Mengulas Khasiat Tanaman

Khasiat Buah Nangka untuk kesehatan

Nangka adalah buah manis dan lezat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. mengandung banyak karbohidrat dan kalori, juga menyediakan energi instan. berisi kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, elektrolit, fitonutrien, karbohidrat, serat, lemak dan protein.  merupakan sumber  kalori yang baik tapi tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh.

Buah nangka  mengandung anti oksidan juga mampu meningkatkan visi mata dan melindungi dari katarak. sumber potasium yang berguna mempertahankan tingkat cairan dan elektrolit seimbang. Juga meningkatkan kesehatan tulang dan kulit. Jadi makan nangka adalah pilihan yang baik dalam memberikan manfaat baik rasa, gizi dan kesehatan.

Khasiat Kesehatan Nangka

 
Khasiat Buah Nangka untuk kesehatan

Melindungi dari Kanker

Nangka merupakan sumber yang kaya akan antioksidan, fitonutrien dan flavonoid yang membuatnya sangat bermanfaat untuk melindungi dari kanker. kandungan tinggi antioksidan dapat melindungi dari radikal bebas. Radikal bebas diproduksi akibat stres oksidatif. Radikal bebas merusak DNA sel dan mengubah sel normal menjadi sel kanker. Sedangkan antioksidan menetralkan radikal bebas dan bertindak sebagai perisai untuk melindungi DNA dari radikal bebas. Nangka melindungi penyakit usus besar, paru-paru dan kanker rongga mulut

Menjaga kesehatan tubuh

Nangka mengandung vitamin C. Dengan jumlah yang tinggi,  antioksidan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Hal ini meningkatkan kekebalan untuk melindungi  penyakit umum seperti batuk juga pilek, Vitamin C juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh untuk melindungi dari infeksi   


Membangkitkan energi

karbohidrat dan kalori yang terkandung dalam buah ini mampu membangkitkan tenaga. disamping jumlah gula yang sederhana seperti fruktosa dan sukrosa, sehingga memberikan dorongan energi yang cepat. Juga tidak memiliki kandungan kolesterol, menjadikan buah ini makanan yang sangat aman dan sehat.

Menjaga Tekanan Darah

Nangka mengandung jumlah potasium yang baik. Kalium diperlukan untuk mempertahankan tingkat natrium. kalium tinggi diperlukan untuk mempertahankan tingkat cairan yaitu untuk menyeimbangkan elektrolit. Dengan demikian hal ini membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Meningkatkan Pencernaan 

Nangka mengandung serat makanan baik untuk mempermudah kerja usus. dengan demikian pencernaan sehat juga mencegah sembelit

Baik bagi kesehatan Mata

Nangka mengandung vitamin A, nutrisi penting untuk kesehatan mata. Hal ini meningkatkan visi mata dan melindungi dari radikal bebas. Karena merupakan sumber yang kaya antioksidan lainnya, sehingga sangat efektif untuk mencegah degenerasi retina

Menghindari kanker kolon

Selain ubi jalar dalam mengatasi kanker kolon, Nangka juga mengandung lemak makanan yang membantu untuk membersihkan racun dari usus besar. Oleh karena itu mengurangi efek racun dalam usus besar dan melindungi dari kanker usus.   

Kesehatan Tulang

Nangka mengandung kalsium yang tinggi, dapat mempromosikan tulang yang sehatkalsium  mencegah osteoporosis. Jadi buah nangka memperkuat kepadatan tulang pada organ.

Mencegah Anemia

Nangka mengandung  vitamin A, C, E, K, niasin, folat, asam pantotenat, vitamin B6 dan mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium yang penting untuk pembentukan darah. Juga karena kaya vitamin C, nangka meningkatkan kapasitas tubuh untuk menyerap zat besi. Jadi efektif untuk mencegah dan mengobati anemia.

