengan blueberry adalah strowberry. Baca Khasiat buah strowberry

Salmon

Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber yang kaya akan asam omega-3, DHA dan EPA, kedua komponen ini menurut pakar nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak. Penelitian menemukan bahwa anak yang mengkonsumsi salmon mempunyai performa lebih baik pada tes mental.


Alpukat

Alpukat diharapkan menjadi makanan untuk mencerdaskan anak karena alpukat mempunyai zat omega, besi, vitamin E, zhodium dan phosfor, kandungan vitamin dan nutrisinya mampu membungkus selaput otak dengan baik. Silahkan baca buah alpukat berkhasiat untuk kesehatan.


Pisang

Glukosa pada buah pisang sanggup memberikan energi yang baik pada otak, disamping buah pisang mempunyai sifat anti radang dan penawar racun, juga mengandung B6 yang bertugas sebagai koenzim bagi metabolisme protein sorotin, dimana neutransmitter yang sangat baik untuk fungsi otak. Baca Aneka manfaat pohon pisang


Telur

Telur diharapkan menjadi makanan untuk mencerdaskan anak, lantaran tak diragukan lagi telur adalah sumber protein baik bagi tubuh juga otak, kandungan choline pada kuning telur sangat membantu bagi perkembangan fungsi memori pada otak, Sepertinya tak sulit menghidangkan sajian telur sesering mungkin bagi anak-anak untuk pertumbuhannya.


Sayur hijau

Sayuran merupakan sumber vitamin yang lengkap, tercatat vitamin dalam sayuran hijau adalah Vitamin C, B komplek, vitamin A, E dan D. selain itu tak dipungkiri lagi kandungan karetonoidnya adalah antioksidan alami yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan otak pada anak. carilah cara supaya anak menyukai sayuran, memang kebanyakan anak  selalu tidak menyukai hidangan dalam jenis sayuran.


Susu dan Yoghurt

Susu sangat kaya akan protein juga viyamin B, kandungan lemak pada susu tidak berbahaya untuk pertumbuhan anak, komponen-komponen ini sangatlah penting bagi pertumbuhan jaringan otak. Susu dan yoghurt menyediakan protein dan karbohidrat, sumber energi yang sangat baik untuk pertumbuhan otak.


Daging rendah Lemak

Zat besi pada daging adalah mineral yang sangat penting untuk menjaga anak agar tetap berenergi, Daging sapi adalah solusi terbaik untuk mendapatkan kandungan besi pada daging yang rendah akan lemak, daging sapi juga mengandung seng yang berfungsi membantu memori otak agar tetap fokus.


konsumsi diatas adalah hal yang sangat disarankan bagi orang tua untuk anak-anaknya agar dapat merangsang pertumbuhan otak dan menyerap dengan memorinya secara baik. Jadi jangan salahkan anak jika tak mampu berprestasi jika orang tuanya tidak memberikan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan otaknya. demikianlah saya berikan bahasan Makanan Untuk Mencerdaskan Anak walau tak lengkap tapi semoga bermanfaat

Related Posts

Makanan Untuk Mencerdaskan Anak
4/ 5
Oleh

62 comments

Tulis comments
avatar
19 February 2015 at 15:12

blekberry termasuk kategori makanan untuk menceradaskan anak Ya Teh cantik..

Reply
avatar
19 February 2015 at 15:19

iyya Jenk..!
diparuk dulu.. hasil parutan inih ditaburkan ke mata.., jgn lupa yg persegi empat hitam/putih yg ada di dalamnya.. serbuknya ditumbuk sehalus mungkin.., lalu usapkan ke sekujur tubuh..

agar khasiatnya lebih mantap lagi.. pin-pin blekberrynya.. diulek dgn cabai, setengah ons saja, nda usah banyak2.. soalnya harga cabai lagi naek...liat perubahan warna setelah diulek.. kalo warnanya masih sama.. didiamkan dolo sejenak.. sekitar setengah jam-anlah, sambil tunggu perubahannya.. Jenk..bisa Sruput kopi dulu ato apalah..

maen ke rumah tetangga jg nda apa. tp mesti diingat.. jika tidak tepat waktu saat perubahan warna inh.. khasiat blekberrynya sdh menguap.. BEGETE JENK..!,

Reply
avatar
19 February 2015 at 15:21

hey...!
pulang..pulang.. , nda tau malu.. masih di sini sj..ayo Pulang..!

