Mengulas Khasiat Tanaman

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Bagi orang yang mempunyai masalah dengan bau mulut mungkin sangat tidak nyaman dengan pergaulan sekitar, tak percaya diri ketika berdekatan dengan teman ngobrol bahkan mungkin saja sedikit dijauhi teman sekitar. Seseorang yang mempunyai masalah pada aroma mulut biasanya tak menyadari bahwa mulutnya beraroma tak sedap, ini bisa saja terjadi pada semua orang, dikarenakan banyak sekali penyebab, diantaranya Gigi berlubang, sariawan, bakteri pada rongga mulut dan lain lain.

Memelihara gigi dan mulut dengan menggosok gigi secara teratur itu sangat disarankan, juga minum air putih dengan ukuran yang disarankan itu sangat membantu dalam menghilangkan bau mulut tak sedap, karena dengan minum air putih yang cukup dapat menghindari mulut kering  penyebab tumbuhnya bakteri dimulut. Tapi jika dua hal diatas sudah dilakukan tapi mulut anda masih mengeluarkan aroma tak sedap mungkin solusinya ada pada pembahasan dibawah ini, diantaranya :


Teh Hijau

Teh hijau kaya polifenol, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat menghentikan plak menempel pada gigi. Polifenol telah ditemukan untuk menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut, Jadi meminum teh hijau dapat membantu menghilangkan bau pada mulut

Buah-buahan dan Sayuran

Buah-buahan kaya akan serat sedangkan  sayuran dapat membantu memerangi bau nafas  Makanan kaya serat membantu memproduksi air liur yang dapat membantu menghapus plak pada gigi. Sebagai contoh mengunyah langsung wortel dapat menghilangkan bau mulut secara bertahap, atau minum buah lemon dapat menetralisir bau mulut serta aroma makanan tak sedap. Baca juga Cara Memasak Sayur


Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Sirih

Sirih memang salah satu tanaman berkhasiat yang sangat dibanggakan, disamping bisa berfungsi sebagai peredam aneka penyakit, sirih juga mampu menghilangkan bau mulut, sariawan dan radang tenggorokan. Aroma terapinya sangat kuat dan mampu menghilangkan bau mulut dengan sangat lama, Meminum segelas rebusan air sirih setelah sahur dapat mengharumkan nafas sepanjang hari.

Kopi

Terlepas dari berbagai polemik dan efek samping tentang minuman kopi, pada kali ini biji kopi mampu menempati urutan yang bagus untuk menghilangkan bau mulut dan nafas tak segar, biji aromatik ini meredam berbagai jenis bau pada nafas dan mendominasi aroma di area seluruh mulut.

Kayu Manis

Jenis bumbu bumbuan dapur ini mempunyai kandungan anti bakteri yang sangat baik, mampu mencegah dan membunuh pertumbuhan bakteri dimulut juga anti oksidannya bisa menjadi tameng untuk penyakit kanker dan mengontrol gula darah.

Yoghurt

Yoghurt adalah minuman kesehatan, mengkonsumsi yoghurt secara teratur dapat memelihara sistem pencernaan, kandungan probiotiknya bisa menyehatkan sistem pencernaan. Jika pencernaan baik terbebas dari penyakit sembelit, maag dan lainnya maka masalah bau mulut juga dapat dihindari.

Itulah sedikit tips menghilangkan bau mulut dengan tanaman berkhasiat alami yang mudah didapat disekitar kita, walaupun tidak semua jenis obat alami bisa diposting tapi mudah-mudahan cara diatas dapat mewakili dari sebagian yang lain, semoga ada manfaat bagi pembaca sekalian.
109 Komentar untuk " Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami "

Mau tanya Mba, kira diantara hal dijelaskan diatas, yang paling ampuh untuk menghilangkan atau setidaknya menyamarkan bau mulut akibat makan pete atau jengkol apa yah?

silahkan mas dicari saja yang menurut mas paling gampang dan cocok, tapi jika saya sudah makan jengkol, kunyah wortel untuk penghilang aroma mulut, dan daun sirih untuk penghilang nafas tak sedap.. terima kasih..