35 Komentar untuk " Khasiat Buah Nangka untuk kesehatan "

bisa jg melatih indra penciuman kan?..hehehe. Buah nangka selain enak dan bermanfaat.. mudah ditemukan

nah itu dia, buah ini asli asia, jadi gampang ditanam pada iklim kita..
makasih mas..

Saya paling suka kalo buat jus alpukat di tambahin sama nangka ini mbak..hehe
Kayak gimana gituh rasanya :)

Ternyata banyak juga khasiat dari nangka ini.... kalau begitu saya metik dulu dikebun belakang ah... heheh

badi dong Mang.....tapikan belum musina Mang,paling metik tongtolangna heuheu

bagi dong Mang.....tapikan belum musimna Mang,paling metik tongtolangna heuheu

Nangka kalau kebanyakan makan nangka biasanya langsung nangkarak hehe

Sayamah barutahu ternyata banyak manfaatnya,,selama ini tahunya cuma makan saja hehe

Nangka memang nangka terkenal manis dan harum manis baunya apalagi di olah menjadi kolak nangka Hemmmm uenak.

komplit ya.. jus alpukat+nangka ni"mat.. trims mbakku..

hayu urg ke rmh mang yono sama-sama nanti klo panen nangka..

kekenyangan ya kang.. sayamah jarang nangkarak da, biasa aja

waduuuh tentang rasa ya.. pasti enak atuh, makasih mas atas kunjungannya

nangka enak langsung di santap, cocok juga dibuat campuran minuman segar

khasiyatnya juga banyak ternyata, trima kasih mba..

sama sama mas.. trim atas kunjungannya..

ternyata selain rasanya yang enak, buah nangka juga sangat banyak manfaatnya ya mba, thx sharingnya ya mba....

sama sama mbak, makasih atas kunjungannya..

Nikmatnya sampe tetesan terakhir ya mbak hehe :)

tp di 500 th yg akan datang asia mengalami pergantian iklim, jd buah nangkanya pindah ke eropa..hehehe..

Selain enak dan legit wanginya itu santer ampe ke mana2 ya mbak :)

dan 500 tahun mendatang indonesia juga akan ikutan pindah ke eropa.ehehe..

tetapi buah nagka suka buat masuk angin loh teh,

Wah ternyata banyak juga ya khasiatnya,, terima kasih atas sharingnya :)

ternyata buah nangka banyak jg khasiatnya..bermanfaat sekali artikelnya ditunggu artikel berikutnya..sukses selalu

wah kalo buah nangka mbah saya doyan banget teh, rasanya lezat dan manis tapi saya lebih suka kalo buah nangkanya belum terlalu mateng banget, krenyus-krenyus gitu rasanya :D

itu masalah selera kang, tapi yang matang biasanya lebih manis hehe..

Banyak sekali ya Mbak manfaat buah khususnya disini buah nangka. Tapi buah nangka apakah bisa dimakan oleh orang yang punya maag akut ? :)

maag akut Adalah kondisi lambung yang sudah parah, diatas maag kronis dimana bisa memicu kanker usus, bagi org sehat kandungan serat dalam buah nangka sebenarnya cukup untuk melancarkan pencernaan, tp utk maag akut, kandungan gas dalam nangka, kedongdong dan sawi dll, dikhawatirkan bisa merangsang peradangan dlm pencernaan, utk sementara hindari dahulu konsumsi buah nangka dan konsultasi dgn dokter ahli, hanya itu yang saya ketahui, terima kasih..

dan jangan lupa mbak bijinya atau orang jawa bilang beton jangan sampai di buang ya, itu juga berkasiat banget buat ngenyangin perut hehehe....

Selain memiliki banyak vitamin, nangka juga murah meriah ya mbakk.. :) Salam kenal dari Kami.. ;)

ooh iya, kamu betul, kandungan karbonya tnggi pada biji buah nangka, jadi makan sekilo kenyang sampe esok hehe

betul koperasii gampang didapat, salam juga ya..

bener sekali, sangat bermanfaat terutama rasanya enak..