Mengulas Khasiat Tanaman

Obat Batuk Alami

Obat Batuk Alami Dari Tanaman Berkhasiat. Batuk memang sangat menjengkelkan tidak parah sih tapi sungguh sangat mengganggu, apalagi jika batuk itu mengenai anak anak pasti kita sangat mencemaskan akan kondisinya. Jika datang musin hujan atau musim pancaroba virus batuk biasa merajalela tanpa bisa dicegah, Penyakit ini dikategorikan penyakit menular apalagi jika sudah masuk peradangan paru-paru sangat berbahaya.

Berikut ini cara alami untuk mengobati batuk atau menghindari  batuk dengan   menggunakan    bahan-bahan alami, diantaranya;


Obat Batuk Alami Dari Tanaman Berkhasiat


Jahe

Jahe adalah salah satu tanaman obat yang sangat berkhasiat, terkenal sebagai tanaman pencahar dan anti rematik, selain berfungsi sebagai obat batuk juga jahe dapat mengobati sakit kepala, reumatik dan juga cacing gelang. Untuk mengobati batuk anda bisa ambil jahe kurang lebih 10gram, kemudian potong potong atau recah untuk diserap sarinya, rebus dengan memakai air 4 gelas tunggu sampai airnya tersisa 1-2 gelas, kemudian saring rebusan air jahe tunggu sampai hangat, lalu ramuan jahe siap diminum,  meminum 3 kali sehari dapat meyembuhkan batuk dan menyehatkan badan.

Daun Sirih

Daun sirih ini sangat terkenal karena tumbuhan ini asli Indonesia sering digunakan untuk beberapa keperluan pengobatan seperti mimisan, peradangan dan lain lain, mengandung banyak minyak atsiri dan zat anti bakteri sangat berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit berbakteri dimulut termasuk batuk, caranya cukup mudah; Siapkan beberapa lembar daun sirih contohnya enam lembar, rebuslah kedalam air 3 gelas dan biarkan sampai mendidih dan menyisakan 1 gelas lalu diamkan sejenak sampai agak dingin lalu silahkan diminum. Lakukan 3 kali sehari sampai batuk sembuh. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai manfaat daun sirih silahkan baca Khasiat daun sirih.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis sangat tersohor bisa menyembuhkan berbagai jenis batuk, selain vitamin c nya yang tinggi jeruk nipis mampu mencaharkan dahak dan melegakan pernapasan akibat dari peradangan pada saluran pernapasan, jeruk nipis juga bisa menyembuhkan influenza, banyak sekali obat medis yang memakai khasiat jeruk nipis ini, bagi anda yang menderita batuk berdahak jeruk nipis sangat cocok untuk penyembuhannya cukup ambil perasan dari jeruk nipis campurkan kecap secukupnya jika anda mempunyai madu boleh ganti kecap dengan madu, kemudian minum minimal 1 kali sehari.

 

Asam jawa

Asam jawa adalah bumbu yang digunakan sebagai penyedap makanan, mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin B, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, dan serat makanan, selain sebagai penyedap asam jawa dapat meredakan batuk, caranya ambil beberapa buah asam jawa lalu tambahkan gula batu untuk menambah rasa supaya tidak terlalu masam, kemudian aduk didalam satu gelas campur air panas secukupnya sampai benar benar teraduk rata, dapat disajikan langsung selagi hangat, enak dan segar.

Obat Batuk Alami

 

Belimbing wuluh

Jenis belimbing sayur ini jarang dikenal sebagai tumbuhan obat, biasanya digunakan sebagai sayuran untuk penambah rasa pada makanan, tumbuhan tropis ini seharusnya lebih dikenal sebagai tanaman yang berkhasiat obat. Banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan belimbing wuluh ini termasuk batuk, caranya; Ambilah beberapa buah belimbing wuluh kemudian parut hingga dapat tersaring sarinya lalu masukan kedalam dua gelas air tambahkan garam secukupnya lalu panaskan sampai mendidih menjadi satu gelas, saring lalu siap diminum, anda dapat menambahkan madu atau gula batu jika mau.