Reply
avatar
19 February 2015 at 15:23

Tapi katanya yang lebih mendapatkan kecerdasan pada anak harus makan ikan salom teh

Reply
avatar
19 February 2015 at 15:41

mas al lagi uji nyali ya, ngbahas BlekBeri di blueberry hehe, mas al lulus dari tes kecerdasan.. tapi silahkan yang punya pin ditaro didepan.. hehe

Reply
avatar
19 February 2015 at 15:43

ikan salmon memang bagus mba, biasanya saya baca artikel kebanyakan orang jepang makan salmon malah mentahnya..

Reply
avatar
19 February 2015 at 15:43

betul banget ceu ai, ikan selam paling top, kandungan omega dan proteinnya paling tinggi..

Reply
avatar
19 February 2015 at 15:43

Resipi tidak lengkap. Di goreng atau di rebus.?..Soalnya tak boleh makan blekberi mentah!

Reply
avatar
19 February 2015 at 15:44

Resipi tidak lengkap. Di goreng atau di rebus.?..Soalnya tak boleh makan blekberi mentah!

Reply
avatar
19 February 2015 at 15:46

hampir semua panduan untuk kecerdasan dan kesehatan ikan salmon selalu mendapatkan absensi yang baik, apalagi dimakan mentah atau tidak matang, semua gizi dan proteinya diserap tubuh..

Reply
avatar
19 February 2015 at 15:51

haha.. betul banget harus diseripi, mana ada yang makan blekberi mentah mas al hihi..

Reply
avatar
19 February 2015 at 16:02

Tinggal mengkomplitkan menu makanan yang belum ada dan terbiasa dimakan oleh anak saya nih Mba untuk mambantu mencerdaskan pikirannya. Terimakaish atas sharingnya ya Mba...

Reply
avatar
19 February 2015 at 16:03

pisang dan alpukat selain nikmat rasanya ternyata juga mencerdaskan anak ya teh :)

Reply
avatar
19 February 2015 at 16:12

aku suka pisang berarti aku bisa cerdas dong mba santika :D

Reply
avatar
19 February 2015 at 16:18

betul mas indra walau tak lengkap aku cari yang mudah ditemukan saja cukup melengkapi sajian sehari hari mas, terima kasih mas..

Reply
avatar
19 February 2015 at 16:20

betul mas cipto, hampir rata rata anak menyukai buah ini ya, jika tak biasa dimakan langsung bisa disajikan dalam bentuk lain ya..

Reply
avatar
19 February 2015 at 16:21

o betul bingit, mba ipah kan anak cerdas, masih muda sudah pandai cari uang, lewat tulisan lagi.. Sip

Reply
avatar
19 February 2015 at 16:22

Ya orang tua sudah seharusnya memberikan makan dengan menu-menu yang dapat mencerdaskan otak si anak... tapi sayangnya pas disekolah banyak jajanan yg memakai bumbu penyedap seperti vetsin, yang notabenya dapet merusak jaringan otak si anak...

Reply
avatar
19 February 2015 at 17:44

wah perlu di coba nih, biar anak bisa cerdas dan berpikiran lancara dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, trims sharingnya mbak

Reply
avatar
19 February 2015 at 19:04

salmon memang bagus untuk mencerdaskan otak ya teh,,tapi kalau alpukat baru tau teh,,hehehe gak salah saya suka alpukat :D

Reply
avatar
19 February 2015 at 20:05

biasanya untuk melengkapi kebutuhan omega3, DHA dan EPA, banyak yang mengkonsumsi scott emulsion teh, ada kandungan minyak ikan salmon klo ga salah, maaf menyebutkan merk.

