Mengulas Khasiat Tanaman

Macam Macam Penyakit Mata

Mempunyai mata yang sehat dan indah adalah keinginan semua orang tak terkecuali, Seseorang kadang lupa bersyukur ketika mempunyai mata sehat, tapi ketika dia itu mempunyai panyakit pada mata barulah dia sangat menyadari pentingnya menjaga kesehatan pada mata, berikut ini saya perkenalkan beberapa penyakit mata yang sering diderita kebanyakan orang

Miopia

Miopia atau rabun jauh, adalah kesalahan bias, yang berarti bahwa mata tidak bengkok atau membiaskan cahaya dengan benar untuk fokus tunggal untuk melihat gambar dengan jelas. Dalam miopia, objek dekat terlihat  jelas tapi jauh terlihat kabur.  Ini terjadi karena bola mata yang terlalu panjang atau karena kelengkungan kornea yang terlalu besar sehingga cahaya yang masuk tidak difokuskan secara baik dan objek jauh tampak buram. Penderita penyakit ini tidak dapat melihat jarak jauh dan dapat ditolong dengan menggunakan kacamata negatif (cekung)



Rabun Senja

Rabun Senja istilah medisnya nyctalopia (buta ayam), merupakan suatu kondisi dimana sulit bahkan mustahil untuk melihat pada keadaan pencahayaan yang kurang. Rabun senja disebabkan oleh kelainan pada sel di dalam mata yang bertanggung jawab untuk pengelihatan dalam pencahayaan yang kurang. Penyebab-penyebab penyakit tersebut yaitu kelainan lahir (kongenital), obat glaucoma yang bekerja dengan cara mengecilkan pupil,  katarak,  kecelakaan bahkan malnutrisi (kekurangan vitamin A)



Macam Macam Penyakit MataPresbiopi (cacat mata)

Presbiopi adalah cacat mata biasanya lebih disebabkan oleh faktor usia. Orang yang usianya sudah lanjut, daya akomodasinya semakin lemah sehingga lensa mata sukar mencembung secembung-cembungnya dan sukar memipih sepipih-pipihnya. Cacat mata presbiopi adalah cacat mata yang tidak dapat melihat benda-benda jauh atau dekat dengan jelas. Untuk menolong orang yang menderita cacat mata presbiopi, harus digunakan kacamata rangkap. Lensa kacamata rangkap terdiri atas lensa cekung untuk melihat objek jauh dan lensa cembung untuk melihat objek dekat

Macam Macam Penyakit Mata

Buta Warna 

Buta warna pada umumnya terjadi ketika seseorang tidak dapat melihat warna dengan cara yang normal. buta warna (juga dikenal sebagai defisiensi warna) terjadi ketika seseorang tidak dapat membedakan antara warna-warna tertentu, biasanya antara hijau dan merah, dan kadang-kadang biru pada retina (jaringan peka cahaya yang melapisi bagian belakang mata), ada dua jenis sel yang mendeteksi cahaya: yaitu batang dan kerucut. Batang mendeteksi hanya terang dan gelap dan sangat sensitif terhadap tingkat cahaya yang rendah. Sel-sel kerucut mendeteksi warna dan terkonsentrasi di dekat pusat penglihatan. Ada tiga jenis kerucut yang melihat warna: merah, hijau dan biru. Otak menggunakan masukan dari tiga sel kerucut warna ini untuk menentukan persepsi warna, pada contoh gambar ini anda dapat mengetahui tentang kondisi mata anda





Macam Macam Penyakit Mata

Konjungtivitis

Konjungtivitis yang juga dikenal dengan mata merah, adalah kondisi medis yang ditandai dengan peradangan pada konjungtiva, bagian terluar dari bola mata dan kelopak mata. Gejala-gejala termasuk penglihatan buram, nyeri pada mata dan sensitif terhadap cahaya. Penyebab paling sering dari konjungtivitis adalah infeksi virus tetapi masih banyak penyebab lainnya, seperti penggunaan lensa kontak berkepanjangan atau alergi. Maka dari itu, penanganan akan bervariasi tergantung dari penyebab yang mendasari. Akan tetapi, prognosis secara umum baik dengan mencari penanganan dan alergen dihilangkan (untuk konjungtivitis alergika). Pada kebanyakan kasus, kondisi ini membaik dengan sendirinya tanpa intervensi. Akan tetapi, apabila rasa tidak nyaman terlalu hebat atau gejala tiba-tiba memburuk, adalah bijak apabila individu tersebut berkonsultasi dengan seorang dokter. Rekurensi dari konjungtivitis di rumah atau di sekolah adalah komplikasi yang sering yang dapat dihindarkan dengan melakukan kebersihan / hygiene yang baik.