Daun Kayu Putih

Tanaman dari jenis (Melaleuca leucadendron L) adalah jenis tumbuhan yang memiliki rasa tawar, netral dan bersifat penenang. Daun kayu putih memiliki rasa pedas dan hangat. kayu putih mengandung lignin, melaleucin, dan minyak atsiri. bagian dari kayu putih yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan adalah daun, ranting, kulit kayu dan buahnya. Sedangkan untuk mengobati batuk adalah; Ambil beberapa lembar daun kayu putih kira-kira 10 graman, kemudian masukan kedalam wajan berisi  tiga gelas air lalu panaskan menjadi satu gelas air rebusan daun kayu putih, kemudian minumlah selagi masih hangat.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan atau mengobati batuk secara alami tanpa khawatir terjadi efek samping, silahkan dipilih cara yang menurut anda mudah dan gampang dari tips diatas, atau anda punya ramuan tersendiri untuk mengobati batuk silahkan dishare, kami sangat senang jika anda sedikit berbagi pengalamannya terima kasih..

86 Komentar untuk " Obat Batuk Alami "

Ternyata banyak juga obat batuk alami. Saya hanya sering menggunakan jeruk nipis, mbak...

memang ya uda jeruk nipis paling populer..

Saya pernah cuba asam jawa + gula batu...Alhamdulillah..berkesan..
Rupanya ada banyak lagi cara...tq Santika

Alhamdulillah..!, masih diberi kesehatan..

uraian2nya sudah tingkat tinggi inih Teh Cantik..!, jujur sy byk menimbah ilmu pengobatan melalui buah2, tumbuhtumbuhan, sayur sayuran, bijibijian, di sini teh..
ditambah lagi obat batuk alami yang teh cantik tuliskan di atas.. makin sakti saja sy Teh..!

Kakang Arya kamandanu mesti tau juga inih..
soalnya ilmu tapak sakti dari mpu tong bajil menghantam dada Kakang Arya Kamandanu Teh,..

Kasian..juga, hampir semalaman batuk terus.. malah saat Kakang Arya Kamandanu kalau batuk seperti begini Teh..:

uhuk..uhuk..!.. ee cepot
oho..ohok..eee. kampret

kalau sdh batuk begini sering latah Teh.. !

Tapi yg sangat mengherankan.. Kakang Arya Kamandanu inih Teh Cantik..!
Kalo liat gambar cewe cakep batuknya langsung reda.. Anehkan Teh..!

Adduuh.. mau bagaimana lagi.. Kakang Arya Kamandanu masih jomblo..teh Cantik..!

sy serngnya serbad atu dg jeruk nipis ,,, rasanya plong banget klo bs minum ntu ,,,,:D

Aws minggir ada suliwa datang ,,,,

Banyak juga ya teh obat alami buat obat batuk...
kalo saya mah kalo kebetulan lagi batuk-batuk dan kalo kebetulan lagi dikampung biasanya si ayang beb bikinin saya miuman dari asam jawa, kalo kagak bikin wedang jehe...

Berhubung di Jakarta mah hirup sorangan, saya biasanya pake obat ku "kalamian", sok rada cuek saya mah orangnya, diantepin aja akhirnya berkat obat kalamian (kelamaan) sembuh juga akhirnya... sedihnya gitu teh kalo idup serba sendiri mah, aaah...udah ah ntar yang ada saya galau lagi deh... ya sudahlah saya mo pulang dulu teh, kelupaan kalo saya ternyata blom makan teh...yuk ah teh akang rek uih heula hayang dahar :D

Hati-hati Suliwa Arya Kamandanu itu orangnya sakti, kamu harus minta bantuan sama Sudawirat, kalo nggak coba kamu telpon Prabu Angling Darma, sebelum semuanya terlambat :D

banyak banget ternyata cara alami untuk ngobatin batuk yateh.
biasa deh saya simpen dulu

Salam malam Teh Santika. nahh kebetulan tenggorokan saya agak gatel gara gra bersin kehujanan tadi siang. bisa di coba langsung nih pakai Obat Batuk alaminya Ijin coba Ya Teh Makasih

Barusan saya coba pakai Jeruk nipis untuk menyembuhkan batuk yang gatal di teenggorokan saya Teh. makasih ya atas tips sehatnya.

Saya juga Pernah coba mbak fidah cara seperti iitu

Stria Madang Nasi baru datang... sambut dong Mas All+Mas Fiu+,as Marnes+Mas Yanto koq malahpada Batuk sih.??? sana cepat minum obat batuk alaminya Teh Santika di jamiin .....

