Mengulas Khasiat Tanaman

Obat Tradisional Penyakit Sariawan

Obat Tradisional Penyakit Sariawan. Stomatitis aftosa adalah istilah kedokteran yang biasa kita sebut sariawan. Adalah inflamasi peradangan pada lapisan mukosa atau selaput lendir seputar mulut seperti bercak putih atau luka kecil berwarna putih kekuningan diarea bibir atau seputar mulut. sariawan terjadi pada mulut, gusi bibir bagian dalam dan langit langit mulut, memang tidak berbahaya  tapi sangat menggangu, seperti susah bicara, rendahnya selera makan, gosok gigipun terasa perih ketika mengalami sariawan, penyakit inipun dapat menimbulkan bau mulut yang kurang sedap.

Sariawan masih belum diketahui penyebab utamanya tapi gejala yang tampak nyata adalah kurangnya nutrisi, serta vitamin C,  vitamin B12, zat besi atau juga efek makanan pedas, efek penggunaan obat obatan, tidak menjaga kebersihan mulut seperti tak gosok gigi menjelang tidur dan lain lain. Faktor stres ringanpun juga bisa berakibat sariawan disamping hal yang paling utama adalah perubahan hormonal dimana sistem kekebalan tubuh menurun akibat sipenderita mengalami pilek, flu dan menstruasi.


Sariawan memang tidak berbahaya dan terkadang dapat sembuh dengan sendirinya walaupun harus sedikit bersabar untuk pulih seperti semula, dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan B seperti buah-buahan dan menjaga kebersihan mulut dan gusi sedikit menghindarkan diri dari penyakit sariawan, tapi jika terus terusan mengalami sariawan maka dikhawatirkan bisa berakibat radang tenggorokan, tentu kita tak mau hal ini terjadi, maka solusi untuk menyembuhkan dengan mengobati dengan obat obatan tradisional alami dan dari tanaman berkhasiat seperti :



Obat Tradisional Penyakit Sariawan 



Sirih

Sirih ini adalah tumbuhan kebanggaan Indonesia, banyak sekali khasiatnya bagi kesehatan manusia, kandungan Anti bakteri, minyak atsiri, kovikol, sineol tak hanya melindungi dari serangan kanker yang berbahaya, tapi sakit gigi, sariawan dan bau mulutpun dapat diatasi dengan daun sirih ini. Caranya ambil beberapa lembar daun sirih kemudian rebus hingga khasiatnya terserap air, tunggu sampai dingin, lalu silahkan kumur kumr menggunakan rebusan air sirih. Untuk lebih jelasnya silahkan baca khasiat daun sirih

Kunyit

Kunyit mengandung minyak atsiri dan kurkuminoid dapat menyembuhkan sariawan dengan cepat caranya parut kunyit secukupnya kemudian disaring tambahkan jeruk nipis diminum setiap sore. Lakukan sampai 3 hari

Temulawak

Kandungan fellandrean dan turmerol adalah minyak menguap dari temulawak dapat dijadikan alternatif atasi sariawan dan sembelit caranya : rebus 2 gelas air dan satu rimpang temulawak, tambahkan asam dan gula aren secukupnya hingga tersisa 1 gelas. lalu saring dan diminum seperti biasa.

Asam Jawa

Pengobatan sariawan dengan asam jawa adalah cara tradisional sejak jaman dahulu, banyak sekali kandungan kimia pada asam jawa yang bisa mengobati beberapa penyakit termasuk sariawan. kandungan asam jawa dan cara mengobati sariawan bisa dilihat pada Khasiat asam jawa bagi kesehatan.

Daun jambu biji

Sariawan memang identik dengan kurang vitamin C dan asam, pada daun jambu kaya akan asam dan daun ini biasa dijadikan obat bagi penyakit tertentu termasuk sariawan, caranya silahkan baca pada Manfaat jambu biji.


Bawang putih dan pepaya

Bawang putih dan pepaya mempunyai sifat anti radang, gejala sariawan bisa diatasi dengan tumbuhan ini caranyapun sangat mudah parutlah bawang putih lalu oleskan pada luka sariawan sekitar 10 menit, lalu bersihkan, demikian pula buah pepaya yang mana bila dimakan langsung dapat melancarkan pencernaan.

Pisang dan madu

Buah pisang mengandung protein dan gizi sedangkan madu terkenal dengan khasiatnya yang berlimpah berfungsi sebagai pencegah luka agar cepat sembuh kembali, caranya cukup ambil satu sisir buah pisang lalu potong sebagian untuk dioleskan pada ulkus (luka) sariawan beberapa saat saja tambahkan madu besertanya, sedangkan sisa buah pisang boleh dimakan sampai habis.

Minyak kelapa

Anti bakteri dari minyak kelapa sangat berguna untuk mengobati sariawan, oleskan minyak kelapa pada bibir atau gusi yang sakit kalau ada tambahkan madu besertanya, lakukan 3 kali sehari sampai sembuh. Minum air kelapa juga berkhasiat menghindari timbulnya sariawan.