Macam Macam Penyakit Mata

Trakoma 

Trakoma disebabkan oleh Chlamydia trachomatis dan disebarkan melalui kontak langsung dengan cairan yang mengandung kuman dalam mata, hidung, dan tenggorokan dari pengidap. Selain itu, penggunaan handuk atau kain lap yang terkontaminasi cairan dari pengidap trakoma juga dapat menyebabkan seseorang terinfeksi bakteri ini.
Bila tidak mendapatkan pengobatan, infeksi trakoma bisa menyebabkan entropion yang merupakan bentuk kebutaan permanen dan disertai nyeri bila kelopak mata berbalik ke dalam, karena ini mengakibatkan bulu mata menggaruk kornea. Infeksi ini paling rentan terjadi pada anak-anak karena belum bisa secara maksimal menjaga tubuhnya dari kotoran. Namun, efek-efek penglihatan kabur dan gejala parah lainnya sering tidak disadari hingga dewasa.


Macam Macam Penyakit Mata

Selulitis Orbita  

Selulitis kelopak mata, (selulitis orbitalis) adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang terjadi di sekitar kelopak mata. Penyakit ini juga dapat disebut selulitis preseptal atau selulitis periorbital. Infeksi menyebabkan demam, kemerahan, dan pembengkakan kelopak mata dan kulit di dekat mata. Hal ini terjadi lebih sering pada anak-anak dibandingkan pada orang dewasa.

Selulitis kelopak mata tidak serius jika diobati dini. Infeksi biasanya dapat diobati secara efektif dengan antibiotik. Namun, dalam beberapa kasus bisa lebih bermasalah. Sebagai contoh, selulitis kelopak mata dapat menyebabkan kondisi serius jika infeksi menyebar ke rongga mata. Infeksi pada rongga mata, yang disebut selulitis orbital, dapat menyebabkan masalah penglihatan permanen atau kebutaan keseluruhan. Hal ini penting untuk mengobati selulitis kelopak mata segera untuk mencegah komplikasi

Macam Macam Penyakit Mata

Blepharitis  

Blepharitis adalah kondisi umum dan berkelanjutan di mana ada peradangan (bengkak) pada kelopak mata , dengan partikel berminyak dan bakteri lapisan margin kelopak mata dekat pangkal bulu mata. Kondisi ini bisa menyebabkan iritasi, gatal, kemerahan atau pembakaran mata. Sedangkan penyebab blepharitis tidak sepenuhnya dipahami, dapat dikaitkan dengan infeksi bakteri mata atau gejala mata kering. apabila kondisi ini tidak ditangani secara dini. Mengingat seriusnya kemungkinan komplikasi (seperti kebutaan), direkomendasikan bahwa individu dengan gejala seperti ini secepatnya berkonsultasi dengan seorang dokter. 

Macam Macam Penyakit Mata

Dakriosistitis 

Dakriosistitisadalah infeksi pada kantung air mata (lakrimal), Penyebab biasa dakriosistitis adalah penyumbatan saluran kantung air mata (nasolakrimalis) yang mengarah dari kantung air mata ke hidung.Dakriosistitis dapat terjadi secara tiba-tiba (akut) atau bisa berlangsung lama (kronis). Ketika pada infeksi akut, daerah sekitar kantung air mata menyakitkan, merah, dan bengkak. Daerah di sekitar mata dapat menjadi merah dan berair bahkan mengeluarkan nanah.