Saya kalau batuk ringan pake Gula asem, dari pada Serbad mah.. serbadmahkan .. yang pake jahe sama gula jawa ya Mas..? ehh salh ya..?

Betul ya Mas Yanto obat Batuk Lami sangat banyak danmudah nyarinya karena bahanya ada di sekitar kita

Kalau gak salah asem jawa itu ada permennya. Tapi kayaknya sekarang permen asam jawa kurang ngetren.

weh kayaknya udah mainsream nie, mantap ya mbak cuman kitanya sering bali sesetan atau obat di apotik

asam jawa n gula batu tradisional punya kak

malah rapat sih.. arya kamandanunya batuk batuk tuh.. cepet bawa ke spbu hehe

iya ya kalo ga salah serbad juga dari asem ya mas..

wedang jahe juga seger kang, obat tradisional juga atuh..

naha atuh bet galau wae, ajak atuh istrina ka jkt, supados galauna enggal damang hehe..

ya silahkan mas, mudah mudahan ada manfaat ya.. kang saud makasih udah pang jawabin

iya mas, kalau dulu sempet ada jualan permen gula jawa

ya mas, kadang cari yang instan lebih digemari yah, tapi mungkin saja cara tradisional lebih efektif sembuhinnya

Dari semuanya sudah pernah coba, tapi yg paling mujarab versiku cuma jahe mbak.

jahe mbak, malam yang dingin dengan segelas wedang jahe itu, sweger, ceesplong...
obat tradisional masih menjadi pilihan sebagian orang ya mbak dibanding obat kimia sintesis yang efek sampingnya kadang ngantuk, lemes, lesu, tidak bersemangat, tidak berdaya....*:Laah

semua dari bahan alami, suka menggunakan yg alami, seperti madu selalu tersedia
makasih teh informasi bermanfaat

jahe ya mba, disamping berkhasiat dapat menyembuhkan pilek dan batuk rasanya juga enak

nooh betul sekali mas, sangat jelas..

iya dong, mas wong kan suka memadu hehe..

kalo daun kayu putih yang kaya gimana ya mba hehehe belum tau :)

sama dengan saya kang Saud, kalau batuk suka pake jeruk nipis dikasih kecap sedikit hehehe ,,

Hatur nuhun teh Santika sdh berbagi tentang Obat batuk alami :) ..

Anak saya Abbie (6 thn) sering mengeluh di tenggorokannya, JKadang malam hari terbatuk batuk. Cukup sedih juga melihatnya. Padahal sudah mengurangi jajanan ES ya. Namun begitu periksa ke Dokter ternyata ada Amandel nya. Salah satu penyebab Batuknya itu adalah konsumsi MSG yang terkandung dalam jajanan pasar. Untuk mengatasinya kami sudah sering menggunakan media Jeruk Nipis. Pas seperti pada poin 3, Jeruk NIPIS di sini. Subhanallah, Batuknya kini sudah reda

kalau jeruk nipis dan jahe sudah pernah mbak tapi yang lainnya belum mencoba

bukan hanya anak-anak saja teh virus yang satu ini menjengkelkan, tetapi buat kita yang sudah dewasa juga sangat-sangat menjengkelkan, apalagi kalu batuk sambil mengeluarkan semburan hujan rintik-rintik, kan dijauhin sama teman, heheh..!!

kalau untuk bahan jeruk nipis dan jahe memang sudah sering digunakan ya mas, tetapi batuk kan ada 2 macam, berdahak dan tidak, apakah obat alami diatas bisa mujarab juga teh.?

kok teh santika tahu kalau mas wong suka memadu sih,??
hmmm....

Yg lebih alami malah aman dan ga nimbulin efek samping ya mbak :)

ia kayaknya lebih enakan yang tradisional juga ya

iya mbak, apalagi sekarang musim hujan..
hmmm enak konsumsi jahe setiap hari, apalagi badan jadi fresh setiap bangun tidur.