Demikianlah macam macam obat tradisional sariawan dari tanaman berkhasiat anda dapat memilih cara mana yang dirasa paling cocok untuk anda, semoga bermanfaat.


80 Komentar untuk " Obat Tradisional Penyakit Sariawan "

kalau saya biasanya menggunakan daun sirih merah... selain untuk sariawan, bisa untuk menjaga kesehatan mulu, gusi dan gigi ..

betul mang, sirih merah memang lebih mujarab untuk atasi gangguan kesehatan, makanya sirih merah lebih mahal..

menderita kalau sudah terjangkit penyakit sariawan teh Santika :D. makanpun tidak enak hehehe, ,
ternyata banyak juga ya khasiat dan manfaat obat tradisioanal buat menyembuhkan sariawan ini, ijin bookmark ya teh Santika :D hihihi ,

Saya biasanya kalau sariawan cukup merebus daun jambu biji, mbak...Ternyata daun jambu biji memang ampuh sebagai obat tradisional sariawan...

tah kalau minyak kelapa memang saya sudah membuktikan khasiatnya untuk menyembuhka yang namanya sariawan,,,kalau yang lainya belum mencoba,tapi dengan artikel ini jadi nambah pengetahuan ternyata bukan minyak kelapa saja yang bisa menyembuhkan sariawanteh geuning,,ternyata kunyit,daun jambu dan buah pisang bisa juga dijadikan obat sariawan,hatur thank you TEH atas infonya,,

sangat mengganggu ya kang walau tak begitu berat

iya bisa sebagai pilihan cara ini bang uda..

saya malah belum mencoba sama minyak kelapa ini kang de hehe.. setidaknya ada penegasan bahwa kang de pernah membuktikannya nuhun ya

wah kebetulan baru sariawan nih, terimakasih sudah berbagai caranya mbak, langsung praktekan dulu

silahkan mas, moga lekas sembuh ya..

Kalau ada sariawan ini..sakit juga ya..Nak makan..nak gosok gigi..sakit semuanya..Itu kalau satu...kalau ada 5...adduhhh!..

Thanks ya tips nya...

Dulu sy sebulan skli sariwan ... alhmdllab stelah pake pepsodent herbal ... sdkit berkurang ...hehe dan jarang terkena sariawan ...

sariawan adalah penyakit yang ngga elit tapi jika sariawan melanda jangankan makan tersenyum saja rasanya fals, maka dari itu obat tradisional untuk pengobatan sariwan ini perlu diketahui oleh semua khalayak

setuju dengan mang Yono, daun Sirih merah banyak digunakan untuk kesehatan mulut dan gigi, termasuk sariawan

biasanya keluarga saya jika sariawan obatnya yang seger-seger gitu beli di toko, tapi setelah membaca artikel di atas bisa mencoba yang tradisional biar lebih hemat :)
nice share mbak

haha menderita sekali ya kak, terimak kasih semoga kak fidah selalu sehat Aamiin..

lama benget yah sampai sebulan, untunglah bisa sembuh yah

penyakit rakyat ya mang, tapi mengganggu sekali, nuhun pisan nya, pokoknamah nuhun we..

barangkali aja ya mba ada tumbuhan herbal ini disekitar mba,, trims

Ternyata walaupun sariawan adalah penyakit yang biasa namun patut juga harus kita hindari....!

wah makasih infonya pak uda....sangat bermamfaat

Saya pernah tu mbak kena sariawan langit-langit, hmmm luar biasa sakitnya, makan pun susah :D

masih untung ga nyampe langit kamar ya mas..

betul mas, moga tulisan ini membantu yah, trims..

iyah mb tika ... dn sampai skrg sy sllu pakai pepsodent herbal ... :) hehe

senyumnya mg lembu mah sariawan ato tdk ttp falesss ..hehehe pissss :D

ternyata herbal juga ya mas, walau tetep pabrikan punya..

wahaha.. moga falesnya gantiin bang iwan

alhamdulillah.. walo hidup tidak memenuhi standar kesehatan.. si cariwawan.. nda pernh ketemu..:)

kayaknya cabai salah satu penyebab yah..

untungnya saya jarang sekali terkena sariawan
tapi pernah dulu, wah...susah makan jadinya... juga bicara

soal cabai, bukankah cabai sumber vitamin C yang bagus?

patut syukur ya jeng kalau selalu sehatmah.. standarnya tinggal diperbaiki jeng wkwkwk..

obat nya gampang di cari iya mba santika :)

heheh mba Nov..!

sariawan ketemu cabai.. bisa terjadi perang..
bibir meringis kesakitan.. mata kebanjiran job.. meluap tidak bisa dibendung..banjir menagkibatkan longsor di mana-mana..

semua serasa inign dtendang..yaa pohon..

