10 Khasiat bunga melati untuk kesehatan dan kecantikan

10 Khasiat bunga melati untuk kesehatan dan kecantikan. Melati (jasminum sambac) merupakan tanaman  berkhasiat  perdu menjalar dengan panjang batang bisa mencapai 5 m. Tanaman yang disebut juga yasmin arab ini tumbuh subur didaerah panas. Bunganya berwarna putih bersih dengan 4-5 mahkota. Aroma bunganya harum seperti bunga mawar dan bunga kamboja sehingga sering disuling untuk minyak wangi.

Bunga melati juga sering dironce sebagai hiasan pengantin, sebagai tabur bunga dimakam, atau untuk campuran teh.

Bunga melati berbentuk terompet. muncul dari ujung cabang dan tersusun dalam tandan. Bunganya mekar tidak bersamaan sehingga melati dapat berbunga sepanjang tahun.

Jenis bunga melati ada yang tunggal ada yang tumpuk atau ganda. Bunga melati tumpuk hanya dipakai sebagai hiasan dan jarang diambil minyaknya karena harumnya tidak tahan lama. Daun melati berbentuk oval dengan tepi agak bergelombang terutama bila tua, Daun yang masih muda berwarna hijau kekuningan, setelah tua berubah menjadi hijau tua mengkilap.


Khasiat dan kandungan bunga melati



Tanaman melati mengandung zat-zat bensil livalilasetat, dan indol. Berkhasiat untuk mengurangi ASI, mengobati sakit mata, bengkak akibat sengatan lebah, demam, sakit kepala, sesak napas dan jerawat.

1. Mengurangi produksi ASI
1 genggam daun melati ditumbuk halus, Daun yang telah ditumbuk ditempel diseputar payudara setiap pagi sebelum mandi.

2. Mengobati mata merah atau bengkak
1 genggam daun melati ditumbuk atau dipipis hingga halus, kemudian ditempel pada dahi, bila sudah kering diganti dengan ramuan yang baru

3. Mengobati sengatan lebah
1 genggam daun melati diremas sampai halus kemudian ditempel pada daerah yang terkena sengatan lebah

4. Mengobati demam dan sakit kepala
1 genggam daun melati ditambah 10 bunga  melati diremas-remas dengan tangan, kemudian direndam dalam air secukupnya. Lalu air rendaman digunakan untuk mengompres dahi

Baca juga..
Cara menghilangkan lingkaran hitam pada mata
Cara sembuhkan mata merah dan gatal secara alami
Macam-macam penyakit mata

5. Mengobati sesak nafas
10 lembar daun melati direbus dalam air secukupnya smpai mendidih sehingga menyisakan dua gelas, setelah dingin air rebusan disaring ditambah garam, diminum 2 kali sehari sebanyak 1/2 gelas.

6. Mengobati demam berdarah
Rebus 7 lembar daun melati dan 1.25g belimbing dengan 250 ml air hongga menjadi satu gelas saja. Sete;ah dingin saring dan minumlah airnya. Lakukan hal ini secara berturut-turut dengan dosis 8 gelas per hari.

7. Susah tidur
Ambil 10 cm akar melati. Cuci kemudian tumbuklah hingga lenbut. Kasih segelas air yang telah matang, Lalu saring dan minum airnya.

8. Mengobati jerawat
Siapkan 20 kuncup melati, 2 potong asam jawa yang lama dengan panjang 80 cm, belerang sebesar telur cecak dan 2 sendok air jeruk nipis. Semua bahan ditumbuk hingga halus lalu diremas dengas air jeruk nipis. Gosokan pada muka 2 kali sehari.

9. Mengatasi bau badan
Ambil 30 kuntum bunga melati, kemudian cuci hingga bersih, lalu masukan kedalam gelas yang sudah terisi air matang. Tutup dengan plastik yang telah dilubangi berukuran kecil. Embunkan semalaman. Minum setiap pagi selama 5 hari berturut-turut.

10. Kecantikan kulit dan rambut
Bunga melati dapat dijadikan sarana untuk menjadikan kulit cantik dan halus. Anda dapat menggunakan bunga melati untuk menghilangkan jerawat, komedo, menghilangkan penuaan dini, bahkan bunga melati dapat dijadikan obat yang ampuh untuk menyuburkan rambut yang rontok.

You Might Also Like:

Disqus Comments