Obat Batuk Alami

Obat Batuk Alami Dari Tanaman Berkhasiat. Batuk memang sangat menjengkelkan tidak parah sih tapi sungguh sangat mengganggu, apalagi jika batuk itu mengenai anak anak pasti kita sangat mencemaskan akan kondisinya. Jika datang musin hujan atau musim pancaroba virus batuk biasa merajalela tanpa bisa dicegah, Penyakit ini dikategorikan penyakit menular apalagi jika sudah masuk peradangan paru-paru sangat berbahaya.

Berikut ini cara alami untuk mengobati batuk atau menghindari  batuk dengan   menggunakan    bahan-bahan alami, diantaranya;


Obat Batuk Alami Dari Tanaman Berkhasiat


Jahe
Jahe adalah salah satu tanaman obat yang sangat berkhasiat, terkenal sebagai tanaman pencahar dan anti rematik, selain berfungsi sebagai obat batuk juga jahe dapat mengobati sakit kepala, reumatik dan juga cacing gelang. Untuk mengobati batuk anda bisa ambil jahe kurang lebih 10gram, kemudian potong potong atau recah untuk diserap sarinya, rebus dengan memakai air 4 gelas tunggu sampai airnya tersisa 1-2 gelas, kemudian saring rebusan air jahe tunggu sampai hangat, lalu ramuan jahe siap diminum,  meminum 3 kali sehari dapat meyembuhkan batuk dan menyehatkan badan.

Daun Sirih
Daun sirih ini sangat terkenal karena tumbuhan ini asli Indonesia sering digunakan untuk beberapa keperluan pengobatan seperti mimisan, peradangan dan lain lain, mengandung banyak minyak atsiri dan zat anti bakteri sangat berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit berbakteri dimulut termasuk batuk, caranya cukup mudah; Siapkan beberapa lembar daun sirih contohnya enam lembar, rebuslah kedalam air 3 gelas dan biarkan sampai mendidih dan menyisakan 1 gelas lalu diamkan sejenak sampai agak dingin lalu silahkan diminum. Lakukan 3 kali sehari sampai batuk sembuh. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai manfaat daun sirih silahkan baca Khasiat daun sirih.

Jeruk Nipis
Jeruk nipis sangat tersohor bisa menyembuhkan berbagai jenis batuk, selain vitamin c nya yang tinggi jeruk nipis mampu mencaharkan dahak dan melegakan pernapasan akibat dari peradangan pada saluran pernapasan, jeruk nipis juga bisa menyembuhkan influenza, banyak sekali obat medis yang memakai khasiat jeruk nipis ini, bagi anda yang menderita batuk berdahak jeruk nipis sangat cocok untuk penyembuhannya cukup ambil perasan dari jeruk nipis campurkan kecap secukupnya jika anda mempunyai madu boleh ganti kecap dengan madu, kemudian minum minimal 1 kali sehari.

Asam jawa
Asam jawa adalah bumbu yang digunakan sebagai penyedap makanan, mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin B, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, dan serat makanan, selain sebagai penyedap asam jawa dapat meredakan batuk, caranya ambil beberapa buah asam jawa lalu tambahkan gula batu untuk menambah rasa supaya tidak terlalu masam, kemudian aduk didalam satu gelas campur air panas secukupnya sampai benar benar teraduk rata, dapat disajikan langsung selagi hangat, enak dan segar.

Belimbing wuluh
Jenis belimbing sayur ini jarang dikenal sebagai tumbuhan obat, biasanya digunakan sebagai sayuran untuk penambah rasa pada makanan, tumbuhan tropis ini seharusnya lebih dikenal sebagai tanaman yang berkhasiat obat. Banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan belimbing wuluh ini termasuk batuk, caranya; Ambilah beberapa buah belimbing wuluh kemudian parut hingga dapat tersaring sarinya lalu masukan kedalam dua gelas air tambahkan garam secukupnya lalu panaskan sampai mendidih menjadi satu gelas, saring lalu siap diminum, anda dapat menambahkan madu atau gula batu jika mau.

Daun Kayu Putih
Tanaman dari jenis (Melaleuca leucadendron L) adalah jenis tumbuhan yang memiliki rasa tawar, netral dan bersifat penenang. Daun kayu putih memiliki rasa pedas dan hangat. kayu putih mengandung lignin, melaleucin, dan minyak atsiri. bagian dari kayu putih yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan adalah daun, ranting, kulit kayu dan buahnya. Sedangkan untuk mengobati batuk adalah; Ambil beberapa lembar daun kayu putih kira-kira 10 graman, kemudian masukan kedalam wajan berisi  tiga gelas air lalu panaskan menjadi satu gelas air rebusan daun kayu putih, kemudian minumlah selagi masih hangat.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan atau mengobati batuk secara alami tanpa khawatir terjadi efek samping, silahkan dipilih cara yang menurut anda mudah dan gampang dari tips diatas, atau anda punya ramuan tersendiri untuk mengobati batuk silahkan dishare, kami sangat senang jika anda sedikit berbagi pengalamannya terima kasih..

You Might Also Like:

Disqus Comments