Teh Hijau, Buah-buahan dan Sayuran sepertinya cukup mampu untuk menghilangkang bau mulut dan jangan lupa perment karet mint mbak, aku biasanya konsumsi permen karet mint saat di perjalanan jauh, lumayan fresh dah mulut..

tes haaaaaah ,,,, bau gk ? hahahahaha..

pada suka makan jengkol nih ,,,, :D

iya betul mba itu cara sangat efektif dengan mengharumkan mulut dengan permen mint atau permen karet, kalau aku makan permen gigiku bermasalah hehe.. tapi jika giginya sehat permen mint sangat tepat

Ternyata teh hijau bisa menghiangkan bau mulut juga ya Teh, wah, makasih banyak Teh atas share tips menghilangkan bau mulut nya.

waduh, bau banget Mas Fiu hahahahahahaha

rupanya kopi jga bagus untuk menghilangkan bau mulut ya teh ? . . kalau bgtu sdh makan jengkol nanti mnum kopi aja biar gax bau mlut hehehhee

klo abis makan pete, untuk menghilangkan bau petenya, saya makan jengkol...bau petenya pasti ilang..

ternyata kopi disebut-sebut, ga nyesel deh yg doyan kopi, mulutnya pasti harum, haha
kayaknya kopi juga dapat meredam bau rokok ya mbak??

tapi, yg terutama jangan membiasakan memakan sampah basah ya Teh..?,

untuk menghilangkan bau mulut seperti kayu manis ituh Teh Cantik..!
apa bisa dipadukan dengan sedikit menambahkan madu atao kecap biyar ada variasi rasa,.?

juga cara memakai kayu manis ituh bagaimana.. apa diiris tipistipis dulu..?

kalo abis makan seperti pete dan jengkol emang cocoknya minum kopi mas, tapi kopi item...tapi jangan salah kalo tengah malem ngopi terus lupa gak gosok gigi sebelum tidur, waduuuh...pagi-pagi baunya gak enak banget :D

wah bener banget tuh mas, itu baru solusi...Insya Allah dijamin deh baunya makin gak karu-karuan hahahaha....

kalo yang kayu manis itu diapain teh? dimakan apa cuma diemut kaya makan permen gitu :D

Iya, mbak santi. Bau mulut terutama orang perokok juga bisa dihilangkan dengan mengunyah-ngunyah kulit kopi yang masih merah...

wah jadi malu kalau dengar bau mulut, apalagi saya ini perokok....tapi dengan resepnya mungkin bisa jadi tambahan refrensi buat saya

saya mah justru kalau mulut sedang bau, tidak segera di hilangkan tapi di nikmati dulu sampai puas, maklum jarang bau mulut sih

wahh cocok buat saya teh soalnya saya mah penggemar kopi.jadi mulut saya nggak bau
cuman bau kopi

jadi malu ah sama mbk Santika, bau mulut saya lagi apek kurang gosok gigi. heheee

Salamm Malam Teh Santika. sepertinya saya sama kaya MasYanto diatas, pecandu Kopi juga Roko kali 2. Saya coba cara Teteh Untuk menghilangkan bau mulut secara alaminya Ya Teh..? Makasih sudah berrbagi yang Bermanfaat *salam hangat dan salam blogging :)

Alangkah baiknya jika kita sadar akan kesehatan, jika habis makan jengkol atau petai, Coba pakai cara Teh Santika Menghilangkan bau Mulut dengan cara Alami.. Insya Allah Berkah. Kata Mamah Dede dan Aa mah tt3tt3 :D

Mbak Dian selain ahli Template juga pakar mastah nya coding ternyata pemerati Kesehatan, tentang masalah pada bau mulut. Pinter Pisan euy Mbak tuh ya Teh Santika.? :)

Het dah Mas Fiu Makan apa sih Kok bau nya berjam-jam gak Ilang perlu pakai caranya Teh Santika nih.. Teh beresin nih Mas Fiu tt3tt3 :D

Sana sikat Gigi dulu Mas Yanto.. gak enak nih banyak orang tt3tt3tt3

Het dah Mas All sampe sampah juga di kreuyeuh tt3tt3 boleh juga idenya tuh bMas Yanto langsung ngunyah deh

Harus saya memetik dan merebus daun sireh esok pagi... :):)
Terima kasih Santika...

sirih dan sayuran memang banyak sekali manfaatnya ya mbak... salam kenal :)