Reply
avatar
19 February 2015 at 20:10

nah kalau yang ini pas betul untuk meningkatkan kecerdasan anak saya mbak...terima kasih ilmunya.

Reply
avatar
19 February 2015 at 21:36

kandungan omega dalam salmon sangat bagus untuk mencerdaskan anak ya teh?? info yang bermanfaat teh.terimakasih sudah share :D

Reply
avatar
19 February 2015 at 23:19

wah, saya juga tadinya mau posting akan topik ini Teh Santika hehehe. . Sangat setuju sekali jika telur sangat baik bagi kecerdasan otak anak,

Reply
avatar
20 February 2015 at 08:38

nah itu dia mas, tak sedikit orangtua yang memberikan bekal makanan cukup ke sekolah untuk menjaga agar tidak jajan sembarangan.. cukup baik sih, tapi sianak biasanya tak setuju ya mas..

Reply
avatar
20 February 2015 at 08:40

sama sama pak guru, pasti mas per lebih faham yah..

Reply
avatar
20 February 2015 at 08:41

tak salah dong, alpukat kan bervitamin yah..

Reply
avatar
20 February 2015 at 08:46

ya itu nutrisi dan vitamin lengkap, dan jaminan bpom, buatan pabrik Glaxo SmithKline, itu setahuku

Reply
avatar
20 February 2015 at 08:47

sama sama mbah.. doain yah supaya anak anak kita pintar dan berprestasi

Reply
avatar
20 February 2015 at 08:49

sepertinya demikian mba, terima kasih juga yah...

Reply
avatar
20 February 2015 at 08:50

ga apa atu kang, posting lagi aja yah sama akang yang lebih lengkap. demi anak bangsa juga kan..

Reply
avatar
20 February 2015 at 10:19

bermanfaat sekali sharenya, perlu sekali sebagai orang tua mengetahui ini, untuk saya juga yang anaknya masih balita.

Reply
avatar
20 February 2015 at 10:28

ya mas, semoga saja ada manfaatnya ya ..

Reply
avatar
20 February 2015 at 14:30

langsung bungkus semua makanan yang ada diatas biar saya jadi cerdas :D

Reply
avatar
20 February 2015 at 16:35

benar banget mbak, selain dari ASI, nutrisi dari sayuran dan buah-buahn seperti blueberry sering saya berikan kepada anak cewek saya yang masih berumur kurang 2 tahun, mungkin kecerdasannya belum terlihat tapi kalau sudah nyanyi lagu alif ba ta, balonku, cicak didinding dengan suaranya yang cadel bikin gemes mbak.. :)
namun sayangnya, anak saya tidak boleh makan pisang dulu mbak..

Reply
avatar
20 February 2015 at 16:50

baru tahu kalau otak yang paling kelaparan...di antara organ tubuh lainnya....
keep happy blogging always,,,salam dari Makassar :-)

Reply
avatar
21 February 2015 at 11:12

Meskipun udah gak anak-anak... tappi saya suka semua jenis makanan yang teteh sebutkan diatas kecuali daging, gak terlalu suka.... hehe

Reply
avatar
21 February 2015 at 13:27

ya teteh santika, nanti saya akan posting hehehe

Reply
avatar
21 February 2015 at 17:19

ehmmm yang samaan ciee ciee :v

Reply
avatar
21 February 2015 at 17:21

apa cuman saya doang yang belom pernah makan blackbary :v

Reply
avatar
21 February 2015 at 20:59

Sorry, lambat komen. Hari tu di tes komen guna HP. Hasilnya dobel....huhu.
So, tak jadi untuk sambung komen.
Terima kasih tips nya. Memang faktor makanan sangat penting untuk perkembangan otak anak2.

Reply
avatar
22 February 2015 at 02:53

kalau saya malah sering di keluhkan anak saya karena mudahnya lupa. ini juga bermanfaat untuk daya ingat mereka yangbl sudah dewasa tidak Teh Santika

Reply
avatar
22 February 2015 at 08:46

Ada 2 postingan yang berseberangan yang saya baca hari ini. Teh Santika nan cantik menulis makanan yang bisa menngkatkan kecerdasan anak. Sedangkan di artikelnya Ucu Setiwati menulis Makanan Makanan yang Dapat Merusak Kecerdasan Otak . Hiehehiheihee. Tinggal disinergikan aja hiehiehheihee.

