Mengulas Khasiat Tanaman

Macam-macam Penyakit Reumatik

Macam-macam Penyakit Reumatik. Reumatik merupakan suatu penyakit yang menyerang persendian sehingga disebut artritis. Selain menyerang sendi reumatik juga dapat menyerang organ tubuh lain yang berada disekitar sendi dan juga reumatik dapat menyerang siapa saja termasuk anak anak. Reumatik  bukanlah tergolong penyakit mematikan, namun reumatik dapat mengakibatkan kecacatan, mengganggu aktivitas sehari hari, dan meningkatkan beban ekonomi penderita maupun keluarga.


Reumatik sebenarnya merupakan nama umum untuk berbagai jenis penyakit yang menyerang sendi, banyak diantara kita yang belum sepenuhnya memahami penyakit ini, masyarakat umum seringkali sulit membedakan dan menyebut sebagai penyakit reumatik saja mungkin melihat dari gejala dan tanda tandanya secara umum yang menyerang sendi. Berbagai penyakit sendi yang memperlihatkan gejala reumatik adalah:



Macam-macam Penyakit Reumatik



Macam-macam Penyakit Reumatik

Asam Urat (Gout)

Asam urat disebabkan gangguan metabolisme protein dalam tubuh, sehingga asam urat darah meningkat, kristal asam urat terbentuk dalam sendi. Asam urat biasanya menyerang mereka yang berusia 40-50 tahun, Penyakit sendi ini ditandai dengan serangan mendadak dan berulang akibat tingginya kadar asam dalam darah.

Artritis Rematoid (AR)

Artritis Rematoid (AR) merupakan penyakit yang menyerang sendi dan jaringan lunak, juga disebut dengan penyakit autoimun dengan inflamasi kronik jika dibiarkan akan bertambah parah biasanya menyerang sendi tangan dan kaki yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan dan dapat menyebabkan kerusakan sendi sehingga sipenderita mengalami kelelahan, kehilangan berat badan, kurang darah, serta bisa menyerang organ paru-paru, jantung dan mata.  AR bisa menyerang siapa saja biasanya pada usia 25-30 tahun kebanyakan penderitanya adalah wanita. Seseorang dapat terserang penyakit AR karena adanya faktor genetika, lingkungan, hormon dan infeksi.


Osteoartritis (OA)

Penyakit sendi menahun ditandai dengan kemunduran tulang rawan sendi dan tulang didekatnya. OA terjadi karena proses perbaikan sendi tidak mampu mengimbangi kerusakan yang terjadi. Penyakit ini biasa menyerang sendi sendi yang menahan berat badan yang sering digunakan, seperti kaki, lutut, paha dan jari tangan. Oa terbagi pada dua bagian Ostreoartritis Primer yang penyebabnya tidak diketahui dan Ostreoartritis sekunder penyebabnya infeksi, kelainan bentuk, cedera atau penggunaan sendi yang berlebihan.


Artritis Juvenile

Artritis Juvenile merupakan penyakit yang menimpa anak anak, dikategorikan sebagai reumatik anak, pada beberapa anak penyakit ini dapat disembuhkan secara total. Tetapi sebagian kasus lain ada anak yang menderita sepanjang hidupnya.


Artritis Psoriatik

Penyakit reumatik ini menyerang sendi, tulang dan bagian tubuh lainnya penyakit Artritis Psoriatik lebih banyak menyerang jari tangan dan tulang belakang, penyakit ini dikategorikan ringan tapi jika tidak dicegah akan menjadi berat.


Ankilosing Spondilitis

Kebanyakan menyerang tulang belakang ketika seseorang berusia 16-35 tahun. Pada Ankilosing Spondilitis ini tulang belakang yang terserang dapat menjadi rapuh bahkan menyatu secara perlahan dari atas sampai bawah, sehingga penderita tidak bisa membungkuk ataupun menoleh seperti robot, jika keadaan makin parah sipenderita akan membungkuk dan badanya menyerupai (?) tanda tanya penyakit ini dipengaruhi faktor genetik.


Lupus

Penyakit Lupus menyerang pada sistem kekebalan tubuh manusia secara berlebihan, memang bukan penyakit reumatik secara langsung tapi melibatkan sendi, otot bahkan organ yang lain, Lupus adalah istilah asing yang artinya "anjing hutan" karena sistem imun yang berlebihan kebalikan dari HIV gejalnya bintik di pipi, hidung merah serta sesak nafas mengakibatkan pembengkakan terhadap persendian. Penyakit lupus ini terbilang berbahaya setara penyakit kanker karena jika dibiarkan dapat mengakibatkan kematian.



