Khasiat daun buah sirsak

Khasiat daun buah sirsak. Annona Muricata L atau lebih dikenal dengan Buah sirsak adalah tanaman yang sudah dikenal sejak lama, Nangka belanda atau durian belanda (nama lain buah sirsak) ini merupakan tumbuhan yang didatangkan dari amerika tengah oleh kolonial Hindia-Belanda ke Asia dan Nusantara yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa tapi nama sirsak ini berasal dari bahasa belanda Zuurzak yang artinya kantung asam karena buahnya sedikit asam.

Didalam daun buah sirsak terdapat senyawa anti kanker yang disebut Acetogenins dan senyawa Murisolin yang mempunyai sifat sitotoksik pada sel tumor manusia dengan kemampuan mencapai 105 – 106 kali adriamycin atau obat kemoterapi yang biasanya digunakan untuk pengobatan kanker maupun tumor. (Naoto kojima, Farmasi, Osaka university)

Acetogenins itu menghambat ATP, ATP itu adalah sumber energi di dalam tubuh, dan sel kanker sangat membutuhkan banyak sekali ATP. Acetogenins merusak ATP, sehingga sel kanker maupun sel tumor mati akibat tidak memiliki energi, Namun Acetogenins hanya menyerang sel kanker yang memiliki kelebihan ATP, sedangkan sel normal yang tidak memiliki kelebihan ATP akan diabaikan. (Prof Soelaksono Sastrodihardjo PhD dari Sekolah dan Ilmu Teknologi Hayati ITB)

Daun sirsak membunuh sel-sel kanker usus besar hingga 10.ribu kali lebih kuat dibanding adriamycin dan kemoterapi. (Rieser MJ, Fang XP, dan McLaughlin, peneliti di AgrEvo Research Center, Carolina Utara, Amerika Serikat)


Kandungan dan khasiat daun buah sirsak


Kandungan
Buah sirsak mengandung Karbohidrat 16.3 g, Vitamin A. 10SI/100 g, Vitamin B, Vitamin C, Vit B1, Vit B2, Kalsium 27/100 g, Serat 2.00/100 g, nutrisi gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9 – 93,6, lemak 0,3 g/100 g, Mineral fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kandungan gizi serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/ 100 g daging buah.

Khasiat
Dengan komposisi diatas menunjukan bahwa buah sirsak sangat berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit berat seperti :

Kanker prostat, Kanker pankreas dan paru paru, membantu sistem kekebalan tubuh, menghindari radikal bebas, menghindari impeksi yang mematikan, menghambat pertumbuhan bakteri, menghambat mutasi gen, membantu menghambat perkembangan virus, menghambat perkembangan parasit, menghambat terjadinya tumor, Merileksasi otot sebagai anti kejang, menekan peradangan, menurunkan kadar gula darah, meredakan nyeri, menjaga darah tinggi, menyehatkan jantung, membantu melebarkan pembuluh darah, membubuh cacing parasit meningkatkan produksi asi, mengurangi stres, menguatkan pencernaan, dan juga menambah nafsu makan. Dan juga buah sirsak dapat mengobati ambeien,  sakit kantung kemih, dan liver.

You Might Also Like:

Disqus Comments