Macam Macam Penyakit Mata

Ulkus kornea  

Ulkus kornea adalah luka terbuka pada kornea (eyesore), biasanya disebabkan oleh infeksi luka kecil atau erosi pada mata  karena mata kering, memakai lensa kontak terlalu lama atau infeksi lensa mata saat tidur hingga dapat menyebabkan infeksi. Kornea adalah jendela mata sedangkan air mata merupakan pertahanan alami terhadap bakteri, virus, atau jamur untuk kornea. Penyakit ini dapat sembuh kadang dengan sendirinya, tetapi jika tidak ditangani dapat menyebabkan jaringan parut sehingga penglihatan mata menjadi menurun.
105 Komentar untuk " Macam Macam Penyakit Mata "

banyak juga jenisnya ya,saya taunya cuman rabun jauh dan dekat

koq teteh bisa njelasin secara detail sih?
jangan-jangan teteh dokter deh

iiii serem serem penyakitnya mbak untung mata saya ini masih normal :) dan keren nih infonya lengkap bener :)

aku kan punya penyakit mata.. mata duitan hehehe..

silahkan dan makasih mas yanto, maaf baru update aku belum punya sinyal hehe

ya bersyukur ya, mas ainul matanya sehat.. tapi jangan sampai punya penyakit mata jelalatan hehe

mata sya mana yah ?? ada yg tw gak dimana ,,, :)

iya mb tika tuh dokter tw ,,,,,xuxxixixixix

xixixi.. sama anak anak mas, tadi main klereng..

Gawat neh yang suka online seharian bisa juga kena sakit mata ya Teh???

wah banyak juga ya sakit mata itu...semoga mata kita senantiasa dianugerahi kesehatan dri Allah ta;ala...misi, bidadara numpang lewat

yah kalau masalah sakit bukan kita yang ngatur, tapi coba untuk menjaga kesehatan dan tak cari penyakit.. (aku juga online terus hehe)

Selamat malam Teh Santika. wah saya telat dengan artikel menariknya Teteh ini. Rupanya paham betul ya Teh Santika dengan macam macam penyakit Mata. jangan jangan Teteh spesial Mata ya Teh..?

Alhamdulilah Mata saya masih normal dan semoga selamanya bisa normal ya Teh. wah foto Teteh Santika tambah geulis iraha gentos na Teh..? abi teu uninga.. wileujeng wengi nya Teh?

Wah ketinggalan lagi berita penting macam macam penyakit mata. saya susul saja deh urutan ke dua pami teu lepat nya Teh Santika :)

Teh Santika Spesialis Mata Mas Yan.. nah kalau penyakit mata duitanya. apa coba obatnya..? hhh

Tunggu..tunggu..!

Mas Saud..!, Geser sedikit Mas..!
Beta mau liat ada cewe canti baju biru di atas mas..!..
Mas Saud kenal tidak..?

Kalo ktemu..bilaang.. ada salam dari betaa..!

Teh..Cantik..Ah..!
Beta sdah bacaa dan mau tanyaa..!

Berarti Mas Afgan ituh kena penyakit Buta warnaa..
beta bilang satu dia bilang duaa (liat potonya)

Balas pake yg baju biru,.

met malam ibu tika dan mksh artikel Macam Macam Penyakit Mata ini sangat bermanfa'at sekali

hanya sekedar share kang saud, kalo akumah ga bisa apa apa atu kang, bisanya cuma ogo sama namprak hehe

kasian banget ya mas al, artis kita buta warna (kata mas al lho) ntar mas fiu marah hehe..

sama sama nenk, aku bukanya subuh sambil beres beres, gaya kang saud enakeun diadopsi juga ya hehe..

mas utdz yanto .... mas yanto tuh di panggil mb tka loh ... :D

boleh minta tlog diambilin ? :D

loh ,,, pantas telinga beta berdingi, ternyata ada mi yg sedang bicarakan beta punya mata ,,,, :D

eeii..jangan tersinggung, beta bukan ngomong sama kamu punya mata..beta cuma bilang, kamu ituh orangnya ganteng..!,

beta bingung.. bidadaribidadari inih.. suka gosip jugaa..!, seng cantik2 lagii/..!