Saalam morning teh SANTI kumaha damang,,,,,waduh kalau berhadapan sama yang kurang sehat mulutnya memang suka gimana gitu,,,,,,,tapi semoga saja mereka membaca tips yang ini agar bisa menjadi solusi,,,kopi dan jahe memang manjur tuh ,,,,,,,

kalau sayamah bukan pecandu kopi tapi cuma menggemari saja kang KARRYST hehehe

nggak usah disikat dicopot saja giginya,,,

betul tuh kang saud, sebab jika menggunakan pete tuk hilangkan bau jengkol, ntar bau pete, trus hilangin bau pete makan jengkol lagi hihi muter

iya kang saud, mba dian senior banget, aku ngikutin tutor mba dian ketika pertama kali bikin blog, cuma kalau dulu mba dian itu akunnya dofollow

udah pagi begini mas fiu masih bau ya mulutnya, cepetan minum sirih mas..

bener banget kang marnes pengalaman, tau aja harus kopi item.. tapi kalau intruksi saya sih kunyah biji kopinya mas.. supaya afdol hehe

kalau udah minum kopi bau apaun terdominasi oleh kopi, cuma jaraknya biasanya ga lama berbeda dengan sirih mas..

serbuk kayu manis 1/2 sendok teh mas, betul campur madu atau kecap.. kalau dikunyah langsung sapi pun angkat tangan hehe

kalau kuat dan suka silahkan emut mas hehe..

benar bang uda, anjuran itu biji kopinya tuk hilangin bau mulut

kok malu sih, harusnya bangga kayak kang lembu hehe

hehehe.. dasar c akang bau mulut dikukut.. wkwkwk

tanggung giginyamah mas, kantongin aja mulutnya mas hehe

ihh... hahaha... bisa aja mas budi.. giginya disimpan atuh kalau malumah

kalau penggemar minum ga yah ? hehe..

terima kasih kak fidah semoga dengan sirih dapat menghilangkan bau di mulut ya.. tq atas perkongsiannya.

morning lagi kang de, minggu libur ya sehingga bisa menyimak panduan bau dimulut hehe.. moga bermanfaat ya..

bau mulut memang mengganggu. tapi yg ada hanya kopi saja disini... hadeeehhh gak suka kopi

Milih makan yoghurt aja deh, enak soalnya :D

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sal;am siang Teh Santika anu bageur. Simak dan baca lagi artikel bermanfaat nya tentang cara menghilangkan bau mulut secara alamina nya Teh..? semoga tips nya Teteh, bermanfaat khususnya buat saya. Dan Umumnya Seluruh Sahabat Blogging. Kalau saya main ke Klinik Teteh diman Coba. sambil saharing Kesehatan supaya saya bisa tampil Fresh terus kaya Teteh nih :)

وَعَلَيْكُمْ لسَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Betul juga kata Kak Kkhaira.. Salam kenal juga dari saya ya Teh Santika.. semoga Teteh emut terus ka sayaa tt3tt3 gr deh :)

Malah parahan penggemar ya Teh dari pada pecandu

Naah idenya Teh Santika lebih Cemerlang dan lebih Effesien tuh Mas + Akang tt3tt3tt3 :D

Sumpah saya tertawa sambil terbahak bahak,, untungnya gak ngompol deH Uppsst tt4tt4tt4tt4 =D

Saran Teh santika lebih bijak agar Gigi Mas Mas yang diatas pada ancur semua hhahha :D

Jangan lupa campur Madu, sedikit Cuka, dan sebagai pelengkap sebagai antiseptik nya campur 5.ml air raksa silahkanMinum,, Di jamin dehh ...*senyum

Iya Teh Mbak Dian senior pisan sih,,.? Kasih Resepna atuh Mbak..? biar saya teh sepandai Mbak Dian dan se Agresif Teh Santika yang selalu tampil Fresh :)

Naaaah itu maksud saya teh,, kesitu Teh.. siapa yang mau tanggung jawab coba kalau kepanya pada kena Effects spining.. yang jelas saya gak Tanggung lhoo.?

ada mas buah buahan, masa ga suka buah hehe

yoghurt boleh beb, selain enak sehat pula..