Minum wedang jahe bikin lega, Mbak.. :D

saya biasa nya minum komik kalau batuk, tapi kadang minum jahe juga sih ;)
yang alami pasti lebih aman dan murah ya mbak ;)

saya saat minum wedang jahe tenggorokan enakan, tapi udahnya tenggorokan makin gatel L)

Kalau saya pakai obat batuk alami dengan Ramuan Sirih merah atau bisa juga dengan Rujak Asam kawak ..... muruuuy iiih :)

kalau dikampung, orang tua saya sering menggunakan jeruk nipis dicampur kecap tu mbak untuk menghilagkan batuknya :D

yang lebih parah batuk disertai petir ya.. malu banget hehe..

kayu putih itu tumbuhannya mba, yang kita ambil daunnya aja, bentuknya agak lonjong memanjang..

ternyata jajanan anak anak perlu diperhatikan ya mas, walaupun solusi batuknya sudah ditemukan tapi tetep harus mencari pencegahan

kering dan berdahak mba, apalagi memakai sirih buat kekebalan tubuh juga..

minum komik juga kalau cocok ga masah mba..

mungkin campuran gulanya ga cocok bagi mas, coba ganti dengan cara lain mas..

betul oge kata mang yono, kenapa saya ga posting sirih merah aja sekalian ya. karena didaerah saya sirih merah mahal dan susah didapat mang.. padahal lebih ampuh ya..

cara itu memang dari dulu ya mas.. saya watu kecil juga selalu dikasih jeruk dan kecap..

ternyata banyak obat herbal yang bisa menyembuhkan batuk, taunya jeruk nipis dan asam jawa aja mbak. selain untuk mengobati batuk, bisa membuat tenggorokan terasa plong juga mbak. kalau info lainnya bisa jadi refernsi buat menyembuhkan penyakit batuk, minimla gak repot lagi kalau udah batuk cari obatnya ya mbak? terima kasih ya mbak santikan.

ternyata banyak bahan alami yang bisa dijadikan obat batuk. Dan pastinya bahan alami memang lebih aman ketimbang bahan kimia. saya sih suka pakai jeruk nipis dan kecap saja untuk mengatasi batuk.

Di Indonesia kaya akan tanaman empon-empon, jadi gak kaget kalau masyarakat Indonesia yang memanfaatkan obat-obat herbal ini.
Selain masih mudah didapat, juga jangan dilupakan khasiatnya.

Langsung bungkus deh resepnya... kbetulan tetangga sebelah lagi batuk soalnya :)

yah minimal mengingatkan bahwa kekayaan pengobatan dari tanaman herbal di Indonesia sangat besar..

jeruk nipis sama kecap tradisi dari dulu ya mba..

sama sama mbah.. semoga bermanfaat yah..

Saya masih ingat tuh rasanya manis asem, soalnya ditambah gula pasir.

abah kalau batuk suka minum obat tradisional seperti jahee..rank

daun sirih dan jeruk nipis deh kayaknya yang masih mudah dijumpai di kampung saya. cocok kalau lagi batuk-batuk..

thanks infonya sob,, sangat bermanfaat sekali bagi saya.. :)

kalau ada waktu,,kunjung balik blog baru saya ya sob >> tutorialblogwiky.blogspot.com (^_^)

terima kasihh..

Makasih buat artikelnya mbak.. :) Tapi saya gak suka semuanya. -_-

Obat batuk yang terbuat dari bahan alami selalin aman dan bersifat herbal, rasanya enak juga ko. Tapi bagi yang ga suka dengan ramuan ini, bisa konsultasikan ke dokter ya Mba. Kalau saya pilih ramuan dulu sih biar sehat. :D

oh ya kalau daun sirih merah bisa gak ya mbak buat ngilangin batuk...? masalahnya saya mau dikasih bibitnya sama kawan. mohon pencerahan.

iya mbak, sampai saat ini pun masih saya gunakan sebagai tahap pertama dalam mengobati batuk :D

yang paling oke itu pake jahe, soalnya hangat gitu..hehe

sirih sangat baik sekali mbah, bahkan sirih merah termasuk karegori sirih terbaik untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, dan juga sirih merah itu sangat mahal..

tentu saja mas konsultasi dokter dulu, andai ramuan tertentu sangat baik tapi mungkin bagi sebagian orang tak cocok..

jahe bah, sama dengan template abah yah hehe

jeruk nipis memang biasa dijadikan obat batuk ya mas..

kalau saya lebih suka pakai jeruk nipis mbak :)

akhir akhir ini saya memang suka batuk batuk, kebetulan sama mba Santika di share obatnya :) makasi ya mba !

kalau saya sedang batuk sih sering minum asam jawa mba :) tapi jika tidak ada minuman asam jawa saya lebih memilih meminum air es yang di minum sebelum tidur