Tuesday, 16 September 2014

Manfaat bunga matahari untuk kesehatan

Bunga matahari merupakan tanaman perdu satu musim yang tumbuh tegak dengan ketinggian mencapai 2.5 m. berbatang basah dengan bentuk bulat dan ditimbuni bulu kasar. Berdaun tunggal dengan bentuk bulat telur dan berpermukaan kasar. Bunga berbentuk cawan, tumbuh diujung batang dengan mahkota seperti pita. warna bunganya kuning dan dibagian tengahnya terdapat bunga bunga kecil yang menyerupai tabung dengan warna kecoklatan. Buah berbentuk tabung dengan garis tengah sekitar 3 mm dan berwarna putih kotor. tanaman ini banyak terdapat didaerah yang cukup mendapat sinar matahari. Bunga mata hari dapat diperbanyak melalui biji.
Nama lain dari bunga matahari adalah bungo mata huraii, bungo matohari, kembang matahari, kembang srengenge, sungenge, dan bunga ledomata.


Manfaat dan kandungan biji bunga matahari

Sebagai sumber energi

Lezat, pedas, dan renyah biji bunga matahari secara luas dianggap sebagai makanan sehat. berenergi; 100 g terkandung 584 kalori. Meskipun demikian, asupan nutrisi yang luar biasa bagi kesehatan, mineral, antioksidan dan vitamin. 


Mengontrol fungsi kolesterol

Sebagian besar kalori mereka berasal dari asam lemak. Benih sangat kaya dengan asam lemak asam linoleat poli-tak jenuh, yang merupakan lebih asam lemak 50% di dalamnya. Mereka juga baik dalam asam oleat mono-tak jenuh yang membantu menurunkan LDL atau "kolesterol jahat" dan meningkatkan HDL atau "kolesterol baik-" dalam darah. 

Seperti kacang lain, biji bunga juga merupakan sumber protein dengan baik asam amino berkualitas seperti tryptophan yang penting untuk pertumbuhan anak.,100 g biji terkandung sekitar 21 g protein 37%  nilai harian.


Manfaat bunga matahari untuk kesehatan


Mengandung antioksidan

Selain itu, biji bunga matahari mengandung manfaat kesehatan senyawa poli-fenol seperti asam chlorogenic, asam quinic, dan asam caffeic. Senyawa ini mempunyai anti-oksidan alami, yang membantu menghilangkan molekul oksidan berbahaya dari tubuh. Selanjutnya, asam klorogenat membantu menurunkan kadar gula darah dengan membatasi pemecahan glikogen di hati. 


Tinggi kandungan Vitamin E

Biji bunga matahari kaya vitamin E; mengandung sekitar 35,17 g per100 g  Vitamin E adalah antioksidan larut lemak yang kuat, diperlukan untuk menjaga integritas membran sel selaput lendir dan kulit dengan melindunginya dari radikal berbahaya.  Biji bunga matahari adalah salah satu sumber vitamin B-kompleks.  seperti niasin, asam folat, thiamin (vitamin B1), piridoksin (vitamin B6), asam pantotenat, dan riboflavin. 


Kandungan benih kaya akan khasiat

Benih mengandung mineral penting. Kalsium, besi, mangan, seng, magnesium, selenium, dan tembaga.  mineral ini memainkan peran penting dalam memberikan pada tulang, produksi sel darah merah, sekresi enzim, produksi hormon, serta dalam pengaturan kegiatan otot jantung dan rangka.

Related Posts

Manfaat bunga matahari untuk kesehatan
4/ 5
Oleh