Mengulas Khasiat Tanaman

Macam Macam Masker Wajah Alami

Macam Macam Masker Wajah Alami. Untuk mendapatkan kulit wajah putih halus tanpa kerutan pasti solusinya adalah dengan menggunakan masker, baik itu masker produk bermerk khusus kulit wajah maupun dengan masker berbahan alami dari tanaman berkhasiat, masker lebih dipilih untuk cara menghilangkan jerawat, komedo, mengencangkan kulit wajah bahkan mendapatkan kulit wajah putih alami. berikut ini kami sajikan beberapa cara menggunakan masker dari bahan tumbuhan alami tradisional.

Strawberry

strawberry mengandung Asam Ellagic yang berfungsi melumpuhkan sel kanker penuaan dini dan vitamin C, E dan K yang sangat baik untuk kulit, masker strowberry berkhasiat untuk mengencangkan dan meremajakan kulit. caranya ; ambil beberapa buah srowberry gunakan sendok untuk menghancurkan hingga membentuk pasta kalau ada bisa tambahkan satu sendok madu, oleskan pada wajah, kemudian biarkan 15 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.


Macam Macam Masker Wajah Alami

Alpukat 

Jika menginginkan kulit wajah putih alami masker alpukat sangat cocok terutama untuk kulit kering vitamin A, E dan asam amino sangat bermanfaat untuk merawat dan melembabkan sekaligus membantu mencerahkan kulit, caranya hancurkan buah alpukat secukupnya kemudian tambahkan madu satu sendok kedalamnya lalu oleskan dengan merata pada wajah dan leher. Biarkan 30 menit kemudian bilas.


Pisang

Kulit kering menggunakan masker buah pisang sangatlah cocok, kandungan vitamin dan lemaknya menjadikan kulit wajah lembab dan kenyal sehingga tampak kulit terlihat lebih remaja, cara membuat masker dari buah pisang sangatlah mudah ; Hancurkan satu buah pisang lalu campur dengan minyak zaitun atau madu, kemudian oleskan pada kulit wajah diamkan 30 menit lalu bilas

Apel

Buah apel ini sangat terkenal dengan kandungan vitamin A, E dan asam amino sehingga sangat khas untuk perawatan kulit luar dan dalam cocok untuk seluruh jenis kulit, caranya ; hancurkan buah apel secukupnya gunakanlah blender untuk menghancurkannya tak usah mencampurkan air, kemudian oleskan pada kulit wajah dan leher secara merata, biarkan 30 menit  lalu bilas.

Tomat

Mengandung vitamin A, C, B1 dan fosfor, protein dan belerang dipercaya mampu menghilangkan komedo dan memutihkan kulit secara alami dan aman. caranya siapkan satu atau dua buah tomat untuk diiris bisa juga diambil perasannya, oleskan pada wajah secara merata biarkan beberapa saat kira kira 30 menitan lalu bersihkan. 

Bengkuang

Siapa yang tak kenal bengkuang, buah ini sangat terkenal karena kandungan vitamin dan kalsiumnya dipercaya mampu memutihkan wajah secara alami dan sehat sehingga banyak masker yang diambil dari olahan buah bengkuang andapun bisa membuat masker bengkuang olahan sendiri caranya; Siapkan buah bengkuang secukupnya untuk dihancurkan, bisa menggunakan blender campurkan madu satu sendok makan atau jeruk nipis, lalu usapkan pada wajah dan leher biarkan minimal 20 menit kemudian bilas hingga bersih



Mentimun

Asam askorbat pada kandungan mentimun mampu menghilangkan jerawat sekaligus mengangkat kotoran pada kulit dan kantung mata kulit wajah jadi cerah dan segar. Irislah mentimun menjadi beberapa potong kemudian blender sampai lembut, silahkan tambahkan susu atau madu kedalamnya lalu oleskan pada seluruh area wajah, ambil kembali mentimun yang tersisa lalu tempelkan pada kelopak mata agar kotoran pada kantung mata dapat terangkat, biarkan 25-30 menit lalu bilas dengan air hangat.