وَعَلَيْكُمْ لسَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

terima kasih kang saud yang selalu ngontrol kerumah aku hehe

mas saud @ wah wah waaaah ,,,, :D ahahahahaha
mb tika : buatin boleh donk ? hehe

Boleh juga nih teh untuk dicoba,, saya cek didapur cuma ada kopi doang... Padahal setiap mau tidur selalu sikat gigi, tapi pas bangun, tetep aja aroma mulut suka gmana gtu... kalo teh ijo dalam kemasan botol sama aja manfaatnya kan teh...

saya suka yang bagian terkahir yoghout :D tapi cara yang lain pelu di coba agar lebih hemat :D

Yoghurt bisa ngilangin bau mulut juga ya? Ya ampyun, baru tau..

saya tambahin: seledri
juga ampuh menghilangkan bau mulut

saya tambahin: seledri
juga ampuh menghilangkan bau mulut

kalau dikampung banyak cara yang digunakan untuk menghilangkan bau mulut mbak, tapi saya sering tu menggunakan madu biar wangi :D

Kalau habis makan jengkol atau pete aku pilih minum kopi

pastinya beda dong, kemasan botol dah ada pengawetnya, dan rasa yang utama bukan khasiat..

siapa sih yang ga suka yoghurt hehe trims kunjungannya ya..

ya ampuun kemana aja hehe, salam kenal ya..

trims tambahannya ya, semoga aroma seledri cocok buat penggunanya

iya kalau madu saya selalu tersedia kapanpun (kan saya jualan madu), tapi ga mau dimadu, jadi pengkonsumsi rutin madu masalah lambung teratasi dan nafaspun hampir bebas bakteri

iya kopi bisa penghilang aroma sesaat, trims ya..

yesss. ipeh mendukung hahaha.. nuhun nya..

Rajin gosok gigi tiap hari aja dan jangan keseringan makan jengkol atau pete nya teh santika :D

buah-buahan seperti pilihan paling enak buat saya. malu juga kalau cantik tapi bau, ya teh

sip...ane termasuk orang yang doyan ngopi. tapi kalau gak gosok gigi tetap aja kayaknya bau jigong ya mbak heee. oh yaa. kalau daun sirih untuk menghilangkan bau mulut apa cukup diminum gitu aja air rebusannya atau ditambah apa gitu mbak? makasih masukannya.

Wah ketinggalan kereta heiheihie. Komen saya munculnya paling bawaah banged. Parah parahhhhhhhhh. Tapi kalau Parah Quin sih seneng aja liatnya, Ehieiheiheie, Makasih informasinya ya mba. Soalnya bau Mulut gini kadang mengganggu pergaulan juga sama orang lain. Mungkin orang lain merasa tak nyaman dengan aroma bau mulut kita namun tidak berani menyampaikan secara lisan. Tau tau orang itu beranjak menjauh baru terasa

Selain itu rajin menggosok gigi juga wajib hukumnya ya mbak :)

memang harus rajin menggosok gigi ya Mab, agar mulut tidak bau....

makasih banyak gan.. soalnya ane juga doyan ngopi sama ngerokok..

tutorialblogwiky.blogspot.com

saya biasanya gosok gigi rajin dan makan permen relaxa mbak untuk hilangkan bau mulut hehehe :D

iya tapi mba nove dah cantik ga peduli urusan aroma mulut hehe

direbus mba, dan cara ini biasa saya pakai jika mau berpuasa..

iya mas asep, hampir setiap orang yang aroma mulutnya tak sedap tidak menyadarinya hehe..

iya mba cara diatas percuma kalau ga gosok gigi hihi

bener mas indra setelah menggosok gigi tentunya

hallo mas adam sy, trims ya kunjungannya..

ah mba ririn tetep aja cantik walau ga gosok gigi hehe

Kalau minum kopi, bukannya malah nantinya mulut bau kopi Teh.

Demi bersosial di dunia nyata ini memang sangat penting sobat, juga dalam berinteraksi di dunia kerja, keluarga, pergaulan di masyarakat harus kita perhatikan kesehatan mulut, agar tidak bau.

Ternyata Teh hijau, buah-buahan dan sayuran, sirih, kopi, kayu manis, yoghurt ini bisa mengatasi bau mulut ya teh?. banyak juga ternyata yang bisa kita gunakan untuk mengilangkan bau mulut.

Terima kasih sudah berbagi tip kesehatan, Cara mengilangkan bau mulut secara alami.

ember mas hehe, tapi sebagian menyebutkan kopi itu harum..

makasih juga mas marlon mau singgah disini, semoga bermanfaat yah..

biasanya kalau pagi tuh sering bau mulut keluar, gmna cara agr pagi tuh bau mulut nggak keluar

bagus sekali informasinya, terima kasih banyak.
tips ini sangat berguna, malu juga mulut berbau saat gabung sama teman-teman. terus kalau cara menghilangkan karang gigi gmna tuh...