Alhamdulillah..! beta masih diberi mata yg bisa beta pakai buat liat keindahannya..!, meski sedikit lirik2 sana-sini..!

penjelasannya sangat rinci sekali mbak.. apakah penyakit matanya ini sudah keseluruhannya mbak.. ?

tapi sangat banyak juga yaa penyakit mata ini..

wkwkwkwk.. ada orangnya baru bilang ganteng haha

yang saya tau hanya sakit mata, hahahhaa

harus pandai menjaga mat agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik sampai usia senja nanti. khususnya bagi blogger yang tiap hari mantengin monitor :)

ada juga kok mas Yan yang min, plus, kali, bagi hanya belum terkenal saja, hehe

kayaknya ada kecurigaan neh sama teteh mah, semua bahasannya tentang ilmu kesehatan dari khasiat buah, sekarang tentang fisik, jangan-jangan teh santika ini bidan ya. hehe..
(cuma penasaran devy mah)

wah artikelnya lenngkap dan mendetail banget teh, jadi nambah tau nie saya tentang macam-macam penyakit mata... kalo yang rabun senja kalo kata orangtua di kampung mah eta teh mata kotokeun hehehe...

Lumayan ngeri ya mba... semoga kita terhindar

mata min itu masuk kategori miopi sedangkan kebalikannya adalah hipermetropi atau silinder, dimana seseorang tidak mampu melihat jelas pada jarak dekat..

ogo teh manja, namprak minta uang wae hehe

kalau bloger hindari lihat monitor jika tanpa fokus, ruangan gelap, sambil tidur dan sambil hujan hujanan hehe..

kalau saya bidanmah ngapain ngeblog, mending cari praktikan.. tapi penghasilan bidan jaman sekarang kalah sama bloger lho hehe

iya kang mata kotokeun istilah sunda atau buta ayam..

Buta warna farah banget tuh kayaknya,,apapun yang diihat tanpa warna,jadi nggaktahu yang mana yang merah yang hijau,,,hadeuhhhhh
Trus ada lagi buta senja alias rabun ayam,heuhh dasar ayam
mudah-mudahan mata saya selalu normal,aminn.......

mata kotokeun yang terbayang adalah ( ........kotok ) tah eta anu murucut titukangeun hayam hihihi.........

ternyata byk juga ya penyakit mata.. mata itu kan idera yg paling penting, harus dijaga dgn baik
mksh infonya mbak

Sedikit sekali ternyata pengetahuan saya, sehingga saya baru tahu ternyata sangat banyak sekali jenis-jenis penyakit mata itu. :)
Terimakasih Info nya Mbak... :)

devy ,,, yuk kita selidiki bareng ke rumahnya mb tika ,,, :D

hahahahaha,,, beta mw baca dulu ,,, mana kacamata beta eh ...

hahahahaha ,,,, bola kali di tendang ,,,,

aah modus, mau berduaan sama mba devy ya hihi

kalau buatku ada sinyal nggak teh..?

lho....teteh bisa berubah nih dari merah kebiru

ya begitulah kang de, buta warna biasanya cacat lahir, mudah mudahan mata kang de selalu sehat

betul sekali mas penghuni, mata indera paling sensitif terhadap sentuhan mesti dijaga

waduh, ternyata banyak juga ya mba Macam-macam penyakit mata, kalo katarak termasuk yg mana ya mba ... ? ...

eh kok jadi ada ustdz nya yah ,,,,xixixixixi

upppssssss....... gak ada modus kok mb tika ,,,,hehehhe ;P

nah mas yanto lulus uji buta warna hehe

katarak ya katarak mas, lensa mata berselaput, termasuk rabun mata "miopi" tapi beda penyebab, jika dibiarkan akan mengakibatkan kebutaan..

