Mengulas Khasiat Tanaman

Tanaman Obat Darah Tinggi

Penyakit Darah Tinggi dalam istilah kedokteran disebut dengan nama Hipertensi. Tekanan darah tinggi memang merupakan penyakit yang menakutkan, apalagi gejalanya kadang muncul secara tiba-tiba, kenyamanan hidup bagi penderita sangat terganggu, disamping yang lebih parah lagi penderita mempunyai penyakit penyerta seperti kencing manis, jantung dan ginjal semakin memperburuk keadaan yang dapat menyebabkan stroke dan kelumpuhan. Berikut ini Tanaman Obat Darah Tinggi Tradisional bisa menjadi panduan pilihan pengobatan anda

Alang-alang

Alang-alang memiliki sifat manis dan sejuk. bila diminum dapat menurunkan panas, meluruhkan kencing, menghentikan pendarahan, dan menghilangkan haus. Herba ini masuk kemeridian paru-paru, lambung, dan usus kecil

Kandungan alang-alang
Akar dan batangnya mengandung manitol, glukosa, sakharosa, malic, acid, citric, coixol, arundoin, cylindrin, fernenol, simiarenol dan anemonim.
Bagian yang digunakan obat darah tinggi adalah rimpang atau akar, sebagai peluruh kencing.


Bayam Duri 

Bayam Duri mempunyai sifat manis, pahit, dan sejuk.  Herba ini masuk kemeridian jantung dan ginjal. Dapat menghilangkan panas (antipiretik), meluruhkan kencing (diuretik) menghilangkan racun (anti toksin), menghilangkan bengkak, obat diare, serta membersihkan darah.

Kandungan bayam duri
Amarantin, rutin, kalium nitrat, piridoksin, garam-garam, fosfat, zat besi serta vitamin A, C dan K, akar digunakan sebagai peluruh kencing.


Belimbing Manis

a. Buah : Rasa asam, manis, dan netral, berguna sebagai anti radang, peluruh kencing (diuretik), atau peluruh liur.

b. Bunga : rasa manis dan netral. dapat dipakai sebagai obat antimalaria.

c batang dan daun: rasa asam, kelat, netral. Bermanfaat sebagai anti radang, peluruh kencing, serta penghilang panas.

d. Akar : Rasa asam, kelat (astringent), dan netral. Dapat menghilangkan sakit ( analgetik) dan sebagai obat antireumatik.

Kandungan belimbing manis
buah mengandung protein, lemak, kalsium, phosfor besi serta Vitamin A, B dan C. sebagai peluruh kencing.

Tanaman Obat Darah Tinggi

Belimbing Wuluh

Rasa asam dan sejuk. dapat menghilangkan sakit (analgetik), memperbanyak pengeluaran empedu, antiradang, peluruh kencing, dan juga sebagai astringent.

Kandungan belimbing wuluh
batang mengandung saponon tanin, gluciside, calsium, oksalat, sulfur dan asam format, Daun mengandung tanin, sulfur asam format, dan perotsidase
Bagian yang digunakan obat darah tinggi adalah buah sebagai peluruh kencing.


Jagung

  • Biji : manis dan netral masuk kemeridian usus besar dan lambung. Dapat mengharmoniskan centra organ meningkatkan nafsu makan menguapkan paru-paru, dan menetralkan jantung.
  • Akar : Peluruh kencing (Diuretik)
  • Tongkol : Manis dan netral berguna untuk menguatkan limpa dan sebagai peluruh kncing serta penurun tekanan darah ( hipotensi)
  • Rambut :  Manis dan netral, bermanfaat untuk peluruh kencing, hipotensif, menghilangkan panas, menetralisir hati, serta melancarkan pengeluaran empedu.

