Mengulas Khasiat Tanaman

Khasiat Tapak Dara

Tapak dara atau bahasa botaninya catharanthus roseus banyak dipelihara sebagai tanaman hias, tapak dara sering dibedakan menurut jenis bunganya, yaitu putih dan merah, tumbuhan yang berjenis semak ini dapat mencapai ketinggian batang sampai 100 cm ini sebenarnya merupakan tumbuhan liar yang biasa tumbuh subur dipadang atau dipedesaan beriklim tropis, ciri-ciri tumbuhan ini memiliki batang yang bulat dengan diameter berukuran kecil, berkayu beruas dan bercabang serta berambut, daunnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau dan diklasifikasikan berdaun tunggal, bunganya indah menyerupai terompet dengan pemukaan berbulu halus.
Baca juga Khasiat Bunga Melati
Manfaat bunga matahari untuk kesehatan

Nama lain dari tapak dara adalah Lochnera rosea, L (latin) Chang Chun Hua (China), Perwinkle (Inggris), Keminting Cina, Rumput jalang (Malaysia). Adapaun nama daerah disebagian Indonesia adalah : Kembang tambaga beureum (sunda), Kembang sari cina, paku rane (Jawa), rutu-rutu (Sumatera), Tapak lima (Bali), Sindapor (sulawesi), dan Usia (Maluku).

Kandungan Tapak Dara

Dari akar daun serta bunga tapak dara merupakan tanaman berkhasiat dan mengandung unsur unsur zat kimiawi yang bermanfaat untuk pengobatan, antara lain vinkristin dan vinleurosin merupakan kandungan komposisi zat alkaloid dari tapak dara. kandungan lainnya vinleurosin, vinrosidin, tetrahydroalstonine, vindoline, vindolinine, akuammine, vincamine, vincristine, vinblastine, reserpine, ajmalicine, dan serpentine, catharanthine, leurosine, norharman dan lochnerine, Dengan komposisi kandungan seperti itu tapak dara berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit diantaranya :


Manfaat Khasiat Tapak Dara

Diabetes melitus

Cara membuatnya : 10-16 lembar daun tapak dara direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga menyisakan 1 gelas, setelah dingin diminum, diulangi sampai sembuh


Hipertensi

15-20 gram daun tapak dara kering 10 gram bunga krisan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih, disaring diminum  sore setiap hari

Leukimia

20-25 gram daun tapak dara kering dan adas pulawaras direbus dengan 1 liter air dan disaring, diminum 2 kali sehari pagi dan sore.


Asma dan bronkhitis

1 potong benggol tapak dara direbus dengan 5 gelas air diminum 2 kali sehari pagi dan sore.


Demam

1 genggam (12-20 gram) daun tapak dara direbus dengan 4 gelas air hingga menyisakan 1 gelas diminum setiap hari pagi dan sore.


Radang perut dan disentri

17-30 gram daun tapak dara yang kering direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih diminum pagi dan sore.


Kurang darah

4 putik bunga tapak dara direndam dengan 1 gelas air kemudian ditaruh diluar rumah semalam diminum pagi hari secara teratur


Gondong, bengkak bisul dan borok

1 genggam tapak dara ditumbuk halus ditempelkan pada bagian yang sakit


Luka bakar

Beberapa daun tapak dara dan segenggam beras direndam dengan air kemudian ditumbuk bersama sama sampai halus ditempelkan pada luka bakar

52 Komentar untuk " Khasiat Tapak Dara "

kayaknya saya belum pernah lihat langsung deh tanaman ini :)
cakep bunganya cocok buat tanaman hias

Weeeh ..
. Ternyata bnhm manfaatnya tho itu tanaman ... klo di kmpung sy biasa org sebut tanaman paku-pakuan ...jeje

kebetulan ini sekarang memang dikategorikan tanaman hias..

sama ya dengan paku pakuan.. kalau dikampung saya namanya tambaga beureum hehe..

Tapak dara bisa mengobati Leukimia & DM juga ya teh?? sayangnya diperkotaan susah dapat daun tapak dara

banyak atuh kang di taman-taman ;)

baru tau kalau itu namanya tapak dara, ternyata banyak khasiatnya

koo, saya baru kenal dan tau tanaman Tapak Dara ini deh Teh Santika. . Untuk tanaman ini bisa kita dapat dari mana Teh ? manfaatnya banyak juga ya. .

kemungkinan ada cuma kurang dikenali aja..

kalau didaerah lain kadang berbeda namanya ya mba ya..

tanaman ini tumbuh liar, kalau ditempat saya suka dapat dihutan atau ditanah luas.. kebetulan kang harry orang sunda coba ka lembang atau ke bumi perkemahan dago atau ciwidey.. sama jarangnya dengan kembang melati

tapak dara, berarti masih perawan ya teh

info menarik ya mbak, jangan bilang2 kalau tak senggol ni blog?

