Macam-macam Penyakit Reumatik

Macam-macam Penyakit Reumatik. Reumatik merupakan suatu penyakit yang menyerang persendian sehingga disebut artritis. Selain menyerang sendi reumatik juga dapat menyerang organ tubuh lain yang berada disekitar sendi dan juga reumatik dapat menyerang siapa saja termasuk anak anak. Reumatik  bukanlah tergolong penyakit mematikan, namun reumatik dapat mengakibatkan kecacatan, mengganggu aktivitas sehari hari, dan meningkatkan beban ekonomi penderita maupun keluarga.

Reumatik sebenarnya merupakan nama umum untuk berbagai jenis penyakit yang menyerang sendi, banyak diantara kita yang belum sepenuhnya memahami penyakit ini, masyarakat umum seringkali sulit membedakan dan menyebut sebagai penyakit reumatik saja mungkin melihat dari gejala dan tanda tandanya secara umum yang menyerang sendi. Berbagai penyakit sendi yang memperlihatkan gejala reumatik adalah:


Macam-macam Penyakit Reumatik


Asam Urat (Gout)
Asam urat disebabkan gangguan metabolisme protein dalam tubuh, sehingga asam urat darah meningkat, kristal asam urat terbentuk dalam sendi. Asam urat biasanya menyerang mereka yang berusia 40-50 tahun, Penyakit sendi ini ditandai dengan serangan mendadak dan berulang akibat tingginya kadar asam dalam darah.

Artritis Rematoid (AR)
Artritis Rematoid (AR) merupakan penyakit yang menyerang sendi dan jaringan lunak, juga disebut dengan penyakit autoimun dengan inflamasi kronik jika dibiarkan akan bertambah parah biasanya menyerang sendi tangan dan kaki yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan dan dapat menyebabkan kerusakan sendi sehingga sipenderita mengalami kelelahan, kehilangan berat badan, kurang darah, serta bisa menyerang organ paru-paru, jantung dan mata.  AR bisa menyerang siapa saja biasanya pada usia 25-30 tahun kebanyakan penderitanya adalah wanita. Seseorang dapat terserang penyakit AR karena adanya faktor genetika, lingkungan, hormon dan infeksi.

Osteoartritis (OA)
Penyakit sendi menahun ditandai dengan kemunduran tulang rawan sendi dan tulang didekatnya. OA terjadi karena proses perbaikan sendi tidak mampu mengimbangi kerusakan yang terjadi. Penyakit ini biasa menyerang sendi sendi yang menahan berat badan yang sering digunakan, seperti kaki, lutut, paha dan jari tangan. Oa terbagi pada dua bagian Ostreoartritis Primer yang penyebabnya tidak diketahui dan Ostreoartritis sekunder penyebabnya infeksi, kelainan bentuk, cedera atau penggunaan sendi yang berlebihan.

Artritis Juvenile
Artritis Juvenile merupakan penyakit yang menimpa anak anak, dikategorikan sebagai reumatik anak, pada beberapa anak penyakit ini dapat disembuhkan secara total. Tetapi sebagian kasus lain ada anak yang menderita sepanjang hidupnya.

Artritis Psoriatik
Penyakit reumatik ini menyerang sendi, tulang dan bagian tubuh lainnya penyakit Artritis Psoriatik lebih banyak menyerang jari tangan dan tulang belakang, penyakit ini dikategorikan ringan tapi jika tidak dicegah akan menjadi berat.

Ankilosing Spondilitis
Kebanyakan menyerang tulang belakang ketika seseorang berusia 16-35 tahun. Pada Ankilosing Spondilitis ini tulang belakang yang terserang dapat menjadi rapuh bahkan menyatu secara perlahan dari atas sampai bawah, sehingga penderita tidak bisa membungkuk ataupun menoleh seperti robot, jika keadaan makin parah sipenderita akan membungkuk dan badanya menyerupai (?) tanda tanya penyakit ini dipengaruhi faktor genetik.

Lupus
Penyakit Lupus menyerang pada sistem kekebalan tubuh manusia secara berlebihan, memang bukan penyakit reumatik secara langsung tapi melibatkan sendi, otot bahkan organ yang lain, Lupus adalah istilah asing yang artinya "anjing hutan" karena sistem imun yang berlebihan kebalikan dari HIV gejalnya bintik di pipi, hidung merah serta sesak nafas mengakibatkan pembengkakan terhadap persendian. Penyakit lupus ini terbilang berbahaya setara penyakit kanker karena jika dibiarkan dapat mengakibatkan kematian.

Penyakit reumatik asam urat dan Artritis Rematoid yang lebih dikenal karena banyak penderitanya tapi sebenarnya ada nama lain dari jenis reumatik ini tapi sebagian orang menyebutnya hanya reumatik saja. Demikianlah sedikit penjelasan tentang beberapa macam jenis reumatik yang dikenal dan diderita manusia. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Disqus Comments