Kandungan Jagung
  •  Biji : gula, zeaksantin, protein, asam maizenik, asam heksafosfor, vitamin B1, B2, dan B6
  • Rambut : Potassium nitrate, vitamin K, a-tocopherylquinone, B-sitosterol, stigmasterol, yushushu, acid, dan volatile alkaloid.
  • Minyak jagung : linoleic, acid, 50% oleic acid 37%, palmitic acid 10% dan stearic acid 3%,
rambut tongkol dan akar sebagai peluruh kencing, tongkol dan rambut juga sebagai obat paten.  


Kayu Manis

Kayu manis berasa pedas sedikit manis, hangat dan wangi, Bermanfaat sebagai peluruh kencing, peluruh keringat, anti reumatik, meningkatkan nafsu makan serta menghilangkan rasa sakit.

Kandungan kayu manis
Minyak atsiri, eugenol, safrolecinnamaldehyde, tanin, kalsium oksalat, damar dan zat penyamak. Kulit batang digunakan sebagai obat darah tinggi.


Kumis Kucing

Kumis kucing memiliki sifat pahit dan sejuk bermanfaat sebagai anti radang, peluruh kencing, serta penghancur batu saluran kencing

Kandungan kumis kucing
Orthosiphon glikosida, zat samak, minyak asiri, minyak lemak, saponin, garam, kalium, dan myoinositol. Daun sebagai peluruh kencing digunakan sebagai obat darah tinggi.


Leunca

Rasa pahit, dingin dan sedikit beracun, berguna sebagai penurun panas, pembersih panas dan racun, anti radang, peluruh kencing, penghilang bengkak, pelancar darah, peluruh dahak, pereda batuk, pereda sesak, dan penghilang gatal (antipruritus).

Kandungan leunca
Tanaman ini mengandung glikoalkaloid solanine, solasonine, sola margine, solasodine, juga mengandung sedikit atropin dan saponin, zat samak dan minyak lemak, mineral kalsium, fosfor, besi serta vitamin A dan C.
buah digunakan sebagai obat darah tinggi berefek samping perasaan tak nyaman.

Mengkudu

Berkhasiat sebagai penghilang hawa lembab pada tubuh penambah kekuatan tulang, pembersih darah, peluruh kencing, peluruh haid (emenagog), pelembut kulit, obat batuk, obat cacing (anthelmintik), pencahar dan antiseptik.

kandungan mengkudu
Kulit akar mengandung morindin, aligarin dan soranjidiol. Daun mengandung protein, zat kapur, zat besi, karotendan askorbin. Tanaman ini juga mengandung minyak asam capron dan asam kaprylat yang mudah menguap. Buah masak digunakan sebagai peluruh kencing.


Tanaman lainnya yang dapat dijadikan obat darah tinggi adalah :
Pepaya, pule pandak,  saga, sambiloto, semanggi gunung, tapak dara, tempuyung, pegagan, patikan kebo, mindi kecil, meniran, ketepeng kecil, boroco dan daun sendok.

Itulah tanaman berkhasiat yang dapat dijadikan ramuan tradisional khusus mengobati keluhan penyakit darah tinggi semoga bermanfaat

Referensi : Ramuan tradisional darah tinggi Prof. HM Hembing Wijayakusuma
Ramuan tradisional Dr Setiawan Dalimartha
68 Komentar untuk " Tanaman Obat Darah Tinggi "

pas. cocok buat sy inih Teh..!, yg kumis kucing..!
kebanyakan pria yg mengkomsumsi obat penurun "panas" inih.. berdampak juga pada pembentukan tubuh biyar ateletis..
sy sdh coba barusan Teh..!
Hasilnya.. Jgn ditanya Teh..! Sy dikeroyok Teh...!
Dari yg burik sampai yg mirip srigala .. semua hadang sy..!, \
inih saja.. tulis komeng inih..lagi buru2..

permisi ya Teh Cantik..!, uhzzz..uhzz..!

saya taunya cuman jagung dan bayam teh ,ternyata banyak juga obat alami lainnya

santai aja mas, mas kan sudah atletis.. ga da yang brani ngejar sama mas.. hehe

bangun...bangun
woe mas al...bangun dulu geh

masih diedit mas, pertamax kw 2 ntar dikirim ya..