tapak dara itu yang seperti apa ya mbak, saya belum pernah tahu kayak apa tanamannya

dilembang banyak tumbuh jga ta Teh untuk tanaman Tapak Dara ini, kalau ke ciwidey mah bsa sekaluan main ke rumah Teh Santika att ya wkkwkww, htr thn teh :D

banyak sekali ya mbak ternyata manfaatnya :)

di tepi lapangan dekat rumah saya banyak tumbuh tapak dara, warnanya ada yang merah dan putih.

dikampung saya ga ada bunga kaya gitu mba, mungkin saya harus nyari ke tukang kembang biar bisa dicoba tipsnya

harusnya begitu mas, mesti cari tau dulu mengapa dinamakan tapak dara, ngga tapak janda hehe..

seperti diatas mas.. pasti sering jumpa, cuma ga tau nama..

lumayan mba.. mungkin sesekali dijadikan referensi..

betul mba, bunganya merah dan putih.. kalau diperkotaan sudah sangat jarang, katanya hehe

pasti ada mas, tanaman ini hidupnya liar ko..

Hampir rata rata yang bermanfaat hanya pada daunnya ya teh... saya baru tau tentang bunga ini. kalau dilihat bukan seperti bunga untuk berobat. tp bnyak banget manfaatnya

Bunga Tapak Dara ini sangat cantik, dan berkhasiat pula.
Tumbuh liar?, kok aku belum pernah lihat ya teh Santika Fadilah?.
Bisa setinggi 1 meter ya?.

Dulu sih banyak di taman di daerah tempat tinggal aku tamanan ini tapi sekarang jarang sekali di temukan hmm

memang rata rata yang digunakan adalah daunnya..

masa sih belum lihat.. mungkin ngga telisik karena sekilas seperti tanaman ini tidak begitu mempesona..

saya yakin didaerah mba ai banyak, saya dulu pernah nemu tumbuhan liar ini disekitar daerah mba.. (tapi dulu) heu...

ternyata banyak juga manfaat tapak dara ya teh....baru tau saya teh...kendalanya hanya satu...kalau dikalimantan susah nyarinya...ok makasih infonya.

mungkin di desa saya juga ada tapak dara ini mbk, tapi kalau saya lihat namanya di jawa juga kok gak ada yang nyebutin seperti itu di daerah saya. saya mau belajar jadi tabib, coba saya cari tau deh tanaman liar yang satu ini..

Bisa ditanam secara hidroponik gak mbak?

saya koq nggak tau nama tanaman ini sih teh?
kayaknya indah nih modelnya dan banyak banget manfaatnya

Punten ,wilujeng enjing TEH, NYIMAK DULU SAJA YA TEH maklum nuju pabaliut sareng tugas,,,,,kewe wangsul deui ka dieu,,,,,,,

Banyak banget khasiatnya ya, Mbak.. :D

Kayaknya uda pernah lihat. Tapi awalnya cuma tanaman hias biasa pikirku, trnyata manfaatnya bagus juga

selain penampakan bunganya yang cantik, ternyata bisa juga untuk menyembuhkan beberapa penyakit berbahaya ma mbak,,, terima kasih infonya... :)

Wah perlu kenalan ni, soalnya saya tidak megnenalnya...kalau banyak khasiat berarti wajib untuk dikoleksi

mana ada gambar model disini
tuh di postingan saya, baru ada.

nah ini yang ingin saya praktekkan Insya Allah
buat ngobatin demam
tapi bunga beginian jarang di tempat saya Teh
masa' saya harus nyari di Bandung seh

Masa kecil2 dahulu, bunga ini banyak ditanam dihalaman rumah saya di kampung. Ada warna merah (seperti gambar) dan putih. Cantik. Dan saya sendiri pun tidak pernah tahu yang khasiatnya begitu banyak.
Tapi sekarang, macam susah nak jumpa pokok ni lagi....:(

Thanks perkongsiannya Santika. Harus di cari ni..

Assalamu'alaikum,,,Wilujeng sonten TEH SANTI,,,,,,,tadi pagi janji saya mau datang lagi kesini,,,BTW saya sudah buktikan kehebatan daun TAPAKDARA ini ,jika ada yang luka bakar maka saya obati dengan daun tumbuhan yang satu ini,tapi kalau daun tersebut dicampur dengan beras baru tahu sekarang,biasanya saya sih langsung daunnya saja tanpa campur beras,,,,ok Haturnuhun TEH untuk artikel yang satu ini,,,

tapak dara yang bagaikan ilalang tak berguna tumbuh sembarangan tak tentu rimbanya ternyata memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa banyaknya ya kak

Assalamu'alikum... Di daerah bandung ada yang bisa menginformasikan dimana saya bisa mendapatkan daun tapak dara ini. Kebetulan saudara saya yang masih berumur 4 tahun terkena penyakit leukimia. Terima kasih banyak...

coba di jln kopo margahayu bandung, disana tersedia berbagai tanaman hias dan herbal..