By the way Buss Way, saya agak jarang ketemu ikan SALMON di Pontianak Dulu pernah satu kali icip icip ikan Salmon di Bali sekitar tahun 2010 lalu

Reply
avatar
22 February 2015 at 13:06

kak Al kok nyuruh saya pulang sih, saya kan baru nongol..takut kesaingin ya?

Reply
avatar
22 February 2015 at 13:07

untung saya selalu menyediakan salmon dimeja makan demi cerdasnya anak-anak tetangga saya, maklum saya masih lajang nih...kak :D

Reply
avatar
22 February 2015 at 17:26

walahhh ketinggalan euy,,,,,,makanan-makan itu dikonsumsi anak2 akan menjadi pintar,,,,,itu anak2 gimana kalau bapak2 yah ( banyol ) oklah haturnuhun TEH CANTIK untuk infonya,,,

Reply
avatar
22 February 2015 at 17:28

sama dong saya juga selalu sediakan ikan salmon di meja makan,walau hanya berupa brosur,,,,,,,

Reply
avatar
22 February 2015 at 23:27

Sumpah teh, baru tahu saya ternyata HP Blackberry (BB) itu diambil dari jenis makanan toh, selama ini yang saya tahu cuma blueberry dan strowberry saja, ternyata blackberry juga ya, Cerdas juga mas Al

Reply
avatar
22 February 2015 at 23:30

wadduh...!! kayaknya ada sedikit kalimat yang perlu diralat dech tu teh, mbah dinan bilang biar mencerdaskan anak saya, teh santika balasnya dengan anak kita.

Reply
avatar
22 February 2015 at 23:31

kalau untuk anak, makan ikan salmonnya ya anak ikan salmon kang dede, nah kalau untuk bapak-bapak makan ikan salmonnya yang bapak ikan, gitu.?
hehe..!!

Reply
avatar
23 February 2015 at 05:46

makanan yang cocok banget buat anak, apalagi dimasa pertumbuhan...

kalo buat saya yg sudah tua gini gimana teh? :)

Reply
avatar
23 February 2015 at 09:21

untuk bapak-bapak, makannya ditemani ibu yang masak ikan salmon saja :)

Reply
avatar
23 February 2015 at 09:22

oiya, kayaknya saya belum pernah makan ikan salmon, ada yang mau kirimi gak ya?

Reply
avatar
23 February 2015 at 10:01

Adeku gak suka minum susu, harus dipaksa kaya gini Hehe.

Reply
avatar
23 February 2015 at 11:00

loch...saya justru paling doyan makan blekberi mentah, sebab menurut orang pintar, makanan mentah itu proteinnya masih murni

Reply
avatar
23 February 2015 at 11:43

semuanya bermanfaat ya....untungnya anak saya dirumah ekstra perhatian dari mamanya jadi udah pasti asupannya cocok dan mencerdaskan.

Terima kasih teh atas sharingnya....saya akan mempelajarinya untuk diterapkan pada anak saya

Reply
avatar
23 February 2015 at 12:40

nah masih sering makan ikan sama sayur aja mbak buat anak saya...tapi lumayanlah...masalah otak lumayan cerdas...
sisanya saya kasih buah yang tidak di jus...kebetulan dianya suka buah-buahan. makasih infonya.

Reply
avatar
26 March 2015 at 19:59

bagus ini sob daftar menu makanan nya, bisa buat bahan referensi buat ane kelak kalau udah punya anak, biar mereka pada sehat yak

Reply
avatar
21 October 2015 at 01:50

makan telur hahah adalah kesukaan ku alias itu yang bisa di beli

Reply
avatar
23 October 2015 at 13:40

Harus dimaksimalkan juga makanan tersebut dengan vitamin anak cerdas tara kid agar lebih sempurna hasilnya

Reply