Jeruk Nipis dan Lemon

Solusi lain dalam membuat masker adalah dengan jeruk nipis atau lemon, penggunaan jeruk ini sangat baik terutama yang mempunyai jerawat atau komedo karena jeruk ini mempunyai kandungan anti bakteri untuk menghilangkan kuman sekaligus mengembalikan kembali sel yang mati caranya siapkan perasan jeruk lemon secukupnya agar lebih maksimal tambahkan satu sendok madu kedalamnya, cucilah wajah terlebih dahulu setelah kering baru oleskan ke seluruh kulit wajah dan leher, biarkan selama 30 menit lalu basuhlah dengan air hangat.


Masker Beras

Sebagian orang mungkin sayang menggunakan buah-buahan untuk dijadikan masker, lebih memilih mengkonsumsinya tapi tetap menginginkan kulit yang bagus, maka solusinya adalah dengan menggunakan beras putih, olahan beras ini mampu mencerahkan dan memutihkan secara alami, cara ini sudah dilakukan orang tua kita sejak jaman dahulu dan diajarkan secara turun temurun, cara membuat masker tradisional dari olahan beras ini adalah dengan merendam 3-5 sendok makan beras putih selama semalam atau kurang lebih 12 jam, kemudian tumbuk menjadi halus setelah itu keringkan dengan cara dijemur, kalau tersedia tambahkan satu sendok madu. Oleskan kesemua area wajah dan leher biarkan selama 30 menit. setelah itu silahkan bersihkan dengan air bersih




Masker Putih Telur

Tak lengkap rasanya jika putih telur tak disertakan, pemakaian masker putih telur ini sangat lazim hampir semua memilih cara ini, masker putih telur ini sanggup mengangkat komedo, mengatasi kulit kering, noda hitam dan terutama bisa mengencangkan kulit wajah sehingga tampak bersih dan awet muda, caranya bersihkam wajah terlebih dahulu baru setelah kering siapkan satu buah telur putihnya saja, tambahkan madu jika menginginkan hasil lebih baik,  Oleskan keseluruh kulit wajah dan leher harus dengan sangat merata, setelah itu biarkan 30-40 menit, lalu bilaslah dengan air hangat.


Masker Madu

Kandungan madu sangat luar biasa selain dijadikan minuman penyegar berkhasiat madu juga dapat dijadikan masker kulit wajah bahkan hampir semua olahan masker menggunakan campuran madu, fungsi madu sendiri jika dibuat masker karena kandungan anti septiknya ampuh membunuh bakteri dan membebaskan dari noda, jerawat, serta komedo, kulit lebih halus dan kenyal tampak bersih berseri sangat cocok bagi kulit yang sensitif,. Caranyapun paling mudah. Bersihkan wajah terlebih dahulu setelah kering oleskan madu keseluruh kulit wajah dan leher, pijat secara halus dan merata biarkan kira-kira 30 menit, setelah itu basuhlah dengan air hangat, untuk lebih jelasnya tentang khasiat madu silahkan baca manfaat dan kandungan madu.


Susu Bubuk

Untuk menggunakan masker dari susu ini membutuhkan  susu bubuk full cream supaya kandungan lemak didalamnya dapat terserap maksimal, sedangkan susu instan dan susu rendah lemak tidak cocok digunakan sebagai masker. Khasiat dari masker susu ini adalah untuk menghaluskan kulit, menyegarkan, memutihkan serta memberi cahaya pada kulit wajah dengan sangat alami. Cara membuat masker susu adalah cucilah wajah terlebih dahulu baru ambilah 2-3 sendok bubuk susu, campurkan sedikir air kedalamnya jika ada tuangkan juga madu kedalamnya aduk secara merata sehingga terlihat seperti vasta, kemudian oleskan pada kulit wajah dan leher dengan sangat merata, diamkan selama 30 menit,setelah itu basuhlan dengan menggunakan air hangat. 