Wah ini dia referensi yang sudah lama saya cari cari. Sudah tersaji di sini. Beberapa jenis penyakit mata yang disebut di sini sudah lazim terdengar seperti Rabun Senja, Buta warna dan lain sebagainya. Beberapa istilah lainnya tidak atau belum pernah terdengar seperti misalnya Blepharitis , Dakriosistitis dan lain lainnya. Mungkin ada yang disebut "bintitan" maklum soal sebutan ini. Tapi gejala "bintitan" ini pasti ada istilah keren atau ilmiahnya ya.

wh renyah banget obroannya ya bu dokter...tolong sembuhin mata saya dung...keliliben

klilipan mah di tiup ajah kang...sinih tak tiup pake pompa sepeda nih...:D

banyak juga ya penyakit mata ya mbak, semoga aja kita bisa terhindar dari penyakt mata agar kita masih bisa merasakan mata yang indah untuk melihat :)

oh kolokan maksudnya ya teh, kalo di saya mah ada akhiran an'nya jadi ogoan, baru ngerti saya :)

Setelah baca postingan ini, sepertinya saya bisa nerka penyakit salah seorang teman saya, yaitu Presbiop. Beliau juga sensitif bgt dgn cahaya. Kira-kira ada obatnya ndak ya mbak?
Trims sblmnya dan salam kenal.

Kalau Teteh Santi Ogo sareng Namprak ke saya pasti saya kasih apa saja deh hehhe.. :D Tapi saya punya uang gak yah..? hhhhh

Keliling ronda Pagi Teh, semoga Sahabat blogging semua tidak pada kena penyakit Mata setelah baca Artikel ini ya Teh? soalnya pada paham kali dengan penjelasan di isi post ini

Maaf saya cuma balas saja. Namun lebih lengkap dan rinci jawaban yang akuratnya Nunggu Teh Santika ya Mas FDI oh ya salam kenal Mas FDI Maju terus Dangdut ku Indonesia Tercinta *salam cceria :)

Wah farah nih Mas Fiu Kaca matanya sudah beli segandengan. eeh pas mau di pake malah matanya yang hilang. mata mana mata coba..? ini termasuk penyakit Mata bukan coba Teh hehhehe :D

Tuh Kan Mas Jay..inih pembahasannya blom sampai ke mata hati..! atau mata jelalatan..!

eee aada Nag Mas Saaud..!,
soedah ketemu Tongkat sy beloem Nag..??!,

lihat yang seger2 biar nggak kena penyakit mata :)

gini teh, saya menderita rabun dekat (plus), kata kawan kalau tidak cepat menggunakan kacamata, rabun dekatnya bisa tambah parah. apa benar demikian, trus ada gak mbak obat secara alami (herbal). mana mata saya juga sensitif, makasih sebelumnya. terima kasih juga atas infonya. salam sahabat blogger.

istilah medisnya Hordeolum, bisul atau luka kecil sekitar mata, kalau tak infeksi dapat sembuh dengan sendirinya hehe..

iya mba, Aamin semoga saja terhindar ya mbaa

kalau presbiopi umumnya penderitanya lansia, kecuali cacat bawaan lahir, memang sangat peka terhadap cahaya, bisa dikurangi dengan pemakaian lensa mata dan perawatan juga makanan sehat.. mungkin membantu

jangan menderita penyakit dong kang saud, hehe.. mas al dan kang saud pada begadang ya..??

lihat yang bening bening.. mata seger tapi otak ga tahu deh hehe..

banyak sih terapi untuk memulihkan rabun dekat termasuk penulis sendiri, jangan dibiarkan mas konsultasikan dengan dokter..

penyaki mata dan pelupa kayaknya artis kita itu kang saud hehe

Kalau usia kayaknya belum tua2 banget deh mbak...sekitar 43 saat ini. Dan keluahan itu baru dirasakan 1 tahun belakangan ini. Awalnya matanya normal aja kok. Mungkin karena sejak thn 1996 beliau suka bekerja didepan monitor komputer kali ya, jadi terkena radiasonya. Btw, thanks replynya.

kalo mata min setengah terus pakai kacamata sebenernya menyembuhkan mata apa justru membahayakan mata mba?

Sakit mata hati di mana ya Mba ? he,, he,, he,,

bener toh mas aldino... ternyata cuma sebagian besar saja kata mbak santika.. sebagian lebih besar berarti masih ada..

waduuhh mata jelalatan itu mah.. sudah lain cerita lagi mas....

Pada postingan berikutnya saya berharap isinya akan lebih bagus, supaya tidak mengecewakan pembaca. Namun, postingan ini sangat menginspirasi sekali bagi saya. terima kasih.
cara mengobati infeksi kulit