Obat Tradisional Penyakit Sariawan

Obat Tradisional Penyakit Sariawan. Stomatitis aftosa adalah istilah kedokteran yang biasa kita sebut sariawan. Adalah inflamasi peradangan pada lapisan mukosa atau selaput lendir seputar mulut seperti bercak putih atau luka kecil berwarna putih kekuningan diarea bibir atau seputar mulut. sariawan terjadi pada mulut, gusi bibir bagian dalam dan langit langit mulut, memang tidak berbahaya  tapi sangat menggangu, seperti susah bicara, rendahnya selera makan, gosok gigipun terasa perih ketika mengalami sariawan, penyakit inipun dapat menimbulkan bau mulut yang kurang sedap.

Sariawan masih belum diketahui penyebab utamanya tapi gejala yang tampak nyata adalah kurangnya nutrisi, serta vitamin C,  vitamin B12, zat besi atau juga efek makanan pedas, efek penggunaan obat obatan, tidak menjaga kebersihan mulut seperti tak gosok gigi menjelang tidur dan lain lain. Faktor stres ringanpun juga bisa berakibat sariawan disamping hal yang paling utama adalah perubahan hormonal dimana sistem kekebalan tubuh menurun akibat sipenderita mengalami pilek, flu dan menstruasi.

Sariawan memang tidak berbahaya dan terkadang dapat sembuh dengan sendirinya walaupun harus sedikit bersabar untuk pulih seperti semula, dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan B seperti buah-buahan dan menjaga kebersihan mulut dan gusi sedikit menghindarkan diri dari penyakit sariawan, tapi jika terus terusan mengalami sariawan maka dikhawatirkan bisa berakibat radang tenggorokan, tentu kita tak mau hal ini terjadi, maka solusi untuk menyembuhkan dengan mengobati dengan obat obatan tradisional alami dan dari tanaman berkhasiat seperti :


Obat Tradisional Penyakit Sariawan 


Sirih
Sirih ini adalah tumbuhan kebanggaan Indonesia, banyak sekali khasiatnya bagi kesehatan manusia, kandungan Anti bakteri, minyak atsiri, kovikol, sineol tak hanya melindungi dari serangan kanker yang berbahaya, tapi sakit gigi, sariawan dan bau mulutpun dapat diatasi dengan daun sirih ini. Caranya ambil beberapa lembar daun sirih kemudian rebus hingga khasiatnya terserap air, tunggu sampai dingin, lalu silahkan kumur kumr menggunakan rebusan air sirih. Untuk lebih jelasnya silahkan baca khasiat daun sirih

Kunyit
Kunyit mengandung minyak atsiri dan kurkuminoid dapat menyembuhkan sariawan dengan cepat caranya parut kunyit secukupnya kemudian disaring tambahkan jeruk nipis diminum setiap sore. Lakukan sampai 3 hari

Temulawak
Kandungan fellandrean dan turmerol adalah minyak menguap dari temulawak dapat dijadikan alternatif atasi sariawan dan sembelit caranya : rebus 2 gelas air dan satu rimpang temulawak, tambahkan asam dan gula aren secukupnya hingga tersisa 1 gelas. lalu saring dan diminum seperti biasa.

Asam Jawa
Pengobatan sariawan dengan asam jawa adalah cara tradisional sejak jaman dahulu, banyak sekali kandungan kimia pada asam jawa yang bisa mengobati beberapa penyakit termasuk sariawan. kandungan asam jawa dan cara mengobati sariawan bisa dilihat pada Khasiat asam jawa bagi kesehatan.

Daun jambu biji
Sariawan memang identik dengan kurang vitamin C dan asam, pada daun jambu kaya akan asam dan daun ini biasa dijadikan obat bagi penyakit tertentu termasuk sariawan, caranya silahkan baca pada Manfaat jambu biji.

Bawang putih dan pepaya
Bawang putih dan pepaya mempunyai sifat anti radang, gejala sariawan bisa diatasi dengan tumbuhan ini caranyapun sangat mudah parutlah bawang putih lalu oleskan pada luka sariawan sekitar 10 menit, lalu bersihkan, demikian pula buah pepaya yang mana bila dimakan langsung dapat melancarkan pencernaan.

Pisang dan madu
Buah pisang mengandung protein dan gizi sedangkan madu terkenal dengan khasiatnya yang berlimpah berfungsi sebagai pencegah luka agar cepat sembuh kembali, caranya cukup ambil satu sisir buah pisang lalu potong sebagian untuk dioleskan pada ulkus (luka) sariawan beberapa saat saja tambahkan madu besertanya, sedangkan sisa buah pisang boleh dimakan sampai habis.

Minyak kelapa
Anti bakteri dari minyak kelapa sangat berguna untuk mengobati sariawan, oleskan minyak kelapa pada bibir atau gusi yang sakit kalau ada tambahkan madu besertanya, lakukan 3 kali sehari sampai sembuh. Minum air kelapa juga berkhasiat menghindari timbulnya sariawan.

Demikianlah macam macam obat tradisional sariawan dari tanaman berkhasiat anda dapat memilih cara mana yang dirasa paling cocok untuk anda, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Disqus Comments