Cara diatas tak mungkin dilakukan sekali atau dua kali untuk mendapatkan kulit wajah yang diharapkan, seperti diketahui perawatan wajah secara tradisional membutuhkan ketekunan dan kesabaran tak mungkin bisa memperoleh hasil hanya dengan sekali coba, dibutuhkan beberapa minggu untuk memperoleh hasil yang diinginkan. Terima kasih telah membaca macam macam masker wajah alami dari tanaman berkhasiat, Semoga ada manfaat bagi pembaca sekalian.
121 Komentar untuk " Macam Macam Masker Wajah Alami "

sekarang banyak yang beralih ke bahan tradisional untuk dibuat masker, ketimbang produk-produk paten yang mahal harganya, bahan-bahan di atas harus dibookmark bagi yang ingin mendapatkan wajah cantik putih berseri, terima kasih mbak Santika

saya boleh nyobain maskernya gak ya, sapa tau bisa mulus kayak mbk Santika. hehee

waduh itumah buah-buahan kesukaan saya semua atuh TEH SANTI,,,,tapi memang bener sih mendingan pakai masker alami,resiko bahkan 0 % daripada beli yang bermark itu juga belum tentu,yang pasti beresiko tinggi tuh,,,,

Mku sy di madkerin donk ..
Heeee...

Kalau pakai masker madu, apa muka ntar gak dikerubungi sama semut yah. :-d

dari semua masker diatas.koq belum ada yang pernah saya terapin yateh...
eh ...pernah pake putih telur sih.tp nggak kontinyu....biasanya cuman ikut2tan untuk menggoda istri saya.hehehe

wah keren nih komentarnya mas buret.mengena banget.saya tadi sebenernya mau komen gini tp udah keduluan sih.
jadinya idem teh

masalahnya buah itu lebih suka saya makan daripada dibuat masker.
gimana coba??

katanya yang alami lebih aman, tapi saya kurang suka karena ribet kalo bikin sendiri. mending beli aja ah biar praktis :)

INi bisa digunakan untuk laki-laki juga gak ya mbak...hehehehe

dijadiin masker dulu mas, abis itu dimakan...maknyes

iya keren juga komenan mas buret hehe..

mas yan dicopas aja komennya hehe..

monggo .. walau disini pertamaxnya ga semahal ditempat lain..

mas budi bisa aja, ntar terlihat kemayu dong hehe

solusinya makan dulu, sisanya ya makan lagi hehe.. tapi buah buat masker ga nyampe 1 ton mas, jadi masih terjangkau dong..

mas yantooo..! nih ada yang mau dimaskerin sama mas haha..

tergantung mas, kalau madu asli ada kandungan gasnya mas, semut ga bisa deket sama gas, lagian ga sampe semalaman ngmaskernya..

naaah tu ngaku pernah pake masker putih telur haha.. lumayan ada gosip nih, mas yan suka bermasker..

Hohoho.. aku ngerti kok, moga sukses ya bisnisnya hehe

iya bisa mas, untuk pria coba baca : http://tehsantika.blogspot.com/2014/09/tips-merawat-kulit-wajah-untuk-pria.html

keaneka ragaman masker wajah yang alami sungguh membuat saya bisa memilih sekiranya masker apa yang nanti malam sepulang kantor memakainya bersama ibue agar disiapkan dari sekarang, jadi pas sampe rumah bisa langsung maskeran.
sip-lah

siip kang saya mendukung, jangan lupa akang juga pake masker ya biar telihat wooow hehe..

Sedikit ribet tapi didapat formula masker yang benar-benar alami, kenapa tidak?. Biasanya pria yang tidak suka ribet. Maklumlah mbak Dewi Elsawati kan wanita karir,.. hehe..

Salam sukses selalu buat kalian ya..

yaa sama sama mas marlone, trims ya kunjungannya..

saya mau copas tahi lalatnya boleh teh?

stst...jangan rame2 teh...entar kalau ketahuan mas saud bisa berabe apalagi kalau sampa mbak aldina tau,apa kata dunia

Hahaha.. boleh tapi tempel dijidat haha

kalo pakai alami lama ga yah mba prosesnya?

Paling setuju sama tomat, soalnya saya juga sering pake :-d tapi lengket banget yaa teh...

biar tambah kinclong dan sehat ya wajahnya ... bekas jerawat apakah lama ga proses hilang bekasnya?

ternyata banyak sekali masker-masker wajah yang sangat baik ya mbak.. menurut saya bahan-bahan tradisional memang jauh lebih bagus karena tidak menimbulkan efek samping pada kulit...

ngga ko sabar aja, baca lagi artikel penutupnya hehe..

hehe.. fans jkt 48 ternyata suka ngmasker wkwkwk..

harusnya berhasil tergantung ketekunannya mas.. trims ya..

