Khasiat bunga kamboja

Khasiat bunga kamboja. Kamboja (Plumeria acuminata) tanaman kamboja dikenal juga dengan Plumeria rubra karena bunganya berwarna putih dengan semburat merah jambu dan dibagian tengahnya kuning. Tangkai bunganya berwarna merah jambu. Tanaman ini berupa pohon dengan ketinggian mencapai 5 m. daunya mengkilap dengan warna hijau gelap. Batangnya mudah patah dan gampantg mengeluarkan getah bila terluka. Getahnya lengket mirip getah karet. pada musim hujan , tanaman biasanya rimbun,. di indonesia, banyak dijumpai dikuburan dan aromanya sangatlah harum dan khas. Orang bali menanamnya didekat rumah. Penduduk bali akrab dengan tanaman ini karena bunganya sering diselipkan pada daun telinga jika ada acara budaya atau sembahyang.

Kandungan bunga kamboja
Tanaman kamboja mengandung zat-zat Fuvoplumierin yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri. juga mengandung minyak menguap, seperti geraniol, farnesol, sitronellol, fenetilalkohol dan linalol, serta terdapat saponin, zat pahit, dan damar. Zat zat tersebut berkhasiat mengobati patek (frambusia) pecah pecah pada telapak kaki, dan kaki bengkak.

Khasiat dan pengobatan
Obat patek (Frambusia) dan  pecah pecah telapak kaki
3 kulit batang kamboja sebesar 3 jari tangan direbus bersama 10 liter air sampai mendidih, atau sekitar 15 menit, setelah dingin air rebusan digunakan untuk merendam atau mandi. lakukan 2 kali sehari

Obat kaki bengkak
Kulit kamboja secukupnya direbus hingga mendidih, setelah dingin kaki yng bengkak tersebut direndam, dilakukan hingga sembuh

Obat kutil
Siapkan kapas atau tisu untuk mengambil getah dari pohon kamboja, hati hati karena getah kamboja bersifat tajam, lalu oleskan pada kutil tersebut hingga sembuh.

Obat gigi berlubang
Getah kamboja diambil oleh kapas kemudian tempelkan pada gigi berlubang sampai beberapa menit untuk mematikan kuman kuaman, atau bisa dipakai pengganti pasta untuk sikat gigi. Baca juga Obat Sakit gigi alami

Menghilangkan tahi lalat
Jika anda merasa ada beberapa tahi lalat yang mengganggu penampilan dan berencana menghilangkannya cukup dengan mengambil tetesan getah kamboja lalu tempelkan pada tahi lalat tersebut, lalu biarkan sampai kering.

Obat mencret
Siapkan kira-kira 15 kuntum bunga kamboja, lalu rebus menggunakan 3 gelas air sampai mendidih dan menyisakan 1 gelas, diamkan hingga dingin setelah itu saring dan diminum.

Disqus Comments