aamiin..
addoii.. Kak Fidah..!
5 tempat???.. huhuhuhu

penyakit sariawan ini sangat menyiksa sekali mbak apalagi pada saat makann heuu bikin tak nafsu pokok nya dan ternyata ada juga yah obat tradisionalnya untuk sariawan ini hmmmm ... keren ini ulasannya mbak

bersyukur ya kak, kakak sehat selalu.
cabai kayak vitamin c yah kak nove, ,sangat baik buat tubuh, jika sedang sariawan sebaiknya hindari dulu makanan pedas, hasil survey menyebutkan jenis sariawan apthous, dan iritasi salah satu pemicunya adalah makanan pedas, trims yah.. kak nove

obatnya gampang, cara buatnya males ya mba hehe

hanya sharing mas ainul, moga aja berguna bagi pembaca..

Untuk obat tradisonal sariawan biasanya saya menggunakan daun srih merah dan garam Mba. he,, he, he,

bawang putih bisa di pakai obat sariawan ya teh?? baru tau hehe

Padahal pakai obat tradisional banyak sekali ya teh, tapi kebanyakan orang pakai obat instan sekali tetes #abothyl..

banyak banget ya obatnya.. garam sama baking soda bisa dimanfaatin gak? kan punya efek antibakteri juga :)

mampir kesini mba/mas : terkini-banget.blogspot.com

bawang putih mengandung anti bakteri, jika tak keberatan silahkan baca.. http://tehsantika.blogspot.com/2014/09/manfaat-bawang-putih-bagi-kesehatan.html

bisa juga mas, cuma tak terposting aja, lagian lagi ngumpulin obat alami dari tanaman hehe (ngles)

selamat sore teh .. info nya bermanfaat sekali

adik saya kalau sariawan biasanya mintanya dibelikan obat seperti yg ada diiklan tv :)

kalau mau belajar ngunyah sirih,sama nenek saya saja 'nginang' jagonya ;)

maaf nih ya jangan ditiru gak baik,kalau saya sariawan cuma banyak ngr*kok saja sehari sudah ilang dan kurangi aktifitas mulut untuk makan

kalau saya pake kunyi di parus dan diambil airnya lalu tambah gula merah dikit paten juga buat ingialngi sariawan mbak...kalau ditambah dengan telur ayam kampung jadi buat kuat kerja mbak...heeeee

hehe lucu juga ya, padahal dengan asap rokok membuat bibir dan gigi kering dan kusam, tapi sepertinya banyak penirunya..

boleh aja mba.. terserah yang pakenya hehe

cara seperti mbah ini disamping menjaga dan mengobati sariawan, juga membuat gigi putih dan nafas harum..

Biasanya kalo sariwawan sy pesen baso mas dudung yang pedes mbak, besokannya sariwawannya sembuh tapi tinggal gantian bolak balik ke belakang :)

Hahaha.. sari wawan, sakitnya pindah kebawah hehe..

asam jawa nih teh yg pernah saya coba
dan memang terbukti khasiatnya

asam jawa memang identik dengan daerah mas yan yah..

Semoga semuanya sihat-sihat selalu ya..:)

Tapi kalau ada lebih dari satu tempat..memang sakit...saya tak tipu..hehe :D

wah kalau saat itu ndak ada untungnya mbak, ruginya yang banyak heehee

Ada jugak yang ditaburin garem.. :D

hehe iya bener banget mba paling males ngolah nya hmm :(

sangat bermanfaat malah mbak dan kalo pake asam jawa kayaknya yang paling enak yah apalagi kalo pake gula soalnya saya suka asam :D

Kalau obat alami biasanya proses penyembuhannya bertahap tidak sekaligus, sayang tidak terlalu diminati, mungkin karena rasanya tidak enak juga kali ya.

Kalau saya sih cenderung pilih yang alami karena tidak ada efek samping apalagi efek belakang atau depannya

oh iya bener mah kalau pas sariawan jangan makan cabai...
itu namanya luka di atas luka, hi..hi... kau siram pula pakai air cuka

bola..mana bola... sini biar saya tendang (nendang pohon sakit Al...)

alhamdulillah, untuk sariawan memang jarang sekali.
oh bener mbak santika, sariawan itu ada jenis-jenisnya. gak semua sariwan itu sama.

Salam kenal Mbak kebetulan saya nyari obat sariawan di google ee ketemu dengan post Mbak ini. makasih ya Mbak.. ijin follow blog nya. :)

Cocok mas, setuju, jempol buat mas hehe..

bisa juga beb dengan garam campur dan soda

wah masa iya? justru kalau lagi sariawan gitu orang tua suka bilang "nanti menu hari ini cabainya ditambahkan 2x lebih banyak biar sariawanmu cepat sembuh". hmm jadi inget rumah

sariawan sangat menyiksaaa....
belum pernah nih kombinasi pisang sama madu. paling cuma pake madu aja ngobatinnya