Hohoho betul juga ya cokelat terlewat.. trims ya..!!

kayaknya banyak tahu nih.. mas wicky trims ya

wah mau nih pake masker alpukat. biar wajah menjadi putih. soalnya agak hitam nih mbak.. hadehh... :D

komplit ya mbak, kalau aku biasanya pake Mentimun atau Bengkuang

memang sesuai dengan kenyataan yang menulisnya. makanya kalau ngomongin kecantikan paling ngarti deh teh santika. oh ya mbak, kulit muka saya juga kering dan sering mengalami pengelupasan pada bagian dahi diantara mata. udah coba beberapa obat oles dan kemarin coba pake bedak dingin dicampur air yang dari beras. tapi masih juga. kalau pisang, itu pisang masak atau jenis apa ya mbak. makasih. ane tunggu jawabannya, sebelum muka saya terkelupasa semua, bisa masuk bengkel nanti mbak.

oh ya saya bookmark dulu ya mbak. lumayan buat referensi. minimal kalau lagi ngumpul sama ibu-ibu kalau ngobrol kecantikan gak kebhabisan bahan. heheee

saya barusan komen dan menerapkan seperti mas buret. mas buret dicoba juga lah maskernya. mas yanto pasti udah nyoba kayaknya tuh. biar kita semua kinclong mukanya gitu.

dari kemarin saya ikut aja yang pertamak, kalau jamaah pahalanya juga sama. tapi ane yakin nyoba masker alaminya pertamax. minimal buat edisi malam jumatan.

aduh budi memang ada-ada aja...mau pindah golongan apa bud kayak mbak santika. kalau mau coba coba aja maskernya, tapi jangan mau jadi mbak santika segala. insyaf bud. heheheee becanda yaa...becanda.

@dede thea: itu memang kebanyakan buah kesukaan orang umum. tapi iya juga ya, kalau beli nanggung nantinya mau masker atau mau makan, jadi #bimbang

iya dimaskerin tapi jangan lepas kaca matanya yaa...mau gak mas fiu?

kalau make masker tujuannya mau goda istri itu mah laen mas....lain tujuan. #outofrecord

saya banyak komentar karena lucu baca komen kawan-kawan. ini lagi pake lengket segala. masker pake kanji aja mas...heheheeee

yayaya silahkan hehe.. yang rutin ya

mas bisa pilih cara diatas, tapi untuk kulit kering biasakan sertakan madu tuk menghindari kesensitipan kulit, jika mau manggunakan buah pisang pastikan pisangnya sudah matang, disamping tak mengandung getah yang gatal juga sisanya bisa dimakan hehe..

hehe bisa aja c mbah.. berarti suka gosip ma ibu ibu hehe..

saya suka pake jeruk nipis tapi itu juga kalo lagi ada jeruk nipis nya hihi

Belum pernah maskeran... harus nyiptain deh

satu lagi yaitu pakai kentang,,,
caranya potong kentang tipis-tipis lalu tempelkan pada jerawat biarkan hingga kering dan terlepas sendiri ...

untuk cowok/cewek,yang rajin pakai masker, boleh di coba tuh saran teh santi. jgn sering beli produk masker, berbahaya banyak mengandung kimia.

pastinyaa bahan masker alami ini sangat aman digunakan tiap hari ya teh ? , pntesan saja teh santika tetep cntik ya hehehe , ,

pengin lihat tahi lalat mas yanto yg di jidat...jangan sampai salah tempel tahi sapi yah... :)

copas tahi lalatnya mas yanto yang di jidat, mas wicky

Noh bener tu kata mas Zibur wkwkwk.. trims ya..

cobain dong sekalian sama motornya dimasker.. he

gampang peh, sama saya ntar dikasih jeruk ipis..

saya dong nggak jelek
tapi ya nggak ganteng
jadi apa ya definisinya?