masih banyak mas, inipun ga semua terposting.. insya Allah kalau ada waktu

Untuk membuat obat darah tinggi dari tanaman gak suli sulit amat bahanya ya Teh. ada dan banyak di sekitar kita. apa lagi di tempat saya tanaman itu banyak di belakang rumah :)

Kakek Aldi ngeduluin saya aja nih. saya kan kemarin pesan kalau mau ke post Teh Santika tentang Tanaman obat Darah Tinggi.? samper saya biar bareng. soalnya saya mau nurunin Darah nya Mas Yanto, biar lebih sehat dan kalem

Saya yang KW 1 aja Teh, yang k2 sam 3 buat Mas Yan sama Kek Aldi aja katanya.

Dengan setia dan IKHLAS. Saya tunggu post berikutnya agar penanganan pengobatan darah tinggi secara alami cepat sembuh. Kalau bayam mah kesukaan nya Popaye, emange Mas Yanto dari marga Popaye gitu...?

iya kang, cuma buat ramuan yang pas nya itu belum saya posting, nanti kalau ada watu kang..

kebetulan mbak ayah saya darahnya sedang naik mungkin dikarenakan kelelahan :) jadi saya izin copy yah mbak artikel nya untuk saya berikan informasi ini kepada ayah saya :)

Tanaman obat untuk menurunkan dan memilihara kesehatan dari pencegahan darah tinggi tentu sangat bermanfaat ya Mba, dan sangat disukai oleh masyakat. :D

Nunggu ramuan racikan tanaman obat dari si Mba nih.... :D

Ada yang seru neh di sini, sayang sayang gak dapat PERTAMAC...

terima kasih telah berbagi pencerahan mengenai darah tinggi dan obatnya. penyakit ini lumayan mematikan dan banyak juga yang stroke gara-gara darah tinggi. ok makasih telah berbagi pencerahan dan salam sahabat blogger.

ternyata alang-alang juga bisa jadi obat darah tinggi jga ya mbak ,, baruu tahuu sayaa .. trimss infonya :)

mentimun juga bisa mengobati darah tinggi ya mba ?

Yg pernah dengar..kumis kucing sama belimbing....yg lain- lain tu....saya baru tau...

kalo untuk belimbingnya lebih bagus di makan langsung apa dijus ya teh... kebetulan ortu saya punya penyakit darah tinggi, apalagi kalau banyak pikiran...

Yg udah kesohor katanya cuma belimbing ternyata masih ada yg lain ya mbak..

Sy catet buat kasih tetangga ah :)

Alang2... ? Dinkmpung sy alang2 yg tumbuh di sisi selokan pinggir rumah...

ini ada dikebun semua..ehh leunca yg nggak ada

mas ala kayak lagi berantem ajah...tenang2

selain buah mengkudu bisa dijadikan obat ternyata daun muda dari tanaman mengkudu pun bisa dijadikan bahan masakan yang enak..thx infonya mbak...

ini yang sering di cari orang-orang di daerah saya mbak "Kumis Kucing" ternyata buat obat sakit tinggi ya mbak.. pantasan saja mbak.. saya baru tau mbak..

Hari ini kepala saya sakit sekali Teh kepalanya setelah cek ternyata darah saya malahn kurang cuma ada 90. darahnya seharusnya kan 120. ada solusi untuk menikan darah kebalikan dari post Teteh tentang Obat Darah Tinggi ini. maaf jika mleset dikit ke topik :)

Kaya nya Mas Al darah nya ketinggian Mas Wong, Teh Santika cepetan kasuh Ramuan penurun panas nya,, eeh maaf penurun darah tingginya :)

Di dinginin dulu nanti saya minum Ramuan penurun darah tingginya buat saya Mas Wong. Mas Yanto, minum dulu deh ramuanya :)

Saya lebih mending pilih tanaman obat darah tinggi aja deh :D

KUMIS KUCING Bisa juga buat obat turun darah tinggi ya Mas Ehwansah..?