Penyakit reumatik asam urat dan Artritis Rematoid yang lebih dikenal karena banyak penderitanya tapi sebenarnya ada nama lain dari jenis reumatik ini tapi sebagian orang menyebutnya hanya reumatik saja. Demikianlah sedikit penjelasan tentang beberapa macam jenis reumatik yang dikenal dan diderita manusia. Semoga bermanfaat.
42 Komentar untuk " Macam-macam Penyakit Reumatik "

Ternyata banyak jenisnya ya, Mbak.. Kirain cumak gitu aja :(

iya mbeb, tambah suntuk aja posting ginian hehe

bahaya juga rematik inih kalw gejalanya tidak diketahui secara mendalam ya Teh Cantik..!
jaringan dalam tubuh manusia tersusun komplit... komplit juga penyakit yg coba menghampiri..!

tapi ada juga org2 yg sudah berumur lanjut, tp masih segar dalam bergerak.. tidak mengeluh dgn adanya rematik..

kalau istilah demam tulang.. inih masuk kategori apa ya ? apa rematik juga..
dulu ada teman spesial. yg menderita penyakit inih.. katanya seluruh persendian sakit,.

demam tulang itu penyakit tulang mas.. nanti aku pos tentang penyakit tulang ya.. kalau temen mas spesial reumatik biasanya pengobatanya sistem terapis ya mas, kayak pijat atau totok

Hallo... apa bner ini klinik ? Ato tmpt terapi ?

ternyata banyak sekali ya teh jenis dan macam reumatik ini, saya cuma taunya asam urat doank, hatur nhun teh infonya :D

maaf mas, disini tempat penitipan sandal haha..

asam urat ato baso urat hehe.. sami sami kang..

yang pastinya semua jenis penyakit reumatik itu membuat penderitanya merasa tidak nyaman karena akan mengalami gangguan nyeri.. semoga kita semua terhindar dari penyakit reumatik ini..

silahkan mas Fiu kalau mau nitip.. xixixiii

betul banget mas eh miss.. trims banget ya..

ini biasanya saya alami ketika bermain bola voli, kan juga reumatik salah satu penyebabnya otot punggung yang terkilir, kadang yang namanya orang bermain ada kondisi tertentu yang bisa menyebabkan cedera, mantab nih postingannya

Oh, asam urat gejala reumatik ya mbak? Ini perlu saya waspadai agar kadar asam dalam darah dan kristal asam urat tidak menumpuk dalam sendi...

sebelumnya satahuku hanya asam urat, setelah membaca jadi tahu lebih banyak macam-maacam penyakit reumatik.
nice share mbak santika

klo ga salah Rematoid Atritis (RA) akibat fatal nya bisa menyebabkan kelumpuhan ya mbak...
serem juga ya penyakit Lupus, setara dengan kanker dan bisa mnyebabkan kematian...

Banyak juga ya Mbak ternyata jenis jenis penyakit reumatik ini

asam urat itu rasanya krenyes2 mbak, menyiksa bget ampe keluar air mata kalo udah kumat :(

yang paling ngeri itu lupus, lupus masuk 10 besar penyebab kematian pada wanita, bisa menyerang semua organ... nyeri sendi hanya salah satu gejalanya..

semuanya juga ngeri kalau udah parah

buat orang awam, RA sering disamakan sama rematiknya orang tua.. padahal beda :(

Semoga kita semua terhindar dari penyakit ini...

kalo kata org jangan keseringan mandi jam.6 magrib karna bisa reumatik.bner ga yah? :D atau cuman mitos?

punggung saya sering merasa sakit, apalagi kalau tidur kelamaan masuk jenis rematik apakah itu teh ceu?
saya baca pelan-pelan ngga ada penjelasannya disitu

penyakit punggung tua kali mang. hahaa

ternyata banyak juga nih macemnya reumatik, sementara ini saya masih sehat bugar mbk, harus jaga kesehatan deh biar gak kena reumatik..

nah, kalau penyakit reumatik paling berbahaya namanya PJR not Petugas Jalan Raya but Penyakit jantung reumatik. nice share tehsantika.

saya yang bacanya sampai uratan hehe

Penyakit gout dan artritis (AR) saya biasa dengar...
Rupanya ada banyak lagi jenis ya...
Menyimak dulu Santika..
Thanks :)

biasanya olahragawan terkena reumatik OA ya mas, dan tulang rawan sendi.. efek dari beban otot yang dipaksakan.. trims ya

betul sekali bang uda, asam urat penyakit sendi yang paling dikenal masyarakat..

jika sudah inflamasi kronik mas dan peradangan maka AR mengakibatkan kelumpuhan

gitu ya mba.. aku belum pernah ngerasain hehe..

begitu ya mas.. memang penyakit ini penderitanya paling banyak adalah wanita, ternyata masuk sepuluh besar penyebab kematian.. trims ya

Aamiin mas huda.. semoga saja begitu

Mungkin saja mas, resiko mandi malam bukan hanya reumatik

itu penyakit orang keren kaya nyamah hehe

silahkan mas budi masih muda jangan reumatikan ya hehe

itu penyakit reumatik jantung paling ganas ya mas.. trims ya

silahkan kak fidah.. terima kasih ya..

maaf salah baca, bukan lupus saja... yang masuk 10 besar, tapi penyakit autoimun secara umum, termasuk lupus, RA, dan lain-lain.

dan yang paling populer lupus, karena penderitanya paling banyak

Asam urat termasuk penyakit reumatik ya teh, saya baru tau.. 2 hari yang lalu saya anter ibu berobat, katanya kena asam urat.. emang sih, ibu saya sering mandi malam, karena pulang kerjanya malam terus... Tapi selalu pakai air hangat. sedih juga kalo persendian kakinya kumat...