Teh Santika : ahahha bisa ajaaa :D

@Zach : wahh berarti setengah matang donk wkwkwkkww

kalau saya lebij senang menggunakan masker madu mbak, lebih praktis dan mudah digunakan :D

Baru nyoba masker buat tutup idung doang

Belum pernah menggunakan masker pada wajah Mba, paling sabun dari masu aja kalau untuk pembersih dan perawatan muka. he,, he, he,, :D

lebih praktis dan cepet ya.. bagi mas yang selalu tersedia madu..

itu masker komedo atau masker motor hehe..

waduuh sabun riskan akan iritasi kulit mas, soda apinya beresiko menjadikan kulit kering dan kusam, apalagi mas sang penjelajah alam hehe..

hahaha.. aku ga kepikiran sampe komen kesana haha

naah betul mbaah silahkan pada dicobain maskernya

wah iya nih
masker ini cocok buat mlm jumat,entar istriku saya suruh nerapin deh

suruh maskerin mas fiu???ogah ah
kalau yg dimaskerin teteh saya fikir dulu

biasanya para kaum hawa ni yang hobi beginian Teh, kalau untuk kaum adam sepertinya jarang ya yang memakai masker wajah :)

wah saya belum pernah pake masker nie, apa kerna saya cowok atau apalah, hahahhhaa

emang saya ada kok, kalau gak ada terus gimana. hantu dong. hahaa

Kalau saya dulu sering pakai masker putih telur... waktu remaja sih, sekarang mah dah gak pernah lagi hehehe ... Tapi pakai masker mentimun juga pernah sih.. hasilnya banyak Cewek yang melirik hehehe

emang panen cabe ya mas pake hasil ?? wkwkwk

kayaknya madu kalau dijadikan masker gak bau ya mbak...terus gak panas juga kah?

kalau mang yono gak usah pake masker juga udah yahud...kalau pake masker juga mudah kali ya kang yono, masalah bisa dapat di dekat rumah dan ada dari hasil tanaman sendiri

kalau banci namanya kaumukacewekapapria.

bar...kalau pake masker kayaknya bukan hanya cewek aja...laki-laki juga bisa pake kok...yang penting itu niat dan tujuannya gan. ingat innama a'malu binniat. heheeee

itu sih namanya #maskeranjingan
ada juga ya masker buat hidung doang....jadi bingung saya teh heeeee

itu sih bukan setengah matang...dipaksa matang kali

kalau gak ada jeruk nipis ganti jeruk purut aja bisa kali ya...
#nekat

nah ini dia yang saya suka...simple tutorialnya...
iya teh...saya juga paling minta atau beli dikit aja ama yang jualan...masalahnya rumah saya dekat pasar dan banyak orang sekitar rumah yang jualan pisang. kayaknya gak banyak juga sisanya kalau untuk dimakan, tapi kalau untuk dijaidkan pisang goreng mungkin masih bisa untuk makan sekeluarga...hehheeeee

jangan lupa maskeran yaa...jangan menyimpang dari niat semula...#fokus

Salam Jumaat Santika..
Maaf, lambat membalas komen dan kunjungannya....

Ada banyak masker nampaknya untuk dicoba....saya nak coba masker beras lah...sepertinya sangat tradisional dan asli..
Moga kulit lebih halus dan cantik..

Thanks for the info :)

oke mba, semoga berhasil dengan trik ini ...
biar tambah limit lagi ga harus diedit sama photoshop ... :)

silahkan kak, masker beras obat tradisional jaman dahulu..

terima kasih kunjungannya..

kalau bau mungkin itu dari mulut mbah hehe..

masker alami emang top ya teh,,kayaknya masker tomat gak ribet tuh hehe gak perlu di campur-campur lagi :)

Kalo emak gw, demen nya pake beras atau mentimun :-)

Boleh ah di coba nih. Walaupun agak ribet, dicampur ini, ditumbuk itu. Tapi ini aman, dan manjur..

wa kalo aku suka pake jeruk nipis/lemon..

aku lebih sering pake masker timun teh, soalnya lebih gampang sama lebih simpel aja hehehehe
tinggal tempel dehhh biar wajah makin cantik dan segar

Di etopia yang hitam2 yang paling laris...

Yang hitam hot end legit. ..ngapain repot2 nyari putih...hihihih

ahhh, jd pengen maskeran teh. byk juga ya buah-buahan yg bisa jdikan masker wajah. duuh pengen cantik beneran jdnya :D hkhk

Bagai mana cara bikin masker untuk beberapa hari