sepertinya yang paling manjur belimbing mbak,,kasiatnya begitu cepat,,pengalaman saya gitu,,hehe

Saya kalo duduk kelamaan terus berdiri juga pandangan item terus blank pengen jatuh gitu :(

saya paling suka sama yang namanya Alang-alang,kalau di Jakarta suka beli akar alang2 yang dijual di pasar,,tapi kalau pulang kampung suka ambil sendiri di kebun,,,,,,

sama dengan mang de, cuman yang saya teh mau tanyain mah ai bayam duri teh yang bagaimana dan seperti bayam sayuran yang tiap hari saya makan kah itu bayam duri teh..teh?

mungkin mbak santika punya solusi terbaik buat mas saudnya... jadi tunggu aja kehadiran mbak santikan....

Begitu banyak alam menyediakan obat untuk kita semuanya telah tersedia di sekitar kita. Obat penyakit darah tinggi pada artikel ini satu bagiannya. Memang penyakit darah tinggi bahaya jika tida dapat penanganan yang semestinya selain menkonsomsi tanaman yang bermanfan menurunkan tekanan darah, mengendalikan emosi dan pikiran juga kunci untuk pencegahannya. Manakala pikiran tiada terkendali menjadikan emosi tinggi sudah pasti darah tinggi menghampiri.

mengkudu memang dikenal untuk obat hipertensi...sippp....ambil pertamax masih bisa g ya ?

wah saya tunggu ramuanya dari neng santika...pasti jamu ramuannya top merkotopp

Salam sore Teh Santika, begitu banyak penyakit gejala Darah tinggi itu ya Teh, jika tidak cepat di obati buknya bertambah baik dan sembuh malah makin parah. alangkah baiknya darah tinggi segera di obati. Dan tanaman yang Teh Santika posting ini bisa buat pencegahan Darah tinggi juga gak Teh..?

Saya IKHLAS Gak di bales juga Mas Zhey... Mungkin Teh Santikanya lagi sibuk, di daratan Bumi atau lagi Berselancar di kemilaunya Dumai ini hhh :) Dengan setia saya tunggu disini dan saya tak akan pulang sebelum di jawab hehheh :D

Dengan SETIA saya tunggu Ramuan yang pas nya Teh Santika untuk saya baca dan di gunakan :)

Ceu santika waas eta mengkudu baunya kalau di jadiin obat buat obat darah tinggi

wiihh setia banget mas saudnya menunggu mbak santika disini.. sampai gak harus pulang... hehe

jempol buat mas saud...

mengkudu itu di daerah saya biasa dikenal dengan nama pace mbak Ai...

Daftar hadir di hari ini Teh Santika bacca lagi dan pelajari lagi tentang tanaman obat darah tingginya.. Kemana saja Teh, Rindu dengan sapa dan candanya Teh Santika :)

Emange Ibu ne Anak anke Pak Haji mau di kemanain coba ..?

pake alang-alang bisa kali ya...heee

makasih atas info obat darah tingginya.

Ternyata banyak juga ya tanaman obat darah tinggi itu, tinggal dipilih aja sesuai denga selera masing-masing :)

kan abis pulang kampung bareng saya kemaren :D

iya nih kang saud, waktu ngeblognya dikit, templetnya eror lagi, jadi abseb dulu hehe

kang marnes, gitu yah hehe

iya kang.. tambah tambah pengetahuan..

sama sama mbah moga ada manfaatnya..

pasien nya udah pada ngantri ya,, silahkan masuk berdasarkan no urut hehe

bagi penderita darah tinggi memang harus konsumsi bahan tumbuhan alami ya mbak agar perlahan lahan bisa lekas ssembuh soalnya harga obat nya juga mahal ;)

Bahan alami untuk menurun kan darah tinggi bisa juga dari ikan-ikan yang mengandung omega 3 Nature Epa [ http://goo.gl/IengJT ]

darah tinggi kalau hanya diobati tanpa diiringi dengan gaya hidup sehat pasti percuma. yang paling penting stop alkohol dan rokok